Tech-Fun!

5 Hal Fatal yang Terjadi Jika Laptop Dimatikan Langsung dari Tombol Power

Home / Tech-Fun! / 5 Hal Fatal yang Terjadi Jika Laptop Dimatikan Langsung dari Tombol Power

Pada umumnya mematikan laptop harus melalui tombol ‘Shut Down‘. Nah, akan tetapi kebiasaan orang saat ini mematikan laptop langsung menggunakan tombol power atau langsung menutup laptop-nya.

Mengapa tidak boleh mematikan laptop dengan cara langsung? Karena, hal itu akan membuat laptop cepat rusak. Kira-kira hal fatal apalagi ya jika mematikan laptop melalui tombol power? Yaudah! Langsung simak aja gaes..

BACA
10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Awet

Berikut 5 Hal Fatal Jika Mematikan Laptop Langsung dari Tombol Power

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas bahaya mematikan laptop dengan tombol power. Jadi, simak baik-baik yaa gaes..

1. Hard Disk Akan Mudah Rusak

Hard Disk

Hard Disk Laptop

Hal fatal yang pertama adalah hard disk yang terdapat pada laptop akan mudah rusak. Karena, cara kerja hard disk yang berputar untuk membaca file-file yang terdapat pada laptop.

Jadi, ketika kamu mematikan laptop melalui tombol power, maka hard disk akan mengalami shock dan mengakibatkan bad sector.

Nah, hati-hati yaa gaes! Jangan sampai hard disk laptop kamu rusak karena terlalu sering mematikan laptop lewat tombol power.

Baca Juga: 5 Tips Agar Hard Disk Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak

2. RAM Laptop Akan Mudah Rusak

RAM Laptop

RAM pada Laptop

Hal fatal yang kedua adalah mudah rusaknya RAM pada laptop. RAM merupakan tempat software disimpan secara sementara.

Nah, ketika kamu mematikan laptop melalui tombol power, maka RAM tidak akan melakukan pengosongan pada software yang masih berjalan.

Akibatnya RAM akan terus melakukan proses berjalannya software pada laptop dan cepat atau lambat RAM laptop akan mengalami kerusakan.

Baca Juga: Cara Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Rakitan Toko

3. Processor Laptop akan Mengalami Kerusakan

Processor

Processor Laptop

Hal fatal yang ketiga adalah processor akan mengalami kerusakan. Sama seperti hard disk dan juga RAM, jika laptop dimatikan melalui tombol power maka processor akan mudah rusak.

Processor adalah inti atau otak yang mengendalikan komponen hardware pada laptop. Jadi, saat kamu mematikan lewat tombol power, kipas pendingin laptop akan berkerja 2 kali lebih cepat dari biasanya.

Nah, akibatnya kipas pendingin tidak dapat bekerja secara maksimal lagi untuk mendinginkan komponen processor laptop.

Hal inilah yang menyebabkan processor laptop mudah rusak.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal WiFi yang Lemah di PC/Komputer

4. Hilangnya Data Registry dari Laptop

Crash

Crash pada Latop

Hal fatal yang keempat adalah hilangnya data registry dari laptop. Jadi, ketika kamu mematikan laptop melalui tombol power, maka registry pada setiap komponen tidak akan tersimpan.

Registry sendiri adalah komponen data yang tersedia dan berjalan pada setiap software. Nah, ketika software tersebut kehilangan data registry, biasanya software tidak akan berjalan dengan benar.

Parahnya lagi laptop kamu tidak bisa recovery atau mengembalikan data yang sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Selain itu, laptop kamu juga akan mengalami crash atau blue screen.

Baca Juga: Cara Kembalikan Data yang Hilang/Terhapus di PC (100% Berhasil)

5. Laptop Mengalami Mati Total

Laptop Mengalami Mati Total

Laptop Mati Total

Hal fatal yang terakhir adalah laptop akan mengalami mati total. Mengapa demikian? Karena, hardware yang terdapat pada laptop akan lebih mudah rusak, seperti pada point 1, 2 dan 3.

Jadi, ketika kamu mematikan laptop melalui tombol power maka hardware tidak memiliki ruang untuk berhenti dengan baik.

Nah, jadi kebiasan inilah yang menyebabkan laptop kamu menjadi cepat rusak bahkan parahnya laptop kamu akan mati total.

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi Laptop yang Lemot

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan akibat mematikan laptop dengan tombol power. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya gaes 🙂

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top