Tips

7 Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable Agar Tidak Cepat Rusak

7 Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable Agar Tidak Cepat Rusak 5

Laptop keluaran tahun sekarang, memiliki baterai non-removable atau baterai tanam yang dimana tidak akan bisa dicopot seperti baterai laptop-laptop sebelumnya.

Baterai non-removable memang diperkirakan akan lebih awet ketimbang baterai biasa. Walau begitu, kamu harus tetap merawat agar tidak rusak. TipsPintar.com akan memberikan tips untuk merawatnya.

[irp posts=”18096″ name=”7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi”]

Berikut Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removeable

Sangat disayangkan jika sudah rusak. Untuk itu, buat kamu yang tidak ingin rusak baterai laptopnya. Langsung aja disimak artikel ini yuk.

1. Perhatikan Suhu Laptop atau Ruangan

Perhatikan Suhu

Perhatikan Suhu

Tips yang pertama adalah dengan memperhatikan suhu laptop atau ruangan. Suhu memang menjadi kedala yang dapat menyebabkan baterai maupun laptop itu sendiri.

Perhatikan benar-benar suhu laptop. Gunakan cooling pad, agar bisa menurunkan suhu panas yang dikeluarkan dari laptop itu.

Jika menggunakan di ruangan, usahakan memiliki pendinginnya seperti AC maupun kipas angin dan jangan pernah menggunakan laptop di atas kasur yang dapat mempercepat suhu laptop menjadi panas.

Baca Juga: 10 Penyebab Laptop Panas (Overheat) dan Cara Mengatasinya

2. Jangan Sampai Baterai 0%

Jangan Membiarkan Baterai Laptop 0%

Jangan Membiarkan Baterai Laptop 0%

Tips yang selanjutnya adalah jangan membiarkan baterai laptop sampai 0%. Dengan baterai 0% maka laptop kamu akan secara otomatis langsung mati begitu saja.

Ketika ingin di-charge pun, harus membutuhkan daya yang cukup besar sehingga baterai laptop kamu mengalami kelebihan daya listrik sehingga dapat menyebabkan baterai cepat rusak.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

3. Usahakan Baterai Tetap Terisi

Baterai Terisi

Baterai Terisi

Tips yang selanjutnya adalah biarkan atau usahakan baterai laptop memiliki isi. Jangan sampai habiskan baterai laptop kamu habis ketika ingin dimatikan.

Karena, ketika dihidupkan. Laptop juga membutuhkan daya untuk menghidupkanya. Untuk itu, sisakan baterai laptop kamu jangan sampai habis betul ya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung ke WiFi

4. Proses Charge Baterai Laptop

Men-Charge Laptop

Men-Charge Laptop

Tips yang selanjutnya adalah melihat atau mengetahui proses charge baterai laptop. Kapan waktu pas yang harus kamu lakukan ketika men-charge baterai laptop.

Ketika baterai sudah penuh, maka cabut adaptor laptop dan ketika baterai laptopn habis, maka pasang lagi adaptor laptop kamu untuk men-charge baterai laptop.

Jadi intinnya, jangan men-charge laptop kamu secara terus-menerus. Charge baterai laptop seperlunya saja ya sobat pintar.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sepele yang Bikin Laptop Kamu Cepat Rusak

5. Menggunakan Laptop Seperlunya Saja

Menutup Laptop Saat Masih Menyala

Menggunakan Laptop Seperlunya

Tips yang selanjutnya adalah menggunakan laptop seperlunya saja. Jika kamu menggunakan laptop seharian atau tanpa henti. Itu bisa berdampak buruh loh.

Baik itu, ke laptop seperti keyboard atau baterai maupun kesehatan kamu sendiri. Menggunakan laptop seharian akan memberikan suhu yang panas ke laptop.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri (100% Sembuh)

6. Memanfaatkan Fitur Power Mode Battery

Power Mode Battery

Power Mode Battery

Tips yang selanjutnya adalah memanfaatkan fitur power mode battery. Setiap laptop pasti memiliki fitur ini yang bisa kamu gunakan untuk mengatur baterai laptop kamu.

Ada mode Balanced, High Performance dan Power Saver. Kita merekomendasikan gunakan mode Power Saver yang dimana akan menghemat pemakaian baterai laptop kamu.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Tanpa Tombol Power

7. Mengetahui Seberapa Lama Baterai Laptop Bertahan

Seberapa Lama Bertahan

Seberapa Lama Bertahan

Tips yang terakhir adalah mengetahui seberapa lama baterai laptop kamu bertahan. Misalnya bertahan sampai 8 jam tanpa harus men-charge.

Lalu tiba-tiba tidak sampai 8 jam. Maka baterai laptop kamu mengalami bocor. Itu berarti kamu melakukan sebuah kesalahan dalam men-charge laptop.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-tiba Blue Screen

Nah, itu dia Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removeable Agar Tidak Cepat Rusak. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top