Android

Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Dibuka? Ini Solusinya

Home / Android / Tips / Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Dibuka? Ini Solusinya

Setiap kita ingin men-download aplikasi yang asli atau original memang harus dari Google Play Store. Jika men-download dari situs, mungkin saja kartu memori tidak terbaca karena diserang oleh virus.

Tapi kadang kala Google Play Store mengalami kendala seperti tidak bisa dibuka. Nah, kali ini TipsPintar.com mempunyai sebuah solusi untuk Google Play Store tidak bisa di buka.

BACA
Cara Mencoba Aplikasi Android Tanpa Harus Install

Ini Dia Penyebab Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Memang banyak penyebab yang mengakibatkan Google Play Store tidak bisa dibuka. Salah satunya adalah mungkin koneksi internet yang jelek. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Koneksi Internet yang Jelek

Koneksi Internet Jelek

Koneksi Internet Jelek

Penyebab yang pertama adalah koneksi internet yang jelek alias lemah. Untuk membuka Google Play Store memang diharuskan menggunakan internet.

Nah, untuk itu pastikan koneksi internet kamu aman ya agar tetap bisa membuka Google Play Store ini. Jika koneksi internet kamu jelek kamu akan menunggu lama untuk membuka Google Play Store ini.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Android (Hingga 200%)

2. RAM yang Sudah Penuh

RAM Penuh

RAM Penuh

Penyebab yang selanjutnya adalah RAM android kamu yang sudah mulai penuh. Untuk membuka Google Play Store diharuskan RAM kamu masih terdapat sisa ruang agar bisa dibuka.

Terlebih lagi jika RAM kamu memiliki kapasitas yang kecil seperti 512MB. Disarankan untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan agar bisa membuka Google Play Store.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pembersih RAM Android Terbaik Paling Ringan

3. Cache yang Sudah Menumpuk

Cache yang Sudah Penuh

Cache yang Sudah Menumpuk

Penyebab yang selanjutnya adalah cache dari Google Play Store yang sudah menumpuk. Jika cache sudah menumpuk alias tidak kamu bersihkan, maka akan berdampak kepada Google Play Store-nya.

Dampak yang diakibatkan cache menumpuk yaitu, tidak bisa dibuka ataupun respon dari Google Play Store akan sangat lama untuk dibuka.

4. Android Sudah di Root

Android Root

Android Root

Penyebab yang terakhir adalah android kamu yang sudah di root. Memang dengan me-root smartphone memiliki kelebihan yang banyak ketimbang smartphone tidak di root.

Akan tetapi, android yang sudah di root juga memiliki dampak buruk juga loh. Salah satunya adalah aplikasi tidak bisa dibuka termasuk Google Play Store.

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android (Tanpa Root)

Solusi untuk Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Disaat ingin men-download aplikasi yang kita butuhkan, akan tetapi tidak bisa membuka Google Play Store pasti membuat kita kesal. Nah, kita ada solusinya nih. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Menghapus Cache Google Play Store

Hapus Cache

Hapus Cache

Solusi yang pertama adalah kamu harus menghapus cache dari Google Play Store tersebut. Cache yang tidak kamu bersihkan atau hapus akan menumpuk dan mempengaruhi dari Google Play Store.

Untuk itu, setidaknya menghapus cache dari Google Play Store agar Google Play Store tetap bisa dijalankan atau dibuka untuk bisa men-download aplikasi.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh di Android

2. Hentikan Secara Paksa dan Hapus Data

Hentikan Secara Paksa

Hentikan Secara Paksa

Solusi yang selanjutnya adalah dengan menghentikan secara paksa dan menghapus data. Ketika Google Play Store tidak bisa dibuka mungkin saja terdapat masalah sedikit dalam Google Play Store.

Untuk itu, ketika Google Play Store tidak merespon atau lambat ketika ingin dibuka. Cobalah untuk menghentikan secara paksa maupun menghapus data dari Google Play Store.

Baca Juga: 10 Tips Agar Android Tidak Cepat Panas

3. Mengatur Tanggal dan Waktu di Android Kamu

Mengatur Tanggal dan Waktu

Mengatur Tanggal dan Waktu

Solusi yang selanjutnya adalah mengatur tanggal maupun waktu di android kamu yang sesuai dengan tanggal maupun waktu yang sekarang.

Jika tidak, Google Play Store tidak akan merespon. Karena, Google Play Store membutuhkan tanggal dan waktu yang selalu berjalan dan tepat pada saat itu juga.

Baca Juga: 10 Tips Merawat Smartphone Agar Awet dan Terlihat Baru!

4. Restart Android Kamu

Restart Android

Restart Android

Solusi yang selanjutnya adalah dengan me-restart android kamu. Mungkin saja kamu sudah menjalankan banyak aplikasi yang mengakibatkan Google Play Store tidak bisa dibuka.

Nah, jika sudah begitu. Coba untuk me-restart ulang android kamu agar bisa membuka atau menajalankan Google Play Store sehingga kamu bisa men-download aplikasi.

Baca Juga: Pertolongan Penting yang Harus Dilakukan Jika HP Terendam Air

5. Atur Ulang Akun Google Kamu

Atur Ulang Akun Google

Atur Ulang Akun Google

Solusi selanjutnya adalah dengan mengatur ulang dari akun Google kamu yang ada di android. Mungkin saja ada yang salah dengan akun Google kamu.

Seperti tidak men-sycn akun kamu ke aplikasi Google maupun kepada tanggal. Untuk itu coba cek lalu atur ulang akun Google kamu agar tetap bisa men-download aplikasi di Google Play Store.

Baca Juga: Cara Mengatasi  HP Android Lemot (3x Lebih Ngebut)

6. Factory Reset Andoird

Factory Reset

Factory Reset

Solusi yang terakhir adalah melakukan factory reset kepada android kamu. Hal ini merupakan yang paling ekstrim. Karena, dengan menggunakan cara ini, data kamu akan terhapus semua.

Untuk itu usahakan di back-up terlebih dahulu ya agar data kamu tidak hilang begitu saja. Cara ini cukup ampuh loh untuk mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka.

Baca Juga: Cara Factory Reset semua Smartphone Android

Nah, itu dia sebuah Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka. Jika, kamu memiliki saran atau pendapat selain diatas tadi. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Like and Share

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Comments
To Top