Kepo

VIRAL! 8 Nama Lain Hantu Kuyang dari Berbagai Daerah dan Negara

Home / Kepo / Lifestyle / VIRAL! 8 Nama Lain Hantu Kuyang dari Berbagai Daerah dan Negara

Kuyang

Media sosial Instagram dan Twitter dihebohkan berita tertangkapnya hantu Kuyang yang sedang mengincar ibu hamil yang bisu. Kuyang merupakan hantu atau siluman dengan wujud kepala dan organ dalam manusia tanpa tubuhnya.

Biasanya Kuyang mengincar ibu hamil, bayi yang baru lahir dan wanita yang sedang menstruasi untuk diisap darahnya atau bahkan dimakan. Hal ini bertujuan agar si Kuyang bisa hidup abadi dan juga awet muda.

Ternyata Ini Nama Lain Hantu Kuyang yang Sedang Viral!

Kuyang terkenal sekali di Kalimantan loh gaes. Tapi, nggak cuma di Kalimantan, Kuyang terkenal di berbagai daerah dan negara. Namun memiliki nama yang berbeda seperti berikut ini.

1. Pok Pok – Sulawesi

Pok Pok/Kuyang

Pok Pok – Sulawesi

Pok Pok ini terkenal di Sulawesi Selatan dan Tengah, khususnya di tanah Toraja. Nah, kenapa dinamakan Pok Pok? Karena, hantu ini mengeluarkan suara pok-pok atau seperti orang sedang mencium.

Hantu Pok Pok tidak hanya berwujud kepala perempuan aja loh gaes. Tapi, ada juga yang berwujud kepala laki-laki. Pok Pok biasanya mencari ibu hamil untuk diisap darahnya hingga meninggal.

Mitosnya, jika kamu mendengar suara “Pok-Pok” terasa dekat berarti hantu tersebut jauh dari kamu. Sedangkan, jika suaranya terasa jauh, berarti hantu tersebut berada di dekat kamu.

2. Mananggal/Wakwak – Filipina

Mananggal/Wakwak

Mananggal/Wakwak – Filipina

Mananggal atau yang biasa disebut Wakwak. Yups, memang seperti teks ketawanya orang Indonesia ya gaes. Tapi, Wakwak sendiri merupakan hantu yang mirip burung dengan kepala manusia dan juga isi organ alias tanpa tubuh.

Ada juga yang percaya kalau Wakwak mirip sekali dengan vampire. Perbedaan Mananggal dan Wakwak adalah kalau Wakwak tidak bisa lepas dari tubuhnya. Sedangkan Mananggal bisa terlepas dari tubuhnya.

Selain itu, Wakwak dijadikan orangtua untuk menakuti anak-anaknya yang bermain di malam hari. Mereka mengatakan kalau Wakwak mengincar anak kecil untuk dijadikan mangsa.

3. Phi Graseu/Kra Sui – Thailand

Hi Graseu/Kra Sui

Phi Graseu/Kra Sui – Thailand

Phi Graseu atau bisa disebut juga Kra Sui. Hantu yang bewujud kepala dan isi organ tubuh manusia tanpa badannya. Biasanya hantu ini berjenis perempuan yang cantik.

Kabarnya Phi Graseu ini berkeliaran di kuburan atau bahkan toilet yang sangat kotor dan jorok. Hantu ini memakan mayat manusia dan juga kotoran manusia gaes. Makanya gak heran kalau dia bergentayangan di toilet yang kotor.

Mitosnya lainnya di Thailand, kalau ada pedagang yang ketempelan hantu ini, maka dagangannya akan turun bahkan bangkrut. Menurut kamu, mirip gak sama hantu luar negeri ini mirip dengan hantu di Indonesia?

4. BrahmarākŞhasa – India

BrahmarākŞhasa

BrahmarākŞhasa – India

BrahmarākŞhasa merupakan hantu yang mirip kuyang yang berada di India. Yups, ciri-cirinya juga hampir sama, hanya kepala manusia yang bisa terbang ke sana ke mari.

BACA
10 Aplikasi Remote TV Terbaik dan Gratis di Android

Sayangnya, hantu ini terdengar jarang sekali mengganggu warga di India. Jadi, tidak banyak yang tau BrahmarākŞhasa ini memangsa darah ibu hamil atau tidak seperti Kuyang.

5. Nuke Kubi – Jepang

Nuke Kubi

Nuke Kubi – Jepang

Nuke Kubi merupakan monster/hantu yang berwujud kepala manusia di Jepang. Biasanya hantu ini berkeliaran di malam hari, tujuannya untuk memangsa manusia.

Mitosnya ketika hantu ini menemukan korban untuk dijadikan mangsa, maka kepalanya akan menjerit bahkan menggigit si korban.

Selain itu, jika Nuke Kubi tidak bisa menemukan badannya yang ia lepas sampai matahari terbit, maka ia akan mati.

6. Palasik – Sumatera

Palasik

Palasik – Sumatera

Palasik merupakan hantu yang sangat terkenal di Ranah Minang – Padang, Sumatera. Nah, orang Sumatera mempercayai kalau Palasik merupakan seseorang yang sedang mendalami ilmu hitam.

Katanya ilmu ini merupakan warisan turun-temurun dari keluarganya. Mitosnya Palasik ini memakan daging dan juga tulang mayat yang sudah dikuburkan.

Mitosnya jika kamu bisa menangkap Palasik yang sedang memakan tulang mayat di kuburan, kamu akan menjadi orang yang kaya mendadak gaes. Percaya nggak kamu gaes?

7. Leak – Bali

Leak

Leak – Bali

Leak merupakan hantu yang mirip Kuyang yang berasal dari Bali. Mungkin kamu berpikir kalau Leak merupakan hantu yang mirip dengan gendoruwo kan? Yup, secara wujud muka memang mirip gendoruwo.

Tapi, kalau dari sisi penampakkan, Leak berwujud kepala yang bisa terbang tanpa badan dan kaki gaes, tapi masih lengkap dengan tangannya. Nah, yang bikin seram, Leak memiliki gigi taring dan kuku tangan yang tajam.

8. Poppo/Parakang – Sulawesi

Poppo

Poppo/Parakang – Sulawesi

Poppo atau yang bisa disebut Parakang ini merupakan manusia yang bisa melepaskan kepala dan juga isi perutnya dari badannya. Sama seperti Kuyang, hantu ini bisa terbang untuk mencari mangsa.

Nah, kalau kamu lagi di Sulawesi, hati-hati ya kalau pada malam hari di dekat pohon mangga dan pisang. Karena, biasanya Poppo sering kali ditemukan berada di dekat pohon mangga dan pisang.

Mitosnya, Poppo memangsa manusia yang sedang lemah. Manusia ini biasanya tidak kuat untuk melawan Poppo jika diserang. Makanya banyak orang sakit yang dijaga ketat pada malam hari.

So, bagaimana sobat pintar? Kalau di daerah kamu Kuyang dinamakan apa gaes? Kalau berbeda dari yang di atas, kamu tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top