Intermezzo

Selain Kurma, Ini Oleh-oleh Haji yang Gak Boleh Ketinggalan!

Home / Intermezzo / Selain Kurma, Ini Oleh-oleh Haji yang Gak Boleh Ketinggalan!

Ide Oleh-oleh Haji

Umat Islam yang mendapatkan kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, tentu menjadi sesuatu yang harus disyukuri. Selain dapat menjalankan ibadah perintah agama, hal lain yang gak boleh tertinggal adalah berburu oleh-oleh haji khas negara Timur Tengah tersebut.

Lantas, apa saja sih jenis oleh-oleh yang wajib Kamu beli setelah melakukan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah ini? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Rekomendasi Oleh-oleh Haji

Bagi para jamaah haji yang telah menyelesaikan rangkaian ibadahnya, biasanya tidak akan langsung pulang ke tempat asal mereka begitu saja.

Yap, mereka akan mendapatkan waktu untuk berburu oleh-oleh haji khas negara Timur Tengah tersebut untuk dibagikan kepada saudara/kerabat di rumah.

Kamu tidak perlu khawatir kebingungan mencari tempat/pusat oleh-oleh di kota Mekkah tersebut, karena pasti agen travel haji pilihan Kamu sudah mempersiapkan rute-rute tersebut dengan matang.

Umumnya, kurma menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang gak boleh sampai ketinggalan untuk dibeli dan dibawa pulang untuk dinikmati bersama sanak saudara. Tapi, oleh-oleh haji sendiri bukan sebatas pada kurma saja.

Ada banyak pilihan oleh-oleh lainnya yang dapat Kamu beli. Nah, kira-kira apa saja sih rekomendasi oleh-oleh haji yang wajib untuk dibawa pulang ke tanah air? Berikut TipsPintar sudah merangkumnya untuk Kamu.

1. Air Zam-zam

Air Zam-zam

Air Zam-zam

Air zam-zam adalah oleh-oleh haji lainnya yang wajib dibawa pulang dari Tanah Suci. Air ini diyakini umat Islam sebagai mata air pertama yang muncul dalam sejarah manusia dan tidak pernah mengering.

Mata air zam-zam sendiri terletak di dalam Masjidil Haram, dekat Ka’bah di Mekah, Arab Saudi. Menurut sejarah Islam, air ini muncul ketika Hajar, istri Nabi Ibrahim, berlari mencari air untuk putranya, Ismail. Ketika Nabi Ismail menendang-nendang tanah, air pun mulai memancar, dan dikenal sebagai zam-zam.

Air zam-zam memiliki makna khusus bagi umat Islam, dipercaya memiliki khasiat kesehatan dan spiritual. Banyak yang yakin bahwa meminum air zam-zam memberikan keberkahan, menyembuhkan penyakit, dan menguatkan iman.

Namun, karena aturan ketat dalam pengangkutannya, jamaah haji membawa air zam-zam dalam jumlah terbatas. Meski demikian, air ini selalu dinantikan sebagai bentuk berbagi berkah dengan keluarga dan kerabat di rumah.

Air zam-zam juga digunakan dalam berbagai upacara keagamaan seperti pernikahan dan kelahiran, sebagai simbol keberkahan dan pengingat akan pentingnya ketekunan dan doa. Tidak mengherankan jika air zam-zam selalu dihargai sebagai oleh-oleh haji yang membawanya dengan sebotol kecil dari Tanah Suci ke rumah.

2. Kacang Arab

Kacang Khas Arab

Kacang Khas Arab

Kacang Arab adalah camilan khas yang memiliki bentuk unik dan berbeda dari kacang pada umumnya. Rasanya gurih dan lumer di mulut, menjadikannya favorit banyak orang. Kacang ini mudah ditemukan di pasaran, sering dijual satu paket bersama air zam-zam dan kurma, terutama selama musim haji dan umrah.

Kacang Arab tidak hanya lezat, tetapi juga menjadi bagian dari tradisi membawa oleh-oleh dari Tanah Suci, melengkapi pengalaman spiritual dengan kenikmatan kuliner khas Arab.

3. Kacang Pistachio dan Kacang Almond

Kacang Almond dan Pistachio

Kacang Almond dan Pistachio

Bukan hanya kacang khas arab, oleh-oleh lain yang biasanya dicari-cari para jamaah haji adalah kacang pistachio dan juga almond.

Yap, kacang pistachio yang memiliki bentuk khas dengan warna krem dan isinya yang berwarna hijau ini banyak ditemukan di Arab Saudi. Kacang ini memiliki banyak khasiat termasuk dalam menangkal radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol, dan banyak hal lainnya.

Selain pistachio, Almond juga cukup diminati para jamaah haji di sana. Almond yang tersedia di Arab sendiri dikenal dengan rasanya yang lebih gurih dan juga lembut dibandingkan kacang almond yang beredar di Indonesia.

Gimana, terbayang sangat lezat bukan?

4. Kismis

Kismis

Kismis

Kismis menjadi salah satu oleh-oleh yang menarik dan populer untuk dibawa pulang bagi para jamaah haji. Biasanya kismis identik dengan warnyanya yang hitam atau gelap, namun kismis dari Arab memiliki keunikan tersendiri dengan warna kekuningan, bentuk yang keriput, dan rasa yang sedikit asam.

Selain rasanya yang khas, kismis Arab juga kaya akan nutrisi, menjadikannya camilan sehat yang disukai banyak orang. Kismis ini sering dijadikan campuran dalam berbagai hidangan, menambah cita rasa dan nilai gizi makanan.

Membawa kismis dari Arab sebagai oleh-oleh tidak hanya memberikan kenikmatan kuliner, tetapi juga dapat membawa sepotong tradisi dan budaya Arab ke rumah.

5. Siwak

Siwak

Siwak

Siwak atau yang juga bisa dikenal sebagai miswak merupakan sikat gigi alami khas Arab yang terbuat dari kayu pohon arak atau pohon peelu.

Siwak telah digunakan selama berabad-abad, termasuk sejak zaman Rasulullah saw. Selain efektif membersihkan gigi dan mulut, siwak juga mengandung antibakteri yang membantu mencegah penyakit gigi atau gusi.

Penggunaannya bukan hanya sebuah tradisi, tetapi juga sangat dianjurkan dalam ajaran Islam, menjadikannya bagian penting dari praktik kebersihan dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim.

Selain manfaat kesehatannya, siwak juga ramah lingkungan, karena tidak memerlukan plastik atau bahan kimia seperti sikat gigi modern.

6. Cokelat Arab

Cokelat Arab

Cokelat Arab

Cokelat Arab adalah pilihan oleh-oleh yang menarik karena banyak orang menyukai makanan manis. Cokelat ini memiliki rasa yang unik dan berbeda dari cokelat biasa, serta tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Kamu bisa menemukan cokelat Arab yang dijual dalam kemasan kotak elegan atau per kilo untuk pilihan yang lebih ekonomis. Rasanya yang khas dan penyajiannya yang beragam menjadikan cokelat Arab oleh-oleh favorit yang pasti akan dinikmati oleh siapa saja.

7. Tasbih

Tasbih

Tasbih

Kalau tadi banyak jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh haji, Kamu juga bisa membeli benda seperti tasbih yang dibuat langsung dari negeri Timur Tengah tersebut.

Yap, tasbih biasanya digunakan oleh umat Islam untuk berdzikir. Manik-manik tasbih yang dijual di tanah Arab sangat beragam, memungkinkan Kamu memilih sesuai selera dan anggaran.

Sebagai contoh, ada tasbih buatan Cina yang lebih terjangkau hingga yang terbuat dari batu permata dengan harga fantastis. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, setiap orang dapat menemukan tasbih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya.

Tapi Kamu tidak perlu khawatir sebab tersedia juga tasbih dengan kualitas yang tidak kalah jauh namun harganya lebih affordable untuk dibeli sebagai oleh-oleh.

8. Souvenir

Souvenir

Souvenir

Kalau tadi ada tasbih, jangan lupa juga untuk beli beberapa souvenir unik lainnya juga ya! Yap, beberapa pusat perbelanjaan di Arab banyak menjajakan souvenir yang menarik dan juga estetik. Harga yang dipasang pun juga bermacam-macam.

Biasanya, para jemaah mencari bentuk yang menggambarkan ciri khas kota Mekkah tersebut, seperti replika Ka’bah, Masjid Nabawi, atau hewan Unta.

9. Sajadah

Sajadah

Sajadah

Bagi umat Islam, sajadah adalah perlengkapan penting untuk sholat, memastikan alas yang bersih selama beribadah. Terbuat dari kain dengan motif Islami dan beragam warna, sajadah hadir dalam berbagai ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Sajadah sering menjadi oleh-oleh haji yang populer, dibawa pulang oleh para jamaah untuk diberikan kepada keluarga dan kerabat. Oleh-oleh ini sangat dihargai karena berguna untuk ibadah sehari-hari, membuatnya menjadi hadiah yang bermakna dan berharga.

10. Mukena atau Jilbab

Mukena atau Jilbab

Mukena atau Jilbab

Mukena atau jilbab dengan motif dan corak khas Mekah dan Madinah selalu menarik dan populer sebagai oleh-oleh. Memilih motif yang unik dan jarang ditemukan akan menambah kecantikan dan keaslian bagi pemakainya.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh haji yang bisa Kamu beli dan bawa pulang untuk sanak saudara tercinta.

Membeli oleh-oleh ini bukan sekedar memberi dan menikmatinya saja, namun diharapkan dapat membawa berkah bagi pemberi dan juga penerimanya.

Catatan!

  • Buat Kamu yang masih bingung dalam memilih travel haji, Kami sarankan untuk memilih agen travel dari Alhijaz Indowisata, dimana terdapat layanan konsultasi via WhatsApp untuk pendaftaran haji.
  • Hati-hati saat memilih agen travel haji, jangan mudah tertarik dengan agen travel yang menawarkan harga sangat murah dibandingkan dengan agen travel lainnya, karena bisa jadi salah satu indikasi penipuan. Maka dari itu, Kami menyarankan Kamu untuk menggunakan travel Alhijaz Indowisata yang saat ini sudah memiliki izin resmi dari Kemenag.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top