Intermezzo

10 Tips Memilih Travel Umroh yang Tepercaya dan Aman!

Home / Intermezzo / 10 Tips Memilih Travel Umroh yang Tepercaya dan Aman!

Tips Memilih Travel Umroh

Di awal tahun ini sangat heboh sekali kasus penipuan jamaah umroh yang beredar di media sosial dan digital elektronik lainnya. Kasus penipuan umroh ini sebenarnya selalu ada di setiap tahunnya. Mulai dari keberangkatan yang tertunda, jamaah yang ditelantarkan dan lain sebagainya.

Bahkan bukan hanya penipuan umroh aja, tapi ada juga yang terjebak menjadi korban haji plus dan haji reguler. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dan waspada dalam memilih agen travel umroh.

Salah satu agen travel umroh tepercaya ada Alhijaz Indowisata. Nah, sebelum kamu mendaftar umroh di agen travel umroh, kamu perlu tau nih apa aja tips memilih travel umroh tepercaya dan aman berikut ini!

Awas Kena Penipuan! Gini Cara Memilih Travel Umroh Tepercaya!

Untuk kamu yang ingin mendaftar umroh melalui agen travel umroh jangan buru-buru, kamu harus ikuti tips berikut ini dulu sebelum memilih agen travel umroh agar aman!

1. Periksa Izin Travel Umroh

Tips Memilih Travel Umroh

Periksa Izin Travel Umroh

Tips memilih travel umroh tepercaya yang pertama adalah dengan memeriksa izin travel umroh. Ini hal yang paling penting ketika kamu berniat untuk mendaftarkan umroh.

Dimana kamu harus memeriksa apakah agen travel umroh sudah terdaftar dan memiliki izin dari Kementrian Agama (Kemenag).

Karena agen travel umroh berizin yang memiliki PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh), tentunya bisa kamu temukan di laman resmi Kemenag RI di simpu.kemenag.go.id.

Jika agen travel umroh tersebut tidak kamu temukan di laman resmi tersebut, maka sudah dipastikan travel umroh palsu atau penipuan.

2. Bandingkan Biaya yang Dikeluarkan

Tips Memilih Travel Umroh

Bandingkan Biaya yang Dikeluarkan

Tips memilih travel umroh tepercaya berikutnya adalah dengan membandingkan biaya yang dikeluarkan. Jangan mudah tergiur dengan agen travel umroh yang menawarkan biaya murah.

Apalagi biaya yang ditawarkan harganya tidak masuk akal dan jauh sekali lebih murah dibandingkan dengan agen travel umroh lainnya.

Makanya kamu harus waspada, jangan sampai sudah capek-capek mengumpulkan uang agar bisa umroh tapi kena penipuan. Jadi lebih baik memilih agen travel umroh tepercaya yang menawarkan biaya dalam batas wajar.

3. Periksa Kantor Agen Travel Umroh

Tips Memilih Travel Umroh

Periksa Kantor Agen Travel Umroh

Tips memilih travel umroh tepercaya selanjutnya adalah dengan memeriksa kantor agen travel umroh. Jika kamu ingin lebih percaya, kamu bisa mendatangi kantor agen travel umroh tersebut. Karena umumnya, agen travel umroh tepercaya memiliki kantor yang jelas lokasinya.

Jika kamu tidak menemukan kantornya di aplikasi maps, maka kemungkinan besar agen travel umroh tersebut palsu. Begitupun ketika kamu mendatangi kantornya, jika tidak terlihat seperti kantor agen travel umroh, lebih baik kamu memilih agen travel umroh yang lain.

4. Periksa Jadwal Keberangkatan

Tips Memilih Travel Umroh

Periksa Jadwal Keberangkatan

Tips memilih travel umroh yang aman berikutnya adalah dengan memeriksa jadwal keberangkatan. Jadwal yang harus kamu cek ini bukan hanya sekedar tanggal dan jam keberangkatannya sah, tapi kamu juga harus cek juga itinerary atau jadwal aktivitas saat di tanah suci.

Karena agen travel umroh tepercaya pasti sudah menyiapkan jadwalnya dari jauh-jauh hari. Jika ada agen travel umroh yang menjanjikan keberangkatan berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, maka sudah dipastikan agen travel umroh tersebut palsu.

Karena ibadah umroh tidak sama dengan ibadah haji dimana dilakukan saat bulan haji saja, sedangkan umroh bisa dilakukan di bulan apapun.

Contohnya agen travel umroh Alhijaz Indowisata yang terbuka dengan jadwal keseluruhan keberangkatan umroh. Jadi pilih agen travel yang jadwal keberangkatannya pasti ya gaes.

5. Pastikan Persyaratan dan Visa

Tips Memilih Travel Umroh

Pastikan Persyaratan dan Visa

Tips memilih travel umroh yang aman selanjutnya adalah dengan memastikan persyaratan dan visa. Sama seperti mendaftar haji, untuk mendaftar umroh tentu ada persyaratan yang harus kamu lengkapi.

Agen travel umroh tepercaya akan mengurus visa kamu untuk umroh. Nah, kamu bisa memastikan visa tersebut kepada PPIU Kemenag (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) apakah visa tersebut untuk umroh atau tidak.

Apalagi visa dari pemerintah Arab Saudi untuk tujuan melakukan perjalanan umroh tidak bisa diajukan hanya 1 orang, melainkan hanya bisa diajukan oleh biro atau agen travel umroh.

6. Periksa Fasilitas yang Ditawarkan

Tips Memilih Travel Umroh

Periksa Fasilitas yang Ditawarkan

Cara memilih travel umroh tepercaya berikutnya adalah dengan memeriksa fasilitas yang ditawarkan. Setiap agen travel umroh akan menawarkan beberapa paket dengan fasilitas yang berbeda. Jadi, kamu harus teliti mengenai fasilitas yang didapatkan.

Apakah ada fasilitas yang tidak termasuk ke dalam paket. Misalkan biaya hotel, apakah sudah termasuk paket atau belum. Karena kebanyakan agen travel umroh sudah memasukan biaya hotel ke dalam paket.

Jika belum, maka lebih baik kamu memilih agen travel umroh yang lain saja. Karena untuk memesan hotel sendiri melalui aplikasi booking hotel cenderung mahal.

7. Tanyakan Pembimbing Umroh

Tips Memilih Travel Umroh

Tanyakan Pembimbing Umroh

Cara memilih travel umroh tepercaya selanjutnya adalah dengan menanyakan pembimbing umroh. Untuk agen travel umroh tepercaya biasanya akan menyediakan pembimbing untuk menemani para jamaah selama perjalanan ibadah umroh di tanah suci.

Pembimbing ini tentunya berperan sangat penting karena bertugas memandu saat menjalankan ibadah umroh. Sedangkan agen travel umroh abal-abal kebanyakan lepas tangan hingga keberangkatan saja.

Seperti agen travel umroh Alhijaz Indowisata yang memberikan pembimbing umroh berpengalaman dan juga tour guide.

8. Cek Metode Pembayaran

Tips Memilih Travel Umroh

Cek Metode Pembayaran

Cara memilih travel umroh yang aman berikutnya adalah dengan mengecek metode pembayaran. Umumnya, agen travel umroh yang aman akan menggunakan jasa perbankan untuk setiap transaksi pembayaran.

Dimana menggunakan rekening atas nama perusahaan bukan atas nama pribadi. Sedangkan agen travel umroh palsu, biasanya menggunakan rekening atas nama pribadi. Sehingga memudahkan kamu untuk transfer melalui aplikasi transfer uang.

Selain itu, agen travel umroh berizin akan sangat terbuka mengenai fasilitas apa saja yang akan didapatkan oleh jamaah dan fasilitas yang harus dibayar sendiri.

9. Periksa Track Record dan Review

Tips Memilih Travel Umroh

Periksa Track Record dan Review

Cara memilih travel umroh yang aman selanjutnya adalah dengan memeriksa track record dan review. Umumnya, agen travel umroh tepercaya memberikan informasi kapan tanggal agen travel didirikan beserta dengan nomor izinnya.

Selain itu sudah punya pengalaman membawa jamaah umroh. Dimana kamu harus cari tau sudah berapa kali agen travel umroh tersebut menyelenggarakan perjalanan ibadah umroh.

Bahkan kamu perlu mencari tau review jamaah yang sudah menggunakan jasa travel umroh tersebut. Pastikan kalau pelayanan agen travel umroh tersebut memang memuaskan.

10. Hindari Travel Umroh dengan Sistem “MLM”

Tips Memilih Travel Umroh

Hindari Travel Umroh dengan Sistem “MLM”

Cara memilih travel umroh yang aman terakhir adalah dengan menghindari travel umroh dengan sistem “MLM” (Multi Level Marketing). Jadi ketika kamu mendaftar dan membayar paket umroh, kamu diharuskan mengajak orang lain untuk mendaftar.

Nantinya akan terbentuk downline, dimana juga downline ini sudah terkumpul, maka kamu baru bisa berangkat umroh. Iya sih, biayanya lebih murah tapi tentunya hal ini akan memberatkan kamu.

Karena sistem ini tentunya untuk mendapatkan keuntungan kepada agen travel. Dimana mereka tidak akan memfokuskan pelayanannya lebih baik. Apalagi sistem MLM ini termasuk haram bagi sebagian ulama.

Kesimpulan!

Berhati-hati dalam memilih agen travel umroh gak ada salahnya. Apalagi biaya yang dikeluarkan untuk mendaftar umroh cukup besar. Jika sampai terjebak dengan agen travel umroh palsu tentunya akan membuat kamu kecewa dan uangmu tidak bisa kembali.

Jadi, pastikan kamu cek secara detail agen travel umroh dan bandingkan dengan beberapa agen travel umroh, karena ada banyak sekali agen travel umroh.

Salah satu agen umroh tepercaya dan aman, kamu bisa daftar aja di Alhijaz Indowisata. Karena agen travel umroh tersebut sudah berizin resmi Kemenag RI, akreditas “A”, fasilitas lengkap, jadwal tepat waktu dan kamu bisa konsultasi Alhijaz Indowisata via WhatsApp.

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan tips memilih travel umroh yang aman dan tepercaya. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top