Modal Tulisan Dapat Jutaan Rupiah, Ikuti Blogger Review Competition Sekarang Juga!
Tips

Wajib Tau! Perbedaan Antara Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui

Hallo sobat pintar! Di jaman canggih seperti sekarang ini, tentunya perkembangan teknologi semakin maju ya. Terbukti dari dihasilkannya barang-barang dengan teknologi yang canggih seperti laptop dan notebook.

Laptop dan notebook adalah barang portable yang bisa kamu bawa kemana saja untuk menggantikan peran komputer. Namun, bisa kah kamu menemukan perbedaan antara laptop dan notebook?

BACA
10 Laptop 14 Inch Kualitas Terbaik Harga 3 Jutaan

Yuk Intip Perbedaan Antara Laptop dan Notebook!

Sebenarnya laptop dan notebook memiliki perbedaan dalam segi ukuran, spesifikasi, dan lainnya. Nah, daripada kamu penasaran yuk simak artikel yang akan TipsPintar.com berikan berikut ini.

1. Perbedaan Ukuran Layar dan Berat

Perbedaan Layar dan Berat

Perbedaan Layar dan Berat

Perbedaan pertama antara laptop dan notebook adalah ukuran, mulai dari layar bahkan beratnya. Laptop biasanya memiliki ukuran diagonal layar 18 cm lebih besar dibandingkan notebook yang hanya 13-18 cm.

Untuk beratnya sendiri pun sangat berbeda. Laptop biasanya memiliki berat massa sekitar 3-5 kg berbeda dengan notebook yang memiliki berat lebih ringan yakni hanya sekitar 1-2 kg.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 5 Jutaan

2. Perbedaan Kapasitas RAM

Perbedaan Kapasitas RAM

Perbedaan Kapasitas RAM

Selain memiliki perbedaan ukuran layar dan berat, laptop dan notebook juga memiliki perbedaan pada RAM yang ditanamkan. Biasanya RAM pada laptop memiliki ukuran yang lebih besar daripada notebook.

Namun saat ini ada beberapa produsen notebook yang mulai menanamkan RAM dengan ukuran yang lebih besar agar para pengguna notebook tidak beralih ke laptop.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 6 Jutaan

3. Perbedaan VGA

Perbedaan VGA

Perbedaan VGA

Perbedaan antara laptop dan notebook selanjutnya adalah terletak pada segi grafisnya. Biasanya notebook memiliki VGA yang lebih kecil dibandingkan laptop.

Namun sama seperti penggunaan RAM, ada beberapa produsen notebook yang mulai menanamkan produknya dengan VGA yang lebih besar.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 7 Jutaan

4. Keberadaan DVD ROM

Keberadaan DVD ROM

Keberadaan DVD ROM

Perbedaan selanjutnya terletak pada keberadaan DVD ROM. Karena notebook memiliki ukuran lebih tipis, biasanya perangkat tersebut tidak dilengkapi dengan DVD ROM.

Sementara laptop yang memiliki ukuran lebih besar tentunya memiliki DVD ROM. Namun, buat pengguna notebook bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan DVD ROM eksternal.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 8 Jutaan

5. Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Nah, perbedaan antara laptop dan notebook yang terakhir adalah ketahanan baterai yang dimiliki. Setiap baterai, tentunya memiliki kapasitas penyimpanan energi listrik yang berbeda.

Kemampuan penyimpanan energi dan daya tahan baterai biasanya sangat dipengaruhi oleh seberapa besar aliran daya yang digunakan oleh perangkat tersebut. Nah, pada laptop biasanya daya tahan baterai lebih rendah dibandingkan dengan daya tahan baterai pada notebook.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 9 Jutaan

Nah, itulah beberapa perbedaan antara laptop dan notebook yang jarang diketahui orang-orang. Jadi, kini kamu sudah tau kan perbedaannya?

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top