Tech-Fun!

Awas Keliru! Ini Perbedaan MBps dan Mbps

Home / Tech-Fun! / Awas Keliru! Ini Perbedaan MBps dan Mbps

Pernah melihat brosur paket internet yang menjanjikan kecepatan internet hingga 70 Mbps, namun ketika di tes kecepatannya tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan?

Pastinya kamu akan kesal dengan provider internet tersebut ya? Eits, tapi itu tidak sepenuhnya salah si provider ya gaes.

Airy Rooms

Bisa saja itu karena ulah kita sendiri yang kurang memperhatikan perbedaan antara Mbps dengan MBps. Coba perhatikan kecepatan paket internet Bolt berikut ini:

Kecepatan Paket Internet Bolt

Kecepatan Paket Internet Bolt

Di gambar tersebut tertera kecepatan internet bolt hingga 70 Mbps. Pasti kamu berpikiran dapat mengunduh file berukuran 70 MB dalam waktu 1 detik atau mengunduh file berukuran 140 MB dalam waktu 2 detik menggunakan paket internet tersebut ya.

Padahal kenyataannya kamu salah. Selama ukuran bandwith Internet masih kisaran 70 Mbps, kamu tidak akan merasakan download file dalam kecepatan tersebut.

Mengapa demikian? Karena MBps dengan Mbps memiliki arti yang berbeda gaes.

Perbedaan Antara Mbps dengan MBps

Kepanjangan Mbps dan MBps

Kepanjangan Mbps dan MBps

Mbps adalah singkatan dari Megabit Per Second, sedangkan MBps adalah singkatan dari Megabyte Per Second.

Sudah jelas ya perbedaannya terletak pada ‘Bit‘ dan ‘Byte‘. Bit dan Byte memiliki ukuran yang berbeda, dimana ukuran Byte 8x lebih besar dibandingkan Bit.

Jadi bisa dibilang 1 bit sama saja dengan 1/8 Byte. Contoh lain jika penyedia layanan menyediakan kecepatan internet sebesar 5,2 Mbps itu sama saja dengan 0,65 MBps.

Jadi kami simpulkan lagi perbedaannya ada di Bit dan Byte ya. Tapi ada yang tau perbedaan antara Bit dengan Byte?

BACA
Lulusan IT Tapi Gak Jago Coding? Ini 10 Pekerjaan yang Cocok Untukmu

Apa Perbedaan Antara Bit dan Byte?

Bit adalah kependekan dari ‘Binary Digit‘, yang memiliki arti digit biner. Bit sendiri merupakan satuan terkecil dalam komputasi digital.

Bit sendiri hanya diwakili oleh 2 angka saja gaes, yakni 1 dan 0. Contohnya 0010 = 4 bit, 10101 = 5 bit, dan seterusnya.

Penjelasan Bit dan Byte

Penjelasan Bit dan Byte

Sedangkan Byte merupakan 8 satuan bit yang digabung menjadi 1. Jadi jika karakter bit sudah mencapai 8, bisa dikalkulasikan menjadi 1 byte. Contohnya 01010101 = 1 byte, 0101010101010101 = 2 byte, begitu seterusnya.

Jika penjumlahannya mencapai 1024 Byte, maka bisa dikalkulasikan menjadi 1 Kilobyte. Ketika sudah mencapai 1024 Kilobyte, maka dipersingkat lagi menjadi 1 Megabyte, dan begitu seterusnya hingga Yottabyte (Satuan terbesar).

Sekarang jadi tau kan perbedaan antara Bit dengan Byte. Sekarang mari kita bahas cara konversi Mbps ke MBps.

Cara Konversi Mbps ke MBps

Cara Konversi Mbps ke MBps

Cara Konversi Mbps ke MBps

Seperti yang tadi dibahas Byte merupakan seperdelapan dari Bit. Maka dari itu jika ada provider internet yang menyediakan layanan kecepatan internet hingga 70 Mbps, maka sama saja dengan 8,75 MBps (70/8=8,75).

Saat ini, berbagai provider internet masih menggunakan Mbps untuk menggambarkan kecepatan internetnya. Sedangkan hampir semua perangkat lunak pengunduhan menggunakan satuan MBps.

Nah, itulah perbedaan antara Mbps dan MBps. Jangan sampai keliru lagi ya gaes, share artikel ini ke teman-teman kamu juga ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top