Tech-Fun!

Radiasi Smartphone Sangat Berbahaya! Ini 10 Cara Mencegahnya

Radiasi smartphone

Kemajuan teknologi selalu menghasilkan dua hal yaitu manfaat dan dampak buruk, salah satunya adalah smartphone. Bahaya radiasi smartphone merupakan salah satu dampak buruk dari kemajuan teknologi zaman now.

Menurut sumber kelompok ahli yang terdiri atas pakar internasional yang dikumpulkan oleh World Health Organization menyebutkan, smartphone mungkin bersifat karsinogenik pada manusia. Hal tersebut terungkap setelah mereka meneliti smartphone yang sudah pernah dipublikasikan.

[irp posts=”1754″ name=”Cegah Radiasi Mata! Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer”]

Cara Jitu Mencegah Radiasi Smartphone Terhadap Tubuh Manusia!

Sebenarnya banyak cara mengurangi dampak buruk dari radiasi smartphone. Nah, yuk simak cara mencegah radiasi smartphone terhadap tubuh manusia ala TipsPintar.com.

1. Gunakan Speakerphone

handphone stand speaker

handphone stand speaker

Menggunakan speaker ketika berbicara bisa menjadi pilihan loh. Namun tentu saja, pasti ada rasa kurang nyaman ketika kamu berada di tempat publik.

Tapi setidaknya, kamu nggak harus menempelkan smartphone di kepala ketika bertelepon guys. Jadi pilihan ini mungkin bisa digunakan ketika kamu tengah berada di tempat privat seperti di rumah.

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Bagi Anak yang Disebabkan Gadget

2. Gunakan Headset Kabel

headset kabel

headset kabel

Inilah cara yang paling mudah untuk menangkal bahaya radiasi smartphone kamu. Tentu saja, pasti kamu nggak bisa menolak untuk menerima panggilan telepon, apalagi dari orang terkasih.

Namun jika kamu masih khawatir, ada baiknya menggunakan headset kabel dahulu. Intinya adalah smartphone kamu, jangan terlalu dekat dengan otak ya guys.

Nah, untuk mendapatkan headset ini cukup mudah kok, kamu bisa membelinya di toko aksesoris atau kamu bisa membelinya di online shop seperti Tokopedia, Bukalapak dan juga Lazada.

Baca Juga: Kamu Selama Ini Salah! Ini Bedanya Headphone, Earphone, Headset dan Handsfree

3. Kurangi Bluetooth dan Headset Wireless

Headset Bluetooth

Headset Bluetooth

Menggunakan headset memang bisa menjadi pilihan untuk mengurangi radiasi smartphone. Namun ingat guys, pilih headset biasa aja ya, yang masih menggunakan kabel untuk terhubung dengan smartphone. Jangan menggunakan headset wireless ya.

Selain harganya lebih murah tentunya aman dari radiasi loh. Fitur bluetooth di smartphone juga jangan terus menerus diaktifkan, sebab jika terus aktif akan menimbulkan radiasi yang nggak berhenti. Gunakan seperlunya saja ya guys.

Baca Juga: Ternyata WiFi Berbahaya! Ini 10 Bahaya WiFi yang Jarang Diketahui

4. Sudut Ruangan/Hindari Ruang Sempit

Jangan Menelpon di Ruang Sempit

Jangan Menelpon di Ruang Sempit

Sudut ruangan yang biasanya sepi namun di sisi lain terkadang juga menjadi tempat di mana sinyal telepon menjadi lemah. Nah, sinyal yang lemah justru bisa memicu radiasi yang lebih tinggi.

Hal ini berlaku saat kamu berada di lift, basement atau mobil. Sebaiknya nggak usah sering-sering menelpon ya guys.

Baca Juga: 10 Tempat Paling Haram untuk Mengeluarkan Smartphone

5. Berganti Bagian Telinga Ketika Sedang Menelpon

Bergantian bagian saat menelpon

Bergantian bagian telinga saat menelpon

Buat kamu yang sering teleponan lama dengan pacar, perhatikan ini ya guys. Hindari penggunaan satu bagian telinga saja ketika berbicara ditelepon.

Misalnya, jangan selalu menerima telepon dengan telinga bagian kiri saja. Menurut para ahli, hal ini justru nggak baik loh. Manfaatkan kedua telinga kamu untuk meminimalisir radiasi yang terpancar ya guys.

Baca Juga: 10 Cara Smartphone Merusak Tubuh Kamu, Nomer 6 Paling Sadis!

6. Usahakan Diam di Tempat Ketika Menelpon

Berhentilah ketika ada telpon

Berhentilah ketika ada telepon

Ketika ada telepon ketika kamu sedang di jalan, usahakan berhenti dulu ya guys disatu tempat. Kenapa seperti itu?

Nah, dalam keadaan kamu bergerak maka sinyal smartphone akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari BTS (Base Transceiver Station). Kegiatan ini justru berbahaya yang membuat radiasi semakin kuat terpancar loh guys.

Baca Juga: 10 Tempat Paling Gak Aman untuk Simpan Smartphone

7. Jangan Selalu Menempel dengan Smartphone

Jangan terlalu lama menggunakan smartphone

Jangan terlalu lama menggunakan smartphone

Smartphone yang kamu gunakan boleh saja menjadi gadget kesayangan, apalagi kalo udah asyik main Mobile Legends. Nah, tapi ingat ya guys kesehatan itu lebih penting, ada baiknya kamu jangan selalu nempel dengan smartphone tersebut.

Berilah waktu istirahat kamu dan smartphone. Ohiya, kalau sedang nggak kamu digunakan, rekomendasinya ditaruh di tas atau di atas meja ya guys. Hal ini lebih baik daripada kamu letakkan di kantong celana kamu loh.

Baca Juga: WASPADA! Ini 10 Dampak Buruk Akibat Kecanduan Game MOBA

8. Jauhkan Smartphone Saat Tidur Malam

Jauhkan Smartphone Saat Tidur

Jauhkan Smartphone Saat Tidur

Biasanya kita main smartphone ketika mau tidur dan lupa menjauhkannya, bukan? Inilah kebiasaan buruk yang susah dihilangkan guys.

Nah, meski sedang nggak digunakan, smartphone akan terus mencari sinyal yang memicu radiasi. Oleh karena itu, jika kamu ingin tidur di malam hari dengan smartphone menyala, jangan pernah letakkan smartphone di dekat dengan kepala kamu ya.

Baca Juga: Susah Tidur? Ini 10 Aplikasi Terbaik untuk Mengatasi Insomnia

9. Simpan Musik dan Video Secara Offline

Gunakan aplikasi offline

Gunakan aplikasi offline

Saat ini, layanan streaming baik musik maupun video memang sedang banyak digunakan oleh para pengguna smartphone. Tapi ternyata, hal ini sangat berbahaya bagi tubuh sang pengguna loh.

Nah solusinya, kamu bisa men-download musik atau video yang ingin ditonton dan memasukkannya ke dalam memori penyimpanan perangkat kamu. Namun perlu diperhatikan ya guys, saat mengunduh musik atau video, sebaiknya jauhkan smartphone dari tubuh kamu ya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Karaoke Offline Terbaik di Android, GRATIS!

10. Gunakan Casing Anti Radiasi

Casing anti radiasi

Casing anti radiasi

Nah, tips terakhir mencegah radiasi dari smartphone adalah menggunakan casing penahan radiasi. Kekhawatiran radiasi smartphone belakangan membuat munculnya casing berkemampuan khusus yang diklaim bisa meminimalisir bahaya radiasi yang berasal dari smartphone.

Sebuah pengujian yang dilakukan oleh majalah Wired menunjukkan, beberapa merek casing antiradiasi smartphone mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen loh. Wah, boleh nih dicoba cara ini guys.

Nah, untuk mendapatkan casing antiradiasi cukup mudah kok, kamu bisa membelinya di toko aksesoris atau kamu bisa membelinya di online shop seperti Tokopedia, Bukalapak dan juga Lazada.

[irp posts=”21738″ name=”BAHAYA! Ternyata Ini Akibatnya Jika Selalu Main Mobile Legends”]

So, hidup di zaman now seperti ini, membuat kita nggak bisa lepas dari kebutuhan menggunakan smartphone, kan? Nah tapi ingat guys, kesehatan itu lebih penting. Yuk, mulai bijak dalam menggunakan smartphone.

 

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top