Tech-Fun!

8 Jenis Phobia Teknologi yang Mengerikan ini Beneran Ada!

Home / Tech-Fun! / 8 Jenis Phobia Teknologi yang Mengerikan ini Beneran Ada!

Jenis Phobia Teknologi

Siapa sih yang nggak tau istilah “phobia’’? Phobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada suatu hal atau fenomena. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang phobia sulit untuk dimengerti karena memiliki rasa trauma yang biasanya membekas di dalam kesadarannya.

Ternyata phobia bisa menghambat kehidupan bagi penderitanya lho! Kalau punya phobia dengan teknologi gimana rasanya ya? Dan mau tau nggak jenis-jenis phobia teknologi yang mengerikan bagi penderitanya? Yuk cari tau!

[irp posts=”19492″ name=”10 Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi”]

Faktanya Ada Beberapa Phobia Teknologi Paling Mengerikan! Berikut Daftar Phobia-nya!

Nah, kali ini kita akan membahas phobia paling mengerikan pada teknologi. Jadi, simak baik-baik yaa gaes..

1. Selfiephobia

Selfiephobia

Selfiephobia

Selfie emang menjadi salah satu tren buat kita yang hobi foto-foto. Tapi tau nggak sih ternyata ada lho yang mengidap selfiephobia. Biasanya penderita selfiphobia akan menganggap selfie adalah hal yang nggak penting dan hanya ditujukan untuk orang-orang yang suka mencari perhatian orang lain. Tapi ada beberapa yang menganggap dirinya kurang menarik secara fisik dan takut menjadi bahan bully orang lain.

Baca Juga: Tips Gimana Cara Jadi Cewek yang Melek Teknologi

2. Mechanophobia

Mechanophobia

Mechanophobia

Phobia ini disebabkan oleh pengalaman traumatis yang terkait dengan mesin, seperti kehilangan jari tangan atau kaki saat mengoperasikan mesin. Gejala yang dialami seorang mechanophobia biasanya akan pusing, kenaikan suhu tubuh, detak jantuk cepat, gemetar, serangan panik, dan ingin melarikan diri dari mesin. Mechanophobia bisa disembuhin dengan memahami ketakutan yang menjadi pemicu dan belajar bagaimana untuk mengatasinya.

Baca Juga: Kocaknya Ortu Zaman Now Pakai Smartphone

3. Telephonophobia

Telephonophobia

Telephonophobia

Zaman sekarang siapa sih yang nggak punya handphone? Nah phobia yang satu ini ternyata bikin penderitanya takut untuk membuat atau menerima telepon lho guys! Hal ini dianggap sebagai jenis phobia sosial atau kecemasan sosial di mana penderita mengalami kecemasan tentang penggunaan telepon.

Penderita mungkin tidak memiliki masalah saat berkomunikasi secara langsung, namun mengalami kesulitan saat melakukannya melalui telepon.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk yang Kita Lakuin Karena Kecanduan Smartphone

4. Cyberphobia

Cyberphobia

Cyberphobia

Cyberphobia adalah sebuah phobia yang mulai dikenal pada tahun 1980. Penderitanya dianggap memiliki ketakutan irasional atau keengganan terhadap komputer. Bukan hanya komputer saja, penderitanya takut atas ketidakmampuan untuk belajar tentang teknologi baru.

Beberapa contoh kasus cyberphobia adalah ketika guru dipaksa untuk mengubah cara mengajar mereka, merasa kurang kompeten dan kurang keterampilan untuk era teknologi, dan penderita menganggap teknologi tidak diperlukan untuk kemajuan dalam kehidupan.

Baca Juga: 10 Daftar CEO Teknologi Terbaik di Dunia, No. 6 Sangat Menginspirasi

5. Technophobia

Technophobia

Technophobia

Penderita technophobia akan merasa takut dan tidak suka terhadap teknologi maju atau suatu perangkat seperti komputer dan handphone. Dr. Larry Rosen, seorang psikolog riset, pendidikan komputer, dan profesor di Universitas Negeri California mengatakan bahwa ada tiga subkategori technophobia, antara lain pengguna yang tidak nyaman, komputer kognitif, dan komputer tak berdaya. Hal ini menyebabkan beberapa orang menentang perkembangan teknologi modern untuk melestarikan ideologi mereka.

Baca Juga: 7 Tips Mendapatkan Uang Lewat Sosial Media Terbaru 2018

6. Electrophobia

Electrophobia

Electrophobia

Electrophobia adalah ketakutan akan arus listrik atau yang lebih tepatnya takut dengan setruman arus listrik. Penderitanya memiliki pengalaman buruk dengan arus listrik, biasanya karena hal yang mengejutkan hingga yang bisa membuat seseorang terluka.  Padahal semua benda yang ada saat ini berhubungan dengan arus listrik!

Baca Juga: 10 Hobi yang Menghasilkan Uang Banyak, Mungkin Ini Hobi Kamu!

7. Hellenologophobia

Hellenologophobia

Hellenologophobia

Phobia yang satu ini ternyata sangat unik tapi ditakutin bagi penderitanya lho! Hellenologophobia adalah salah satu phobia terhadap bahasa Yunani atau istilah-istilah sains yang amat rumit. Tapi banyak yang menyamakan phobia ini dengan ketakutan mendengar bahasa atau istilah yang belum pernah didengar sebelumnya.

Baca Juga: Radiasi  Smartphone Sangat Berbahaya! Ini 10 Cara Mencegahnya

8. Nomophobia

Nomophobia

Nomophobia

Siapa disini yang mencari handphone saat bangun tidur? Panik berlebih saat sinyal handphone hilang? Atau sering badmood saat baterai handphone akan habis? Itu adalah ciri-ciri kamu terserang nomophobia lho guys! Nomophobia adalah sebuah sikap ketergantungan dengan handphone, sering kali penderita memiliki perasaan tidak dapat hidup tanpa adanya handphone.

Baca Juga: WOW! 5 Kampus di Indonesia Ini Punya Jurusan Khusus Gamers

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan phobia apa aja sih mengenai teknologi. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top