Tech-Fun!

7 Profesi Ini Dulunya Nggak Pernah Ada Sebelum Era Smartphone dan Digital Tiba

Home / Tech-Fun! / 7 Profesi Ini Dulunya Nggak Pernah Ada Sebelum Era Smartphone dan Digital Tiba

Promo AirAsia

Jauh sebelum smartphone meledak seperti sekarang, tadinya 7 profesi ini nggak pernah kepikiran akan ada. Tapi seiring majunya fungsi smartphone dan media sosial yang makin sering kita gunakan, jadi muncul deh berbagai profesi yang memanfaatkan dunia digital. Buat kita yang mau nyoba profesi ini, juga bisa banget lho! Ada apa aja ya?

BACA
10 Profesi dengan Gaji Menggiurkan di Indonesia Tahun 2018

Nah! Ini Profesi Zaman Sekarang yang Belum Ada di Zaman Dulu!

Buat kamu yang kids zaman now banget dan belum tau apa aja sih profesi zaman dulu sebelum adanya era smartphone dan digital, mending langsung disimak aja gaes!

1. Buzzer

Buzzer

Buzzer

Pernah liat salah satu public figurea atau influencer ngepromosiin suatu barang atau jasa di media sosialnya? Nah, mereka bisa nih disebut sebagai buzzer. Kalo dulunya ngepromosiin barang hanya lewat media cetak atau elektronik kayak radio dan televisi.

Sekarang buat kita yang punya followers banyak juga bisa lho ngejalanin profesi ini. Yang perlu kita persiapkan ialah strategi bicara agar terkesan meyakinkan saat promosi, lebih oke lagi kalo kita pinter fotografi.

Jadi bisa ngambil foto produk yang sesuai dengan feed Instagram kita. Profesi ini lumayan menjanjikan nih! Satu kali posting iklan di feed Instagram aja, biasanya para buzzer bisa dapet Rp500 ribu – Rp1 juta tergantung seberapa terkenalnya mereka di kalangan netizen.

Baca Juga: Kamu Anak Kost? Cobain Resep Masak Mudah dari 6 Akun Ini

2. YouTubers

YouTubers

YouTubers

Kalo ini sih bisa dibilang dari hobi nyebur jadi profesi, yup kayak ceritanya Dorippu nih. Cewek asal Jakarta ini awalnya iseng buat vlog keseharian dia selama sekolah dan kerja di Jepang, sampe akhirnya sekarang dia punya subscriber 133.322 ribu di channel YouTube-nya.

Sifat dari netizen sekarang yang suka kepo, jadi salah satu alasan utama para creator ini nyoba profesi YouTubers. Kalo kita punya hal yang menarik, misal sekolah di luar negeri atau kerja di dunia kreatif bisa banget ngerekam rutinitas sehari-hari kita ke dalam vlog.

Kalo nggak, kita juga bisa buat channel YouTube dengan tema tertentu, kayak Ewing HD yang jadi punya channel YouTube horor pertama di Indonesia. Selain ngebagiin informasi yang netizen belum tau, lumayan juga kan kalo ada perusahaan yang mau masang iklan di channel kita.

Baca Juga: Kalo Dilan dan Milea Anak Millenial yang Punya Instagram

3. Sosial Media Manager

Sosial Media Manager

Sosial Media Manager

Media sosial emang udah ada lama, kayak Friendster atau MySpace tapi dulu penggunannya hanya terbatas secara personal. Nggak kayak sekarang, banyak perusahaan barang atau jasa yang pake media sosial sebagai cara untuk ngepromosiin bisnisnya ke masyarakat.

Coba deh ngaku berapa jam sehari sih kita tahan nggak megang smartphone? Hmm, paling cuma 1-3 jam aja perhari. Karena hal ini lah media sosial bisa dibilang punya kekuatan yang kuat di kehidupan masyarakat. Profesi sosial media manager ini bertugas untuk mengelola sosial media dan buat strategi promosi penjualan barang atau jasa agar dapat dikenal dan dibeli masyarakat.

Baca Juga: 10 Tips Membangun Startup Agar Cepat Berkembang Pesat

4. App Developer

App Developer

App Developer

Sosial media manager nggak akan bisa bekerja secara optimal kalo media sosial yang lagi dia kelola ngalamin crush. Selain itu, kita juga pasti kesal banget dong kalo lagi asik main games di smartphone eh tiba-tiba aplikasi games-nya down.

Nah, maka dari itu dibutuhkan seorang app developer yang bertanggung jawab atas semua kelancaran aplikasi yang kita pake. Buat kita yang kuliah di jurusan IT, profesi ini sangat menjanjikan lho! Apalagi kalo kita bisa kerja disebuah perusahaan IT terkenal.

Tapi perlu diingat profesi app developer ini bekerja secara team, jadi pastikan kita punya kemampuan yang baik dalam kerja secara kelompok ya.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan Pekerjaannya

5. Online Business

Online Business

Online Business

Dulu transaksi jual dan beli hanya bisa dilakukan secara tatap muka, sekarang bukan saatnya lagi repot kayak gitu. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, terutama lahirnya media sosial dan aplikasi e-commerce.

Kini kita bisa lho jual-beli cuma lewat smartphone, tinggal masang iklan kita bisa ngejual barang dagangan secara gratis tanpa perlu bayar apapun. Nggak terbatas cuma jual ke daerah tertentu aja, kita juga bisa manfaatin sosial media yang kita punya untuk ngeiklanin barang dagangan kita ke semua orang.

Pengirimannya juga mudah banget, karena udah ada jasa pengantar barang yang harganya cukup murah dan bisa ngecapai seluruh daerah Indonesia bahkan sampe ke luar negeri.

Baca Juga: 10 Aplikasi Cocok Untuk Belajar Gitar Paling Mudah

6. Travel Blogger

Travel Blogger

Travel Blogger

Hampir sama dengan YouTubers, tapi bedanya profesi travel blogger ini lebih fokus ke tulisan. Yup, dengan manfaatin media sosial kayak Instagram, Twitter, Facebook, travel blogger ini bisa nge-update cerita perjalanannya kapanpun asalkan ada jaringan internet.

Kalo mau nulis juga nggakusah repot-repot harus bawa laptop, karena di smartphone pun aplikasi Ms.Word bisa diunduh secara gratis. Kalo mau hasil cerita kita makin keren, tambahin aja foto pemandangan atau video singkat perjalanan kita.

Ngerekamnya juga cukup pake kamera smartphone aja, kan sekarang udah banyak nih resolusi kamera smartphone diatas 8Mp yang ngejanjiin kualitas setara dengan kamera DSLR. Oh ya jangan lupa untuk install aplikasi edit foto ya, agar foto perjalanan yang dihasilin makin oke.

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Bagi Anak yang Disebabkan Gadget

7. Influencer

Influencer

Influencer

Influencer sebenarnya hampir sama dengan public figure namun bedanya kalo dulu public figure harus orang yang berasal dari kalangan artis dan sering tampil di televisi, kini siapapun bisa jadi influencer.

Kalo kita punya kelebihan atau suatu hal yang kita lakuin dapat ngasih impact ke banyak orang, kita udah bisa disebut sebagai influencer. Yup, influencer biasanya sebutan public figure untuk orang yang punya impact di media sosial.

Jadi influencer juga nggak mudah lho, kita harus punya dedikasi dan strategi agar ngehasilin suatu hal positif yang bisa dibagikan ke followers kita. Oh ya, bisa dibilang influencer ialah awal mula dari profesi buzzer lho!

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Hanya dengan Nonton YouTube

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan profesi apa yang tidak ada sebelum adanya digital. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top