Power Bank

7 Tips Agar Power Bank Tidak Cepat Rusak atau Bocor

7 Tips Agar Power Bank Tidak Cepat Rusak atau Bocor 9

Halo sobat Pintar! Power Bank merupakan salah satu gadget yang harus selalu kamu bawa kemanapun dan kapanpun. Karena Power Bank dapat membantu kamu saat kehabisan baterai. Apalagi buat kamu yang senang sekali bermain Mobile Legends, Power Bank juga merupakan salah satu point dari tips agar baterai awet saat main Mobile Legends.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips agar Power Bank tidak cepat rusak atau boros. Buat kamu sering mengalami Power Bank yang cepat rusak dan juga boro, harus simak artikel ini guys.

BACA
10 Tips Memilih Power Bank dengan Kualitas yang Bagus

Ini Dia 7 Tips Agar Power Bank Tidak Cepat Rusak atau Bocor

Buat kamu yang penasaran bagaimana tips agar Power Bank tidak cepat rusak atau bocor. Yuk! Langsung saja simak artikel ini.

1. Jangan Terlalu Lama Di-charge

jangan Terlalu Lama dicharge

Jangan Terlalu Lama dicharge

Tips pertama agar Power Bank kamu tidak cepat rusak atau bocor adalah jangan terlalu lama di-charge. Seperti halnya smartphone, Power Bank juga tidak boleh di-charge terlalu lama.

Kebiasaan ini sering kamu lakukan pada saat ingin berpergian, kamu akan men-charge Power Bank terlalu lama. Karena, jika kamu men-charge terlalu lama, maka baterai pada Power Bank kamu akan cepat melembung, bahkan bisa meledak.

TIPS

  • Jangan terlalu lama men-charge Power Bank, karena akan mengakibatkan baterai Power Bank menjadi menggelembung.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Bedakan Power Bank Asli atau Palsu (100% Akurat)

2. Jangan Terlalu Sering Isi Ulang

Jangan Terlalu Sering Diisi Ulang

Jangan Terlalu Sering isi Ulang

Power Bank merupakan gadget yang dapat membantu kamu untuk mengisi ulang daya baterai smartphone kamu. Power Bank memang dapat diisi ulang, karena memiliki jenis baterai Li-Ion (Lithium-Ion) atau Li-Po (Lithium-Polimer).

Kedua baterai ini memiliki siklus isi ulang yang berbeda, apabila kamu sering melakukan isi ulang dan baterai tersebut sudah hampir mencapai siklus dayanya. Maka, Power Bank kamu akan cepat habis dan untuk mengisi dayanya kembali pun akan terasa menjadi lama.

TIPS

  • Jangan terlalu sering mengisi ulang daya baterai, karena setiap baterai memiliki siklus yang berbeda dan apabila sudah mencapai siklusnya. Maka, Power Bank akan cepat habis dan lama saat di-charge.

Baca Juga: 10 Tips Membedakan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu

3. Isi Ulang Power Bank Saat Low

Isi Power Bank Low

Isi Power Bank saat Low

Lakukan isi ulang pada saat Power Bank kamu sudah low, biasanya ditandai oleh lampu indikator yang mati atau sudah tidak ada lagi pemberitahuan pada smartphone kamu.

Sesuai dengan poin yang kedua, apabila kamu terlalu sering melakukan isi ulang maka Power Bank kamu akan cepat rusak atau bocor. Karena siklus isi ulang yang sudah mencapai batasnya.

TIPS

  • Isi ulang baterai ketika sudah low dan jangan pernah mengisi Power Bank saat belum low.

Baca Juga: 10 Power Bank yang Cocok untuk Travelling

4. Jauhkan Power Bank dari Barang Elektronik Lain

Jauhkan Power Bank dari Barang Elektronik

Jauhkan Power Bank dari Barang Elektronik

Tips selanjutnya agar Power Bank kamu tetap awet dan tidak bocor atau rusak, yaitu hindari dari barang elektronik. Karena barang elektronik seperti TV, Laptop, dan yang lainnya akan memancarkan gelombang elektro magnetik.

Gelombang elektro magnetik dapat membuat Power Bank kamu akan menjadi cepat rusak. Maka dari itu, sebaiknya apabila kamu ingin meletakan Power Bank, jangan diletakan dekat dengan barang elektronik.

TIPS

  • Jangan menaruh Power Bank di dekat barang elektronik, karena memiliki gelombang elektro magnetik yang dapat merusak Power Bank.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Power Bank dengan Kualitas yang Bagus

5. Jangan Gunakan Smartphone Saat Di-charge

Menggunakan Smartphone Sambil Di-charge

Menggunakan Smartphone Sambil Di-charge

Selanjutnya adalah jangan gunakan smartphone saat di-charge, karena apabila kamu sedang men-charge smartphone menggunakan Power Bank dan kamu sambil memainkannya. Maka aliran listrik pada Power Bank akan tidak stabil dan menyebabkan Power Bank kamu menjadi cepat rusak.

Bahkan bukan hanya itu saja, smartphone kamu akan terkena dampak dari efek ini. Smartphone kamu bisa menjadi panas dan lama untuk mengisi daya.

TIPS

  • Jangan gunakan smartphone saat sedang di-charge, karena aliran listrik Power Bank menjadi tidak stabil.

Baca Juga: 10 Power Bank Terbaik 2017, Harga Murah dan Kapasitas Besar

6. Tidak Perlu Menggunakan Power Bank saat di Rumah

Tidak Menggunakan Power Bank di Rumah

Tidak Menggunakan Power Bank di Rumah

Apabila kamu sedang tidak berpergian atau berada di rumah, kamu tidak perlu menggunakan Power Bank. Kamu bisa menggunakan stop kontak di rumah untuk men-charge smartphone kamu.

Karena fungsi utama dari Power Bank adalah menyipan daya yang akan digunakan saat kamu tidak menemukan stop kontak untuk men-charge smartphone kamu. Jadi, jika kamu sering menggunakan Power Bank di rumah akan membuat Power Bank tersebut mengisi daya terlalu sering.

TIPS

  • Gunakan Power Bank di luar rumah saja. Apabila kamu berada di rumah, sebaiknya lakukan pengisian daya smartphone di stop kontak.

7. Hindari dari Suhu yang Panas

Hindari Suhu yang Panas

Hindari Suhu yang Panas

Sama seperti dengan smartphone, Power Bank juga tidak baik apabila berada di tempat yang bersuhu panas. Pasalnya apabila kamu sedang men-charge Power Bank pada suhu yang panas.

Karena apabila kamu men-charge Power Bank dalam keadaan suhu yang panas. Maka, tidak akan ada sirkulasi udara yang masuk untuk menetralisir suhu pada Power Bank. Sehingga akan menyebabkan baterai Power Bank menjadi menggelembung, bahkan bis meledak.

TIPS

  • Hindari Power Bank dari suhu yang panas, karena suhu panas akan membuat Power Bank tidak mendapatkan sirkulasi udara saat digunakan.

Begitulah guys tips agar power bank tidak cepat rusak atau bocor versi TipsPintar. Apabila kamu punya kritik atau masukan saran yang lainnya, kamu bisa tulis di kolom komentar di bawah ini ya.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top