Android

10 Tips Trik WhatsApp yang Belum Banyak Diketahui

Home / Android / 10 Tips Trik WhatsApp yang Belum Banyak Diketahui

WhastApp adalah aplikasi chatting yang saat ini memiliki pengguna paling banyak di dunia. Beragam fitur telah disediakan oleh WhatsApp untuk memudahkan pengguna dalam berinteraksi.

Namun, banyak dari pengguna belum mengetahui fitur yang telah disediakan oleh WhatsApp. Padahal jika kamu mengetahui fitur tersembunyi WhatsApp, akan lebih memudahkan lagi dalam menggunakan aplikasi ini

Berikut Ini Beberapa Tips dan Trik yang Ada di WhatsApp

Kali ini, TipsPintar.com akan memberi tau kamu beberapa trik yang bisa kamu lakukan di aplikasi WhatsApp. Cekidot..

1. Merubah Huruf

WhatsApp akhirnya bisa menampilkan huruf dalam format miring (italic), tebal (bold), dan dicoret (strike trough). Cara melakukan hal tersebut adalah kamu harus memasukkan karakter khusus sebelum dan sesudah kata yang ingin di format.

Font Bold

  • Untuk membuat tulisan tebal, kamu bisa menggunakan tanda bintang (*) diantara kata yang di inginkan.

Font Italic

  • Untuk membuat tulisan miring, kamu bisa menggunakan tanda underscore(_) diantara kata yang ingin di format.

Font Coret

  • Terakhir, untuk membuat tulisan dicoret, kamu bisa gunakan tanda (~) di awal dan di akhir kata yang ingin di format.

2. Cara Menyembunyikan Last Seen, Profile Photo dan Status WhatsApp

Menyembunyikan Last Seen, Profil Photo dan Status

Trik selanjutnya yang jarang orang ketahui adalah menyembunyikan status Last Seen, Profile Photo dan Status pada aplikasi WhatsApp. Cara melakukannya pun cukup mudah, kamu hanya tinggal masuk ke Setting > Account > Privacy.

Di dalam setting Privacy, akan muncul pengaturan untuk Last Seen, Profil Photo dan Status yang bisa kamu atur untuk bisa dilihat oleh semua orang, kontak kamu saja atau tidak kepada siapapun.

3. Mematikan Fitur Read Receipts

Mematikan Fitur Read Receipts

Kini di aplikasi WhatsApp menghadirkan fitur baru, yaitu Read Receipts. Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca atau belum. Namun bagi sebagian orang, fitur ini sangat menyebalkan. Karena mereka tidak bisa berlama-lama untuk membalas pesan.

Tapi kini, kamu bisa mengatur untuk mematikan fitur Read Receipts. Cara mematikan fitur ini adalah masuk ke Setting > Account > Privacy > Kemudian kamu tinggal hilangkan tanda centang pada opsi Read Receipts.

4. Mematikan Download Otomatis

Mengatur Penggunaan Data

Hal yang membuat kuota internet kita cepat habis adalah fitur auto-download pada WhatsApp. Sehingga apabila ada teman kamu mengirim foto, video atau lainnya, akan langsung terunduh di smartphone kamu. Hal itu sangat menyebalkan bukan?

Namun kini kamu gak usah khawatir, karena fitur tersebut dapat di non-aktifkan. Cara mematikan fitur tersebut adalah masuk ke menu Setting > Data Usage > Lalu kamu bisa memilih media apa saja yang dimatikan fitur auto-downloadnya.

5. Mematikan Notifikasi Grup

Mematikan Notifikasi Grup

Hampir semua pengguna WhatsApp memiliki grup komunitasnya. Jika hanya memiliki grup yang isinya jarang aktif mungkin tidak masalah. Akan tetapi, bagaimana jika kamu memiliki grup yang isi anggotanya cerewet? Pastinya notifikasi grup tersebut akan selalu muncul.

Hal itu membuat kamu pasti sangat kesal. Namun kini kamu bisa mematikan notifikasi grup yang kamu miliki, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang notifikasi yang muncul. Cara non-aktifkan notifikasi grup adalah tap profil grup > Mute > lalu kamu bisa memilih mau di mute untuk berapa lama.

6. Membuat Pintasan Chat

Membuat Pintasan Chat

Trik selanjutnya adalah membuat pintasan chat. Fitur ini berguna buat kamu yang sering berinteraksi dengan orang lain melalui WhatsApp. Sehingga kamu tidak perlu bolak-balik membuka dan menutup WhatsApp untuk menulis atau membaca pesan.

Cara membuat pintasan chat adalah tap dan tahan percakapan, kemudian kamu pilih Add Chat Shortcut. Percakapan yang kamu pilih akan langsung berada pada layar utama smartphone. Sangat simple bukan?

7. Mengganti Sementara Nomor WhatsApp

Mengganti Nomor WhatsApp

Trik ini bisa kamu gunakan untuk kamu yang ingin berlibur tanpa takut diganggu oleh siapapun. Fitur ini bisa kamu gunakan ketika menggunakan kartu SIM baru tanpa harus mendaftarkan nomor baru ke WhatsApp.

Cara melakukan trik ini adalah pilih menu Setting > Account > Change Number > Kemudian kamu masukkan nomor lama dan nomor baru yang akan kamu gunakan. Dengan fitur Change Number ini, teman kamu masih bisa mengirimkan pesan ke nomor lama, meskipun pada saat bersamaan kamu menggunakan nomor baru.

8. Backup dan Restore Pesan

Backup dan Restore Pesan

Pada saat kamu berganti smartphone, tentunya kamu ingin agar seluruh data yang ada di smartphone lama bisa dipindahkan ke smartphone baru, termasuk pesan WhatsApp. Cara mem-backup chat kamu adalah masuk ke menu Setting > Chat > Chat Backup > Back up atau Back up to Google Drive.

Apabila kamu memilih Back up to Google Drive, maka nanti kamu harus memilih akun Google yang ingin kamu gunakan. Jika pada bagian Account sudah muncul username Google kamu, berarti proses menghubungkan Google Drive telah selesai.

9. Memberi Tanda pada Pesan

Memberi Tanda pada Pesan

Fitur ini sangat berguna untuk menandakan informasi-informasi penting. Caranya, tekan agak lama pada pesan yang ingin ditandai. Ketika kotak dialog sudah muncul, kamu pilih tanda bintang. Kemudian, untuk melihat pesan yang tadi sudah ditandai, kamu ketuk tombol Menu, kemudian pilih Pesan Berbintang.

10. Membuat Gambar GIF

Membuat Animasi GIF

GIF adalah animasi bergerak yang biasanya memiliki durasi pendek dan selalu diulang-ulang. Biasanya WhatsApp akan menyediakan animasi GIF yang sudah tersedia di dalam aplikasi. Namun akan lebih seru jika kamu bisa membuat animasi GIF versi sendiri. Cara membuatnya mudah sekali, kamu tinggal mengirim video seperti biasa namun ubah menjadi format GIF.

Nah, itulah 10 tips dan trik yang bisa kamu gunakan di aplikasi WhatsApp kamu, jangan lupa like, comment dan share artikel ini supaya kamu #SelaluLebihTau

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top