Kepo

6 Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Home / Kepo / Lifestyle / 6 Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Angkutan umum di Indonesia sudah beragam sekali. Salah satunya Transjakarta, Kereta Api, Bus, Angkot dan lain sebagainya. Angkutan umum di Indonesia mulai mengalami perkembangan dari zaman ke zaman.

Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Airy Rooms

Makanya nggak heran ada beberapa angkutan umum yang sudah mulai ditinggalkan, karena untuk mencapai tujuan harus menempuh waktu yang lumayan lama.

Nah, berikut ini adalah angkutan umum yang sudah punah di Indonesia.

Pernah Laku! Ini Angkutan Umum di Indonesia yang Sudah Punah

Dulu Indonesia masih sedikit pesawatnya gaes, makanya jarang ada berita kecelakaan pesawat di Indonesia.

Eits, tapi kita nggak bahas transportasi udara loh, kita bahasnya transportasi umum yang sudah punah. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

1. Helicak

Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Helicak

Angkutan umum yang pertama adalah Helicak. Helicak merupakan singkatan dari Helikopter dan Becak. Helicak pertama kali digunakan di Jakarta pada tahun 1971.

Bentiknya mirip becak gaes. Soalnya penumpang berada di depan dan duduk di dalam kabin yang terbuat dari besi dan juga serat kaca pada bagian depan.

2. Trem Listrik

Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Trem Listrik

Angkutan umum yang sudah punah kedua adalah Trem Listrik. Angkutan ini awalnya beroperasi di Batavia (Jakarta) pada tahun 1800-an gaes.

Waktu dulu Trem Listrik melintas di wilayah Kampung Melayu, Tanah Abang, Harmoni, Pasar Ikan dan Jl. Cut Mutia.

Secara tiba-tiba angkutan umum yang mirip bus ini dihentikan begitu saja. Konon, Trem Listrik sulit dioperasikan karena tidak ada dana untuk merawatnya.

3. Bus Tingkat

Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Bus Tingkat

Angkutan umum yang ketiga adalah Bus Tingkat. Bus yang pernah beroperasi di kota Jakarta ini terdapat 2 lantai yang menempel yaitu di atas dan di bawah.

Bus ini punah karena dinilai tidak stabil untuk jalanan Jakarta yang mulai banyak terowongan dan lubang. Selain itu, bus tingkat ini mesinnya mudah terbakar gaes.

BACA
Cara Memegang Smartphone Bisa Ungkap Kepribadian? Benar Ga Ya?

Baca Juga: 10 Orang Paling Kaya di Indonesia Tahun 2018

4. Kereta Api Lokomotif

Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Kereta Api Lokomotif

Angkutan umum yang sudah punah keempat adalah Kereta Api Lokomotif. Yups, sekarang memang masih ada kereta api namun bahan bakarnya sudah menggunakan listrik.

Berbeda dengan kereta api lokomotif yang menggunakan batu bara. Kereta ini sudah punah lataran membutuhkan perawatan yang ekstra dan butuh waktu jarak tempuh yang lumayan lama.

5. Lori Wagon

Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Lori Wagon

Angkutan umum yang kelima adalah Lori Wagon. Angkutan umum ini hanya beroperasi di Aceh gaes. Kalau dilihat-lihat angkutan umum atau transportasi ini sekilas mirip sekali dengan becak.

Namun, Lori Wegon tidak terdapat penutup untuk penumpang ketika kepanasan atau kehujanan. Tampilannya lebih mirip kursi roda yang ada supirnya di belakang ya gaes.

6. Oplet

Angkutan Umum yang Sudah Punah di Indonesia

Oplet

Angkutan umum yang sudah punah keenam adalah Oplet. Oplet merupakan mobil angkutan penumpang yang berukuran kecil. Oplet sebenarnya mobil buatan orang Inggris loh gaes.

Angkutan umum ini mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1930. Tepat awal mulai beroperasinya Oplet pun di Jakarta gaes.

Oplet sendiri pun terbagi menjadi 2 ruangan. Ruangan depan untuk supir dan 1 penumpang, ruang kedua untuk penumpang. Mobil Oplet terbuat dari seng dan juga kayu loh gaes.

Hayo, siapa nih yang udah pernah coba transportasi yang sudah punah tersebut? Kalau kamu pernah tulis ya gaes, di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Baca Deh Artikel Ini:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top