Software

Gratis! Ini 10 Aplikasi Kompres File Terbaik dan Paling Populer

Home / Windows / Software / Gratis! Ini 10 Aplikasi Kompres File Terbaik dan Paling Populer

Aplikasi Kompres File

Pada saat ingin berbagi file dengan teman, pastinya kamu pernah dong mengalami file yang akan kamu kirim itu ukurannya dianggap terlalu besar, sehingga gagal terkirim.

Nah, dengan hadirnya aplikasi kompres file bisa menjadi solusi dari masalah tersebut. Sebab, fungsi utama dari aplikasi kompres file sendiri adalah untuk memperkecil ukuran file kamu yang terlalu besar.

Jadi, berbagi file yang berukuran besar sudah bukan menjadi permasalahan lagi berkat aplikasi kompres file. Kamu juga tidak akan mendapatkan hambatan pada saat ingin berbagi file.

Hal tersebut disebabkan file yang sudah dikompresi dapat mengurangi kegagalan dalam pengiriman file, karena ukurannya sudah berubah menjadi lebih kecil.

Untuk memudahkan kamu dalam mencari aplikasinya, kali ini TipsPintar akan memberitahumu aplikasi kompres file terbaik yang bisa kamu gunakan di PC atau laptop.

Mau tau apa saja nama aplikasinya? Langsung saja simak dengan baik ulasan berikut ini!

Rekomendasi Aplikasi Kompres File Paling Populer

Aplikasi kompres file merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah ukuran file menjadi lebih kecil. Dengan menggunakan aplikasi ini, tentunya kamu bisa lebih mudah berbagi file yang berukuran besar.

Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi kompres file, bisa coba aplikasi-aplikasi berikut ini ya!

1. WinRAR

WinRAR

WinRAR

Aplikasi kompres file terbaik yang pertama adalah WinRAR. Di aplikasi ini kamu bisa kompresi file sampai tingkat yang sangat luar biasa, dimana mana hal ini membuat aplikasi WinRAR dikenal oleh banyak orang.

Semua aplikasi kompres file bisa mengekstrak arsip RAR, tapi hanya beberapa aplikasi saja yang bisa membuatnya sekaligus mengekstrak arsip RAR seperti WinRAR.

Aplikasi WinRAR sendiri memiliki mode Wizard yang bisa melakukan semua pekerjaan kamu dengan cara tertentu.

Meski User Interface (UI) nya tidak terlalu menarik, namun aplikasi WinRAR masih tetap menjadi salah satu aplikasi kompres file terbaik saat ini.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga tidak akan menghabiskan penyimpanan internal PC atau laptop kamu.

Tidak perlu khawatir, aplikasi WinRAR ini bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis yang mana fitur yang ada di dalamnya tergolong lengkap.

Nama AplikasiWinRAR
Ukuran Aplikasi3.3 MB
Link Download

2. Hamster Zip Archiver

Hamster Zip Archiver

Hamster Zip Archiver

Mungkin kalian masih asing dengan nama aplikasi yang satu ini dan tidak akan menyangka kalau aplikasi ini bisa digunakan untuk kompres file.

Tapi, nyatanya Hamster Zip Archiver menawarkan berbagai fitur yang bagus, memiliki tampilan User Interface (UI) yang sangat menarik, mendukung beragam jenis format, dan kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di dalamnya secara gratis.

Di aplikasi ini kamu bisa melakukan kompresi sekaligus membuka file ZIP, RAR, TAR, dan 7Z. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah sangat mudah dan praktis untuk digunakan.

Orang yang jarang melakukan kompresi atau dekompresi file pun bahkan akan merasa mudah untuk mengoperasikan aplikasi Hamster Zip Archiver ini dan bisa mendapatkan hasil kompres file sesuai yang diinginkan.

Untuk cara membuat dan mengekstrak file nya, kamu cukup dengan drag and drop file yang ingin dikompresi, lalu tambahkan Cloud Support.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah dan cepat dalam membuat file yang sudah dikompresi untuk di-upload ke platform seperti Dropbox, OneDrive, atau Google Drive untuk membuat tautan yang dapat di bagian secara otomatis.

Aplikasi ini tentunya sangat cocok digunakan oleh kamu yang ingin mengkompresi file untuk dibagikan ke teman atau rekan kerja.

Nama AplikasiHamster Zip Archiver
Ukuran Aplikasi13 MB
Link Download

3. Zipware

Zipware

Zipware

Aplikasi kompresi file terbaik selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Zipware. Hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana membuat kamu tidak akan kesulitan saat melakukan kompresi file melalui aplikasi ini.

Aplikasi yang dirilis pada bulan Oktober 2018 ini memiliki cukup banyak fitur yang bisa kamu gunakan secara gratis, seperti pemindai virus dan juga mendukung file arsip hingga 32 GB.

Selain bisa digunakan untuk pengarsipan file, di aplikasi ini kamu juga bisa membuat file yang dilindungi dengan kata sandi dan membagikan file arsip nya menjadi volume yang berbeda.

Zipware mampu kompres file dengan berbagai jenis format, seperti RAR, ZIP, ISO, CBR, WIM, TAR, PPMd, dan masih banyak lagi.

Nama AplikasiZipware
Ukuran Aplikasi3.3 MB
Link Download

4. 7-Zip

7Zip

7-Zip

7-Zip adalah salah satu aplikasi kompres file terbaik saat ini yang bisa kamu gunakan secara gratis. Aplikasi ini menggunakan sistem Open Source dan memiliki ukuran 1 MB yang tentunya sangat ringan.

7-Zip menyediakan berbagai fitur menarik yang bisa mengkompresi hampir semua jenis format file.

Aplikasi ini bisa dibilang memiliki cukup banyak kelebihan, mulai dari tampilan User Interface (UI) yang sederhana hingga fitur-fitur yang mudah untuk digunakan.

Hal tersebut membuat aplikasi ini mampu bersaing dengan aplikasi kompres lainnya yang gratis maupun berbayar.

Tidak hanya itu, aplikasi 7-Zip ini juga menawarkan fitur seperti Enkripsi AES-256 bit yang kuat, dapat melakukan ekstrak sendiri, manajer file yang terintegrasi, Plugin untuk manajer FAR, dan integrasi dengan Windows Shell.

Aplikasi ini bahkan dapat membagi file yang diarsipkan menjadi beberapa volume untuk manajemen ruang yang lebih baik.

Secara keseluruhan 7-Zip merupakan aplikasi kompres file dengan fitur yang sangat luar biasa dan menjadi aplikasi yang dapat diandalkan.

Nama Aplikasi7-Zip
Ukuran Aplikasi1.51 MB
Link Download

5. WinZip

WinZip

WinZip

Aplikasi kompres file terbaik lainnya yang bisa kamu coba adalah WinZip. WinZip sendiri merupakan aplikasi yang memiliki umur paling tua dibanding aplikasi kompres file lainnya yang ada saat ini.

Aplikasi yang sudah mencapai versi ke 22 ini memiliki opsi penggunaan berbayar. Diantara kamu mungkin ada yang bertanya dari banyaknya aplikasi kompres file gratis, kenapa masih tetap ada yang mau menggunakan aplikasi WinZip.

Perlu diketahui, aplikasi kompres file ini menawarkan beberapa fitur unggulan, salah satunya adalah integrasi dengan Microsoft Office. Hal tersebut tentunya akan memudahkan kamu dalam melakukan proses kompresi file.

Selain itu, WinZip juga menyediakan versi standar yang dapat memisahkan file sesuai dengan media, Cloud Support, dan pilihan file tingkat lanjutnya.

WinZip hadir dengan tampilan antarmuka yang sangat responsif untuk berbagai jenis perangkat. Aplikasi ini juga memiliki fitur backup dan keamanan yang dapat membuat file kamu lebih aman dan terenkripsi dengan baik.

Pada versi 22 yang terbaru dari WinZip terdapat banyak fitur yang sangat menarik perhatian, mulai dari konverter format gambar, mendukung Slack, hingga tampilan User Interface (UI) yang jauh lebih baik.

Nama AplikasiWinZip
Ukuran Aplikasi992 KB
Link Download

6. PeaZip

PeaZip

PeaZip

PeaZip merupakan salah satu aplikasi kompres file yang bisa diakses pada perangkat dengan sistem operasi Windows, macOS, dan Linux. Meski terlihat sederhana, tapi aplikasi ini mampu melakukan kompresi file dengan sangat baik.

Selain memiliki opsi kompres dan dekompresi, PeaZip juga menyediakan fitur untuk mengkonversi arsip antar format.

Perihal keamanan, aplikasi kompres file ini juga tidak kalah hebat, karena terdapat fitur enkripsi berbasis AES256 dan otentikasi dua faktor sekaligus manajer kata sandi yang bisa kamu gunakan.

Sama seperti aplikasi kompres file pada umumnya, di PeaZip ini kamu juga bisa mengakses antarmuka program utama dan menggunakan menu Konteks.

PeaZip juga bisa kamu gunakan untuk membuat dan mengekstrak file RAR. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi seperti WinRAR agar PeaZip bisa mendapatkan dukungan RAR sepenuhnya.

Nama AplikasiPeaZip
Ukuran Aplikasi9.1 MB
Link Download

7. ZipGenius

ZipGenius

ZipGenius

Aplikasi kompres file lainnya yang tidak kalah bagus untuk kamu gunakan adalah ZipGenius.

Aplikasi yang dapat kamu unduh dan akses secara gratis ini merupakan manajer file serbaguna yang cepat dan bagus untuk perangkat desktop yang menggunakan sistem operasi Windows.

Aplikasi ZipGenius ini sendiri sudah dirilis sejak tahun 1997 lalu. Tampilan User Interface (UI) dan fitur yang mudah dipahami membuat aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh pemula.

ZipGenius mampu memproses lebih dari 20 jenis file yang sudah dikompres dalam beberapa format, seperti RAR, ARC, 7-ZIP, CAB, ZIP, ARJ, dan lain sebagainya.

Memiliki fitur enkripsi CZIP yang bisa memudahkan kamu dalam memasukkan arsip ZIP ke dalam paket yang diamankan dengan algoritma enkripsi yang kuat.

Nama AplikasiZipGenius
Ukuran Aplikasi9.10 MB
Link Download

8. Ashampoo ZIP Free

Ashampoo ZIP Free

Ashampoo ZIP Free

Aplikasi Ashampoo ZIP Free mendukung sepenuhnya perangkat desktop dengan sistem operasi Windows yang bisa digunakan untuk pembacaan dan penulisan file arsip.

Aplikasi kompres file ini hadir dengan mekanisme enkripsi file yang sangat hebat dengan kekuatan AES 256-bit.

Aplikasi Ashampoo ZIP Free menawarkan fitur laporan perkembangan zip file pada layar sistem milikmu dan kamu juga bisa dengan cepat mengakses fitur-fitur penting dengan desain berbasis tile.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur ulang desain tile agar dapat menampilkan antarmuka di layar sesuai dengan selera kamu.

Nama AplikasiAshampoo ZIP Free
Ukuran Aplikasi24.7 MB
Link Download

9. IZArc

IZArc

IZArc

IZArc merupakan salah satu aplikasi kompres file terbaik yang dapat melakukan aktivitas kompresi dengan cepat, mudah, dan gratis untuk digunakan.

Aplikasi IZArc ini cukup mudah untuk digunakan, sehingga buat kamu yang belum pernah menggunakan aplikasi kompres file, maka aplikasi bisa menjadi opsi menarik yang dapat kamu pilih.

Hampir semua format arsip yang didukung oleh aplikasi kompres file yang satu ini, seperti ACE, MIM, ARJ, MBF, ZOO, ZIP, CAB, CPIO, CDI, hingga DEB.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan drag & drop dari dan ke Windows Explorer. Di aplikasi IZArc ini bahkan kamu juga bisa membuka file gambar CD dan mengonversi file tertentu.

Nama AplikasiIZArc
Ukuran Aplikasi5.2 MB
Link Download

10. Express Zip File Compression

Express Zip File Compression

Express Zip File Compression

Aplikasi kompres file terakhir yang bisa kamu coba adalah Express Zip File Compression. Aplikasi yang dibuat oleh NCH Software ini sangat intuitif dan efisien untuk melakukan proses kompresi file.

Aplikasi Express Zip File Compression mendukung beberapa jenis format, mulai dari ZIP, ISO, RAR, TAR GZIP, 7Z, CAB, IMG, DMG, ARJ, JAR, dan masih banyak  yang lainnya.

Selain berbayar, aplikasi ini juga menyediakan versi gratis yang bisa kamu coba lho.

Pada versi gratisnya, kamu bisa gunakan aplikasi Express Zip File Compression ini untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan kompresi file yang sering dilakukan.

Misalnya kompres, dekompres, Unzipping File, dan mengkompresi file untuk transisi email. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membuka file yang sudah dikompresi dengan jenis format, seperti RAR, 7Z, TAR, dan CAB.

Nama AplikasiExpress Zip File Compression
Ukuran Aplikasi3 MB
Link Download

Penutup

Itulah kumpulan aplikasi kompres file yang bisa kamu gunakan untuk mengubah ukuran file menjadi lebih kecil. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi untuk membagikan atau mengirim file yang memiliki ukuran besar.

Dari sekian banyak aplikasi kompres file yang sudah disebutkan, kira-kira kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi yang mana nih? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top