Software

10+ Aplikasi Kompres Foto Terbaik di PC dan Laptop

Home / Windows / Software / 10+ Aplikasi Kompres Foto Terbaik di PC dan Laptop

Aplikasi Kompres Foto PC

Mengecilkan ukuran atau resolusi foto menggunakan aplikasi kompres foto di PC dan laptop bisa menjadi solusi untuk kamu yang mempunyai banyak foto dengan ukuran besar tapi harddisk PC atau laptop sudah hampir penuh.

Selain itu, memperkecil ukuran foto juga sangat bermanfaat, seperti bisa mempermudah kita pada saat ingin mengunggah foto ke beberapa form.

Biasanya hal tersebut dilakukan untuk keperluan melamar kerja, mendaftar tes, maupun bergabung ke dalam komunitas secara online.

Saat ini sudah banyak aplikasi untuk memperkecil ukuran foto di PC yang bisa kamu gunakan. Setiap aplikasi kompres foto tentunya memiliki kelebihan tersendiri yang harus kalian ketahui.

Daftar Aplikasi Kompres Foto Terbaik untuk PC dan Laptop

Sama seperti aplikasi kompres foto di hp, aplikasi kompres foto yang ada di PC atau laptop juga bisa kamu gunakan ukuran foto kamu bisa diperkecil tanpa mengurangi kualitas foto tersebut secara signifikan.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk kompres foto di perangkat PC atau laptop. Bagi kamu yang penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini ya!

1. CaesiumPH

CaesiumPH

CaesiumPH

Aplikasi kompres foto pertama untuk PC atau laptop yang bisa kamu coba adalah CaesiumPH. Aplikasi ini menghadirkan fitur lossless compression untuk foto dengan format .jpg.

Sebelum ingin menggunakan aplikasi CaesiumPH ini, pastikan kamu sudah mengatur Custom Suffix di jendela setting untuk mencegah terjadinya overwrite.

Secara default, aplikasi kompres ini tidak dapat memproses subfolder, namun perilaku tersebut bisa diubah pada jendela setting.

Nama AplikasiCaesiumPH
Ukuran Aplikasi39.7 MB
Link Download

2. Caesium Image Compressor

Caesium Image Compressor

Caesium Image Compressor

Tidak hanya installer saja, aplikasi kompres seperti Caesium ini juga ada versi portable-nya yang bisa kamu coba. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot melakukan proses instalasi.

Foto atau file bisa kamu drag and drop ke aplikasi untuk di kompres secara massal. Selain itu, Caesium Image Compressor ini juga menyediakan fitur preview yang bisa digunakan untuk melihat kualitas foto setelah berhasil dikompresi.

Sebelum ingin mengecilkan ukuran foto, pastikan kamu memilih “input” pada menu Format agar bisa mempertahankan format foto atau gambarnya.

Untuk format foto atau gambar yang didukung oleh software ini sendiri, diantaranya adalah JPG, PNG, dan BMP.

Nama AplikasiCaesiumPH
Ukuran Aplikasi22.9 MB
Link Download

3. RIOT

RIOT

RIOT

Aplikasi kompres foto untuk PC atau laptop berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah RIOT. Pada aplikasi ini, kamu bisa langsung melihat foto yang belum dikompresi dan hasil foto yang sudah dikompresi.

Aplikasi RIOT ini tentunya akan mempermudah kamu untuk mengurangi ukuran foto yang tadinya besar menjadi kecil.

Hasil kompresi foto di aplikasi ini pun cukup memuaskan, karena foto yang dikompresi itu ukuran dan resolusi nya tidak jadi berbeda dengan foto yang asli.

Selain itu, aplikasi kompres foto yang satu ini dapat mengurangi ukuran file dengan berbagai format grafis dan juga bisa disimpan dalam format JPG, PNG, dan GIF.

Nama AplikasiRIOT
Ukuran Aplikasi1.90 MB
Link Download

4. FastStone Image Viewer

FastStone Image Viewer

FastStone Image Viewer

Selain berguna untuk menampilkan gambar, aplikasi ini juga menyediakan fitur kompres foto yang bisa kamu akses melalui fitur batch conversion dengan menekan tombol F3 atau klik menu Tools, lalu pilih yang Batch Converted Selected Images.

Aplikasi FastStone Image Viewer ini mampu mendukung berbagai format foto, mulai dari JPG, PNG, GIF, JPEG 2000 sampai TIF. Foto dengan format RAW juga bisa kamu convert ke format-format tersebut.

Nama AplikasiFastStone Image Viewer
Ukuran Aplikasi6.6 MB
Link Download

5. Voralent Antelope

Voralent Antelope

Voralent Antelope

Aplikasi Voralent Antelope ini menyediakan berbagai pilihan untuk mengurangi ukuran gambar secara lossless dengan format JPG, PNG, dan GIF.

Tidak hanya itu, di aplikasi kompres ini juga ada fitur tambahan untuk menekan ukuran gambar lebih rendah dengan menghapus informasi metadata gambarnya.

Semua gambar yang ingin kamu kecilkan ukurannya bisa langsung di-drop ke dalam halaman aplikasi agar bisa diproses semuanya secara bersamaan.

Nama AplikasiVoralent Antelope
Ukuran Aplikasi8 MB
Link Download

6. ImBatch

ImBatch

ImBatch

Aplikasi kompres foto ini memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah mampu menjalankan banyak gambar dengan beberapa task diantaranya task untuk memperkecil ukuran foto.

Misalnya foto ingin ditambahkan efek bingkai sekaligus dikompres yang mana kedua task tersebut bisa diproses hanya dengan sekali klik saja.

Selain itu, setiap task yang dibuat dapat kamu simpan di dalam profil tertentu. Dengan begitu, maka nanti kamu tidak perlu lagi settingan edit fotonya dari ulang.

Aplikasi ImBatch ini juga memiliki fitur optimasi gambar yang bisa kamu akses dengan klik tombol Add Task, lalu pilih opsi Optimize For Web.

Pada bagian Profile, kamu bisa pilih Custom Quality apabila ingin mengatur kualitas gambar secara manual. Aplikasi ini sudah mendukung sistem operasi mulai dari Windows 7, 8, 10, sampai 11 dengan pilihan versi Download 32-bit dan 64-bit.

Nama AplikasiImBatch
Ukuran Aplikasi31 MB
Link Download

7. FileMinimizer Pictures

FileMinimizer Pictures

FileMinimizer Pictures

Pada aplikasi FileMinimizer Pictures ini, kamu bisa menggunakan 4 mode kompres foto yang berbeda, diantaranya adalah Web, Standard, Low, dan Custom.

Jika sudah menentukan mode yang diinginkan, kamu bisa langsung drag and drop semua gambar yang ingin diubah ukurannya ke dalam aplikasi, lalu klik Optimize Files, dan selesai.

Di aplikasi ini, kamu bahkan bisa melihat seberapa banyak space yang berhasil dicatat dari proses kompresi tersebut. Secara otomatis aplikasi FileMinimizer Pictures ini akan mengubah format gambarnya saat diperlukan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, pastikan kamu sudah memilih opsi Keep original image format di jendela menu Settings sebelum memulai proses kompresinya.

Kamu juga bisa hilangkan tanda centang pada bagian Allow image to be resized apabila tidak ingin gambarnya diubah ukurannya saat kompresi sedang berlangsung.

Nama AplikasiFileMinimizer Pictures
Ukuran Aplikasi5,1 MB
Link Download

8. VarieDrop

VarieDrop

VarieDrop

Untuk kamu yang ingin mengubah ukuran foto, aplikasi yang satu ini sangat wajib kamu coba di PC atau laptop kamu.

Bagaimana tidak, VarieDrop memilih cukup banyak kelebihan, mulai dari proses kompresi yang praktis, ukuran tampilan yang relatif kecil, portable, hingga dapat diatur untuk always on top agar memudahkan drag and drop gambar ke dalam aplikasi.

Jendela utama untuk kompresi foto terbagi menjadi 4 bagian profil yang mana masing-masing bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Kamu bisa klik setiap area untuk memilih kualitas JPG yang kamu inginkan.

Nama AplikasiVarieDrop
Ukuran Aplikasi300 KB
Link Download

9. JPEGmini

JPEGmini

JPEGmini

Aplikasi JPEGmini sangat cocok untuk kamu yang ingin melihat tampilan aplikasi kompres yang penampilannya modern dan sangat interaktif.

Proses kerja aplikasi ini pun tergolong cepat saat sedang digunakan untuk mengkompres gambar yang kamu inginkan, jadi bisa lebih efektif dan tidak akan memakan waktu yang banyak.

Selain itu, di aplikasi JPEGmini ini kamu juga bisa melakukan proses kompresi dengan jumlah gambar yang banyak sekaligus. Buat kamu yang penasaran untuk mencobanya, langsung saja unduh aplikasi ini dan mulai proses kompres gambar yang kamu punya.

Nama AplikasiJPEGmini
Ukuran Aplikasi47 MB
Link Download

10. TinyPNG

TinyPNG

TinyPNG

Aplikasi kompres foto lainnya yang bisa kamu coba di PC atau laptop ialah TinyPNG. Aplikasi ini mampu mengecilkan berbagai foto yang memiliki format PNG dan JPG dengan cepat.

TinyPNG sangat efisien bila digunakan untuk mengkompresi foto, sehingga bisa mengurangi ruang penyimpanan PC atau laptop kamu.

Kamu juga akan nyaman saat melakukan proses kompresi, karena aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang mudah dipahami dan menarik.

Untuk bisa melakukan kompres, kamu bisa kunjungi website TinyPNG.com terlebih dahulu, lalu masukkan foto yang ingin dikompres, kemudian tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Setelah selesai, kamu bisa unduh foto yang berhasil kompresi dengan cara klik download.

Nama AplikasiTinyPNG
Operation SystemmacOS, Windows 7, 8, 8.1, 10, and 11
Link Download

11. PNGGauntlet

PNGGauntlet

PNGGauntlet

Aplikasi seperti PNGGauntlet juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi ukuran dan resolusi foto. Tapi sayangnya, aplikasi ini hanya bisa menghasilkan output ekstensi foto dalam format PNG saja.

Sementara itu, untuk input bisa semua ekstensi, mulai dari JPG, JPEG, GIF, TIFF, hingga BMP. Walaupun resolusi foto yang sudah kamu kompres berkurang, tapi kualitas foto tidak akan jauh berbeda dengan yang asli.

Aplikasi PNGGauntlet ini menawarkan kemudahan dalam melakukan proses kompresi, sehingga bisa digunakan oleh siapapun. Tampilan aplikasi ini juga sangat user friendly dan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur.

Kamu hanya bisa menggunakan aplikasi kompres foto ini kalau sudah menggunakan Microsoft Framework versi 4.0.

Nama AplikasiPNGGauntlet
Ukuran Aplikasi900 KB
Link Download

12. Kraken.io

Kraken io

Kraken.io

Aplikasi kompres foto untuk PC atau laptop yang terakhir adalah Kraken.io. Aplikasi ini tentunya bisa kamu gunakan untuk mengurangi ukuran foto secara online.

Kraken.io bisa kamu manfaatkan untuk kompres foto dengan format JPEG, JPG, PNG, GIF, dan lain sebagainya. Hasil foto yang sudah dikompres pada aplikasi ini bisa dibilang kualitasnya sangat mirip dengan foto yang asli.

Metode kompres foto yang disediakan Kraken.io sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu Lossless dan Lossy. Lossless sendiri adalah metode kompres tanpa mengurangi atau mengubah pixel foto.

Metode kompres yang ini sangat berfokus pada kualitas foto yang dikompres sehingga hasilnya tidak menjadi pudar atau buram.

Sedangkan, untuk metode Lossy menggunakan tata cara khusus yang akan mengkompres foto dengan ukuran sekecil mungkin yang mana output format dan kualitas foto akan berbeda.

Selain itu, Kraken.io juga hadir dalam bentuk ekstensi yang bisa kamu gunakan di platform Google Chrome ataupun Firefox.

Nama AplikasiKraken.io
Ukuran Aplikasi182 KB
Link Download

Penutup

Yap, itulah aplikasi-aplikasi yang memiliki fungsi utama dan bisa digunakan untuk kompres atau memperkecil ukuran foto kamu.

Oh iya, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya, agar bisa menjadi referensi mereka yang ingin mengurangi ukuran foto di perangkat PC atau laptop. Semoga bermanfaat!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top