Intermezzo

CATAT! Ini 5 Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan

Di situs lowongan kerja kamu akan menemukan banyak sekali lowongan pekerjaan dari berbagai divisi, bidang maupun perusahaan. Memang sih tidak mudah melamar pekerjaan di situs tersebut, namun tidak ada salahnya kamu mencari tau email HRD dari perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Jika kamu sudah menemukannya kamu bisa melamar pekerjaan lewat email. Karena, melamar pekerjaan lewat email akan lebih efektif dibandingkan langsung melamar di situs. Oleh sebab itu, kamu harus menghindari kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja.

Gak hanya itu aja, ketika kamu dipanggil interview, kamu harus membawa dokumen yang diperlukan. Nah, berikut ini dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang wajib kamu bawa atau lampirkan.

CATAT! Ini Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan

Buat kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan di tempat yang kamu inginkan, jangan lupa untuk membawa dokumen berikut ini ya!

1. Fotokopi Ijazah

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan

Fotokopi Ijazah

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang pertama adalah Fotokopi Ijazah. Surat lamaran kerja yang menarik dilengkapi dengan lampiran fotokopi atau scan ijazah. Karena, HRD perusahaan harus tau nomor ijazah untuk mengecek ijazah asli atau tidak.

2. CV (Curriculum Vitae)

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan

CV (Curriculum Vitae)

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang kedua adalah CV atau kepanjangan dari Curriculum Vitae. Nah, untuk membuat CV yang menarik, kamu harus memasukan data diri, pengalaman kerja maupun pengalaman organisasi. Selain itu, kamu juga harus menyertakan skill yang kamu kuasai agar HRD tertarik untuk merekrut kamu gaes.

3. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan

Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang ketiga adalah fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. KTP bukan hanya berfungsi untuk membuka HP yang terkunci aja. Tapi, KTP diperlukan sebagai dokumen yang di mana terdapat identitas kamu untuk melihat apakah kamu benar warga negara Indonesia atau bukan.

4. Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan

Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang keempat adalah fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Beberapa perusahaan memang membutuhkan SKCK agar terlihat bahwa kamu warga negara Indonesia yang berkelakuan baik atau tidak.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kamu menyiapkan dokumen SKCK ini. Apalagi untuk para fresh graduate yang baru lulus kuliah. Nah, untuk membuat SKCK sekarang sudah bisa secara online loh gae, tapi kamu tetap bisa membuat SKCK secara langsung atau datang ke Polsek sesuai domisili.

5. Fotokopi Sertifikat

Dokumen Penting untuk Melamar Pekerjaan

Fotokopi Sertifikat

Dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang terakhir adalah fotokopi sertifikat. Nah, salah satu hal yang harus dilakukan sebelum lulus kuliah kamu bisa mengikuti berbagai program keahlian maupun seminar nih gaes. Sertifikat yang kamu dapatkan bisa dilampirkan sebagai dokumen untuk melamar kerja.

Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan nilai lebih di mata HRD. Karena, kamu akan dinilai sebagai orang yang aktif. Walaupun belum punya pengalaman kerja, tidak ada salahnya melampirkan fotokopi sertifikat loh!

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih dokumen penting untuk melamar pekerjaan. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai dokumen penting untuk melamar pekerjaan ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih dokumen penting untuk melamar pekerjaan. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai dokumen penting untuk melamar pekerjaan ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top