Android

10 Cara Mengatasi Fingerprint Android yang Tidak Berfungsi

Home / Android / Tips / 10 Cara Mengatasi Fingerprint Android yang Tidak Berfungsi

Fungsi dari fingerprint adalah menggunakan sidik jari untuk membuka maupun mengunci dari smartphone Android. Banyak smartphone keluaran tahun sekarang telah menggunakan fingerprint.

Tapi, kamu harus menjaga fingerprint agar tetap berfungsi. Namun, cukup sulit juga menjaga fingerprint ini. Untuk itu, TipsPintar.com akan memberikan cara untuk mengatasinya.

[irp posts=”13892″ name=”5 Tips Merawat Fingerprint Smartphone Agar Tidak Rusak”]

Mudah Kok, Mengatasi Fingerprint Android Tidak Berfungsi

Banyak cara untuk mengatasi fingerprint di Android yang mulai tidak berfungsi lagi. Maka dari itu, coba deh simak artikel yang satu ini ya sobat pintar.

1. Restart Android

Restart Android

Restart Android

Pertama kali yang harus dilakukan adalah me-restart Android kamu. Mungkin fingerprint tidak merespon karena terdapat banyak aplikasi yang terbuka sehingga Android menjadi lag.

Untuk itu, restart Android kamu agar menutup seluruh aplikasi maupun sistem yang sedang berjalan pada Android kamu. Sehingga sistem dari fingerprint ini memulai lagi dari awal.

Baca Juga: Cara Merubah Kamera Smartphone Android Menjadi Fingerprint

2. Menghapus Cache Fingerprint

Menghapus Cache Fingerprint

Menghapus Cache Fingerprint

Selanjutnya yang mungkin sebaiknya kamu lakukan adalah menghapus cache fingerprint. Setiap fingerprint pasti memiliki cache yang dimana akan disimpan.

Terlebih lagi jika kamu menggunakan aplikasi fingerprint yang menyimpan cache dan seharusnya kamu hapus agar cache tersebut hilang dan fingerprint kamu aman.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tombol Navigasi yang Tidak Berfungsi di Android

3. Menghapus Data Fingerprint

Menghapus Data Fingerprint

Menghapus Data Fingerprint

Selanjutnya yang mungkin harus kamu lakukan adalah menghapus data fingerprint. Jika menghapus cache belum ampuh dalam mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi.

Cobalah melakukan hapus data, sehingga data di fingerprint terhapus dan kamu akan melakukan daftar sidik jari kamu lagi untuk bisa menggunakan fingerprint.

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone yang Bermasalah

4. Menghapus Virus

Scan Virus

Scan Virus

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghapus virus yang ada di smartphone Android kamu. Virus memang meresahkan dalam smartphone Android.

Karena virus dapat mengacak-acak sistem dari Android kamu termasuk fingerprint yang mungkin tidak akan bisa digunakan kembali lagi seperti dulu.

BERIKUT DAFTAR ANTIVIRUS TERBAIK:

AntivirusGratis atau BerbayarUkuran FileLink
AMC SecurityGratis11MBDownload
AVGGratis18MBDownload
AvastGratis17MBDownload
BitdefenderGratis5,5MBDownload
MalwarebytesGratis30MBDownload

Baca Juga: 10 Tips Penting Agar Smartphone Tidak Terinfeksi Virus

5. Membersihkan Fingerprtint

Membersihkan Fingerprint

Membersihkan Fingerprint

Selanjutnya yang mungkin kamu lakukan adalah membersihkan dari fingerprint. Fingerprint yang tidak bersih, mungkin akan membuat tidak berfungsi lagi.

Karena terdapat kotoran baik itu debu atau yang lain, sehingga membuat fingerprint tidak berfungsi lagi. Untuk itu, coba bersihkan fingerprint kamu supaya berfungsi kembali lagi.

6. Mendinginkan Android

Mendinginkan Android

Mendinginkan Android

Selanjutnya yang sebaiknya dilakukan adalah mendinginkan Android. Jika kamu selalu menggunakan Android, pasti akan menjadi panas dan itu bisa saja berdampak buruk bagi fingerprint.

Untuk itu, cobalah istirahatkan sejenak untuk mendinginkan Android kamu. Karena, Android yang panas itu bisa saja membuat fingerprint menjadi tidak berfungsi lagi.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pendingin Suhu Android Terbaik 2017

7. Mengembalikan Android yang Sudah di Root

Android Root

Android Root

Selanjutnya adalah mengembalikan Android yang sudah di root. Android yang sudah di-root, memang dapat banyak keuntungan seperti dapat mengakses aplikasi apa saja.

Namun, me-root Android juga memiliki dampak buruk kepada sistemnya. Seperti fingerprint yang mungkin saja tidak akan berfungsi lagi seperti dulu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartphone Android yang Bootloop (100% Berhasil)

8. Mengembalikan OS Menjadi Standar

OS Android

OS Android

Selanjutnya adalah mengembalikan OS menjadi standar. Setiap fingerprint yang dimana memiliki spesifikasi baik itu RAM maupun OS-nya.

Jika kamu ingin meng-upgrade OS Android, sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu dengan seluruh sistem atau aplikasi yang ada di Android kamu. Takutnya, ada yang tidak cocok atau kompatibel seperti fingerprint.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pembersih RAM Android Terbaik Paling Ringan

9. Factory Reset

Factory Reset

Factory Reset

Selanjutnya yang seharunya kamu lakukan adalah melakukan factory reset atau mereset ulang Android kamu. Dengan begini seluruh data baik itu sistem seperti fingerprint akan di reset.

Factory reset juga akan menghapus seluruh data yang ada di Android kamu, baik itu foto maupun video. Untuk itu, di backup terlebih dahulu ya sebelum melakukan cara ini.

Baca Juga: Cara Hard Reset Semua Tipe Smartphone

10. Membawa ke Tempat Service Resmi

Tempat Service Resmi

Tempat Service Resmi

Terakhir adalah membawa ke tempat service Android yang resmi. Jika hal itu semua tidak dapat membantu dalam mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi kembali lagi.

Sebaiknya membawa ke tempat service resmi. Di tempat tersebut fingerprint akan diperbaiki secara maksimal dan harus di tempat service yang resmi yang sobat pintar.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Android Lemot (3x Lebih Ngebut)

Nah, itu dia 10 Cara Mengatasi Fingerprint Android yang Tidak Berfungsi. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top