Tips

Cara Melacak HP yang Hilang Paling Ampuh 2019

Cara Melacak HP yang Hilang Paling Ampuh 2019 5

Salah satu penyebab kenapa HP mudah dicuri oleh orang lain adalah karena kamu menyimpan HP di tempat yang tidak aman. Contohnya seperti kantong celana bagian belakang.

Eits, tapi kamu tenang aja gaes, semakin teknologi udah semakin canggih kok! Jadi, kamu bisa menemukan HP yang hilang bahkan kamu juga bisa mengetahui wajah yang mencuri HP kamu.

Oh iya, salah satu melacak HP yang hilang memang ada yang menggunakan Gmail. Makanya, kamu jangan logout Gmail dari jarak jauh terlebih dahulu ya ketika HP kamu dicuri.

Karena, kalau sudah di-logout Gmail, maka kamu akan kesulitan melacak HP tersebut. Nah, berikut ini langkah-langkah melacak HP yang hilang melalui Android dan iPhone!

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Nah, untuk melacak HP yang hilang terutama HP Android, kamu bisa menggunakan beberapa 3 cara berikut ini gaes. Langsung aja yuk kita simak langkah-langkahnya!

1. Cara Melacak HP Menggunakan Aplikasi Google Find My Device

Find My Device adalah aplikasi paling worth it yang bisa kamu gunakan untuk melacak HP yang hilang.

Aplikasi ini mengandalkan akun Google atau Gmail yang tersimpan pada perangkat kamu yang hilang atau dicuri. Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi Google Find My Device.

Install Google Find My Devices

Aplikasi Google Find My Devices

  • Kedua, setelah itu kamu jalankan aplikasinya. Nah, di tahap awal kamu akan diminta untuk login menggunakan akun Google yang masih terhubung pada HP Android yang hilang.
Login Gmail

Login Gmail

  • Ketiga, berikutnya aplikasi tersebut akan secara otomatis menampilkan lokasi HP kamu yang hilang. Jadi, kamu langsung aja mencari lokasi HP tersebut melalui Google Maps.
Ponsel Dilacak

Melacak HP

Catatan!

  • Eits, tapi ada syarat agar HP kamu bisa terlacak, yakni HP tersebut harus dalam keadaan menyala dan juga fitur GPS dalam keadaan aktif.
  • Jika HP yang hilang tersebut dalam keadaan mati, maka aplikasi Find My Device hanya akan menampilkan lokasi terakhir HP tersebut aktif.
  • Nah, jika HP kamu sudah berhasil terlacak, kamu bisa melakukan beberapa perintah seperti Putar Suara, Amankan Perangkat, dan Hapus Perangkat.
Manfaatkan Perintah

Fitur Perintah Find My Device

Buat kamu yang belum paham fitur perintah tersebut, tenang aja gaes. Berikut ini sudah kita jelasin kok mengenai perintah-perintah yang terdapat pada aplikasi Find My Device. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

  • Perintah Suara
Fitur Putar Suara

Fitur Putar Suara

Perintah ini berfungsi untuk menghasilkan suara pada perangkat kamu yang hilang itu. Nah, yang kerennya lagi nih, fitur ini akan tetap bersuara dalam volume besar meskipun HP tersebut dalam keadaan silent.

Dengan begitu, kamu bisa minta tolong untuk si pencuri mengembalikan HP kamu atau bisa juga untuk memerintah orang lain yang menemukan HP kamu untuk segera mengembalikan HP tersebut.

  • Amankan Perangkat
Fitur Amankan Perangkat

Fitur Amankan Perangkat

Fitur ini berfungsi untuk membuat HP kamu yang hilang tersebut terkunci dari jarak jauh. Sehingga, orang yang mencuri HP kamu tidak dapat diakses oleh si pencuri atau orang yang menemukan HP kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan pesan beserta nomor telepon yang bisa dihubungi agar orang tersebut bisa menghubungi kamu.

  • Hapus Perangkat
Fitur Hapus Perangkat

Fitur Hapus Perangkat

Hapus Perangkat berfungsi untuk menghapus seluruh data yang tersimpan di HP tersebut. Jika kamu takut data yang terdapat pada HP diakses oleh orang yang mencuri, kamu bisa gunakan perintah ini untuk menghapusnya.

Baca Juga: Cara Melacak Seseorang Secara Realtime dengan Google Maps

2. Cara Melacak HP yang Hilang Menggunakan PC

Sebenarnya cara ini sama seperti menggunakan aplikasi Google Find My Device, hanya saja cara ini melalui situs dari Google Find My Device bukan menggunakan aplikasi.

  • Pertama, buka browser di PC > Kemudian kunjugi situswww.google.com/android/finddan kamu harus login dengan akun Gmail yang terhubung ke HP yang hilang tersebut.
Login Gmail

Login Gmail

  • Kedua, setelah login akun Google, maka situs akan menampilkan lokasi terakhir HP kamu berada. Contohnya seperti gambar berikut ini!
Berhasil Dilacak

Berhasil Dilacak

  • Oh iya, fitur yang tersedia pada situs Google Find My Device ini juga nggak jauh berbeda kok seperti di aplikasi Find My Device. Seperti Putar Suara, Amankan Perangkat, dan Hapus Perangkat.
Fitur yang Bisa Digunakan

Fitur yang Bisa Digunakan

Nah, buat kamu yang belum tau, berikut ini kita beri penjelasan mengenai fitur-fitur yang tersedia pada situs Find My Device. Fitur tersebut tentunya, bisa kamu gunakan untuk menemukan HP kamu.

Yaudah, langsung aja nih disimak baik-baik penjelasannya berikut ini!

  • Putar Suara
Fitur Putar Suara

Fitur Putar Suara

Fitur ini berfungsi untuk menghasilkan suara pada perangkat kamu yang hilang. Salah satu kecanggihan dari fitur ini adalah perangkat kamu akan tetap bersuara dalam volume besar meskipun HP tersebut dalam keadaan di-silent.

  • Amankan Perangkat
Fitur Amankan Perangkat

Fitur Amankan Perangkat

Fitur ini berfungsi untuk membuat HP kamu yang hilang tersebut terkunci dari jarak jauh dan juga tidak dapat diakses oleh orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan pesan beserta nomor telepon agar orang yang menemukan atau mencuri HP tersebut bisa menghubungi kamu.

  • Hapus Perangkat
Fitur Hapus Perangkat

Fitur Hapus Perangkat

Perintah ini membuat kamu menghapus seluruh data yang tersimpan di HP tersebut. Perintah tersebut bisa kamu gunakan jika sudah putus asa ketika mencari keberadaan HP kamu yang hilang itu.

3. Cara Melacak HP Android Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan aplikasi Find My Device buatan Google, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi lain yang terbukti cukup worth it gaes.

Apa aja sih aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk melacak HP hilang? Berikut ini beberapa list-nya.

Aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk melacak HP hilang yang pertama adalah Cerberus anti theft.

Memang aplikasi ini tidak sama seperti Find My Devices yang bisa melacak HP yang hilang secara real time.

Namun dengan menggunakan aplikasi ini, jika si pencuri atau ada orang lain yang mencoba membuka HP kamu dan salah kata sandi, maka aplikasi ini akan menangkap foto orang tersebut.

Foto tersebut akan dikirimkan melalui email yang dihubungkan ke aplikasi Cerberus anti theft itu gaes. Selain itu, aplikasi ini juga akan mengirimkan lokasi terakhir HP kamu.

Lockwatch

Lockwatch

Sama seperti aplikasi yang sebelumnya, Lockwatch hanya bisa menangkap foto pencuri yang berusaha membuka kunci pola atau password HP kamu.

Foto serta lokasi terakhir HP kamu juga akan dikirimkan melalui email yang sudah di daftarkan ke aplikasi Lockwatch itu gaes.

Jadi, dengan begitu kamu bisa mengetahui deh di mana HP keberadaan HP kamu saat dicuri oleh orang lain.

Buat kamu yang lagi cari cara melacak nomor HP yang hilang, bisa menggunakan aplikasi GPS Melacak Nomor HP ini. Sebenarnya, cara ini dikhususkan untuk kamu yang lupa password Gmail.

Karena, dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa melacak HP yang dicuri secara langsung hanya dengan menggunakan nomor HP. Jadi, kamu bisa dengan mudah menemukannya.

Itulah beberapa aplikasi pelacak HP yang bisa kamu gunakan untuk melacak HP yang hilang. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca artikel aplikasi pelacak HP gaes.

Cara Melacak iPhone yang Hilang

Setelah kita membahas cara melacak HP yang di Android, nggak lengkap rasanya jika kita juga tidak memberikan solusi untuk para pengguna iPhone yang kehilangan HP-nya juga.

Nah, kalau untuk pengguna iPhone, ada dua cara nih yang bisa kamu dilakukan untuk melacak iPhone yang hilang, yaitu dengan menggunakan aplikasi Find My iPhone dan juga melalui situs.

1. Cara Melacak iPhone Menggunakan Find My iPhone

Jika iPhone kamu hilang, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Find My iPhone. Aplikasi ini memang sudah disediakan oleh pihak Apple, jadi kamu nggak perlu download aplikasinya lagi gaes.

Nah, buat kamu yang belum tau cara menggunakannya, langsung aja ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

  • Pertama, buka aplikasi Find My iPhone lewat perangkat iPhone teman kamu > Kemudian kamu harus login menggunakan email iCloud yang terhubung di perangkat iPhone kamu yang hilang tersebut.
Login Akun

Login Akun

  • Kedua, setelah login akun iCloud, maka aplikasi tersebut akan menampilkan perangkat Apple yang terhubung ke email tersebut beserta lokasinya.
Perangkat Berhasil Ditemukan

Perangkat Berhasil Ditemukan

  • Ketiga, berikutnya kamu bisa menggunakan fitur yang tersedia pada Find My iPhone tersebut seperti Play Sound, Lost Mode, dan Erase iPhone.
Fitur Find My iPhone

Fitur Find My iPhone

Buat kamu yang belum tau penjelasan dari fitur tersebut tenang aja gaes! Berikut ini kita beri penjelasan mengenai perintah-perintah yang tersedia pada aplikasi Find My iPhone. Jadi, simak baik-baik ya!

  • Play Sound
Fitur Play Sound

Fitur Play Sound

Fitur ini berfungsi untuk menghasilkan suara pada perangkat iPhone kamu yang hilang tersebut. Jadi, kalau masih berada di dekat kamu nih, kamu bisa lebih tau tempat hilangnya ada di mana dengan mendengarkan suaranya.

Oh iya, yang lebih kerennya lagi, fitur ini akan tetap mengeluarkan suara dengan volume yang besar meskipun iPhone kamu dalam keadaan di-silent dan kamu bisa melacak keberadaan seseorang melalui iPhone.

  • Lost Mode
Fitur Lost Mode

Fitur Lost Mode

Kalau fitur ini berfungsi untuk membuat perangkat iPhone kamu yang hilang tersebut terkunci secara otomatis dan hanya kamu lah yang dapat membuka kunci iPhone tersebut.

Oh iya, kamu juga bisa loh memberikan nomor telepon yang harus dihubungi oleh orang yang menemukan iPhone kamu melalui fitur ini. Canggih kan gaes?

  • Erase iPhone
Fitur Erase iPhone

Fitur Erase iPhone

Nah, yang terakhir fitur Erase iPhone ini berfungsi untuk menghapus seluruh data yang ada pada perangkat iPhone yang hilang itu.

Termasuk untuk menghapus seluruh kontak di iPhone. Jadi, dengan begitu seluruh informasi pribadi kamu tidak akan bocor ke orang lain.

Catatan!

  • Eits, tapi ada syaratnya nih agar iPhone kamu bisa terlacak, yaitu iPhone tersebut harus dalam keadaan menyala dan fitur GPS aktif.
  • Jika iPhone yang hilang tersebut dalam keadaan mati, maka Find My iPhone akan menemukan lokasi terakhir iPhone tersebut saat sedang aktif.

2. Cara Melacak iPhone Lewat PC atau Situs

Sebenarnya cara ini sama seperti menggunakan aplikasi Find My iPhone ya gaes, hanya saja cara ini menggunakan situs bukan menggunakan aplikasi.

  • Pertama, kamu buka browser dan kunjungi situs www.icloud.com/#find > Kemudian kamu harus login menggunakan email iCloud yang masih terhubung pada perangkat iPhone tersebut.
Login iCloud

Login iCloud

  • Kedua, jika sudah berhasil login, maka akan tampak perangkat yang terhubung ke email iCloud tersebut beserta lokasinya. Contohnya seperti gambar berikut ini!
Lokasi Berhasil Diketahui

Lokasi Berhasil Diketahui

  • Ketiga, berikutnya kamu dapat menggunakan beberapa fitur seperti Play Sound, Lost Mode, dan Erase iPhone.
Fitur Situs Find My iPhone

Fitur Situs Find My iPhone

Sebenernya fiturnya nggak jauh berbeda kok dengan aplikasi Find My iPhone. Nah, berikut ini kita beri penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada di situs tersebut. Jadi, simak baik-baik ya!

  • Play Sound
cara melacak HP hilang

Fitur Play Sound

Fitur ini berfungsi untuk menghasilkan suara pada perangkat iPhone kamu yang hilang itu. Jadi, kamu bisa mengetahui letak iPhone kamu dengan mencari sumber suara aja gaes.

Nah, yang lebih kerennya lagi fitur ini adalah akan tetap bersuara dalam volume besar meskipun iPhone yang hilang tersebut dalam keadaan di-silent.

  • Lost Mode
Fitur Lost Mode Situs

Fitur Lost Mode Situs

Kalau fitur ini berfungsi untuk membuat perangkat iPhone kamu yang hilang tersebut langsung terkunci secara otomatis dan hanya kamu yang bisa membuka kunci iPhone tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan pesan dengan memberikan nomor telepon yang harus dihubungi oleh orang yang menemukan iPhone kamu melalui fitur ini.

  • Erase iPhone
melacak-hp-yang-hilang

Fitur Erase iPhone Situs

Fitur yang terakhir adalah fitur Erase iPhone, fitur ini berfungsi untuk menghapus seluruh data yang ada pada perangkat iPhone yang hilang. Jadi, seluruh informasi pribadi kamu tidak akan bocor ke orang lain.

Catatan!

  • Eits, tapi ada syaratnya agar iPhone kamu bisa terlacak, yaitu iPhone tersebut harus dalam keadaan menyala dan fitur GPS aktif.
  • Jika iPhone yang hilang tersebut dalam keadaan mati, maka situs Find My iPhone ini hanya akan menemukan lokasi terakhir iPhone tersebut menyala.
iPhone Nonaktif

iPhone Nonaktif

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara melacak HP yang hilang di Android dan iPhone. Oh iya, kamu jangan lupa juga untuk share ke sobat pintar lainnya, mengenai artikel cara melacak HP yang hilang ini.

Supaya mereka juga tau gimana sih cara melacak HP yang hilang di Android dan juga iPhone. Nah, buat kamu yang punya kritik dan saran, mengenai artikel cara melacak HP yang hilang untuk pengguna Android dan iPhone ini, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top