Tech-Fun!

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant 2022 (Terlengkap!)

Home / Tech-Fun! / Cara Mendaftar Shopee Food Merchant 2022 (Terlengkap!)

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Shopee merupakan salah satu aplikasi jualan online terbaik, dimana kamu bisa menjual berbagai produk dan barang di aplikasi tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mendaftar restoran atau bisnis makanan kamu di aplikasi ini.

Karena di Shopee terdapat layanan pesan antar makanan online. Makanya gak heran kalau Shopee, termasuk aplikasi pesan makanan online. Jadi, buat kamu yang memiliki bisnis makanan seperti restoran, nggak ada salahnya nih mendaftar sebagai mitra Shopee.

Nah, untuk kamu yang ingin mendaftar menjadi mitra Shopee Food, kamu bisa simak nih cara daftar Shopee Food Merchant berikut ini!

Persyaratan Mendaftar Shopee Food Merchant

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Persyaratan Mendaftar Shopee Food Merchant

Sebelum kamu mendaftar di Shopee Food Merchant, tentu kamu harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Ada beberapa persiapan yang harus kamu siapkan baik itu untuk bisnis individual maupun bisnis yang sudah sah berbadan hukum.

Nah, berikut ini persyaratan yang harus kamu penuhi:

1. Persyaratan Shopee Food Merchant untuk Bisnis Individual atau Perorangan

  • Kartu indentitas, bisa berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD)
  • Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)
  • Foto buku tabungan pribadi.

2. Persyaratan Shopee Food Merchant untuk Bisnis yang Sudah Sah Memiliki Badan Hukum

  • Kartu indentitas, bisa berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP) atau NB
  • Akta pendirian usaha
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan aktif.

Cara Daftar Shopee Food Merchant

Setelah kamu menyiapkan semua persyaratan yang di atas tadi, maka tahap selanjutnya kamu bisa langsung melakukan pendaftaran di Shopee Food Merchant. Nah, berikut ini langkah-langkah daftar di Shopee Merchant Food:

1. Isi Formulir Pendaftaran

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Isi Formulir Pendaftaran

Untuk yang pertama kamu harus mengisi formulir pendaftaran di Shopee Food Merchant dengan mengunjungi klik link ini. Formulir ini wajib kamu isi agar bisa menjadi mitra bisnis layanan Shopee Food.

2. Isi Alamat Email dan Nomor HP

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Isi Alamat Email dan Nomor HP

Berikutnya kamu harus isi alamat email dan nomor HP  untuk mendaftar Shopee Food Merchant. Oh iya, pastikan alamat email serta nomor HP yang kamu daftarkan masih aktif.

Dengan begitu, pihak Shopee bisa mudah menghubungimu. Kemudian kamu juga bisa memberitahu informasi dari mana kamu mengetahaui cara mendaftar di Shopee Food Merchant.

Oh iya, jika kamu belum memiliki email, maka kamu bisa membuat email terlebih dahulu. Nah, untuk mendaftar email tersebut, kamu bisa mendaftarnya di penyedia layanan email gratis.

3. Isi Detail Informasi Lokasi dan Alamat Bisnis Secara Lengkap

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Isi Detail Informasi Lokasi dan Alamat Bisnis Secara Lengkap

Selanjutnya kamu harus mengisi secara detail informasi yang berkaitan dengan lokasi atau alamat bisnis kamu. Pada bagian ini kamu harus mengisi dengan sesuai ya!

Karena lokasi ini nantinya akan membantu driver untuk datang ke merchant kamu untuk mengambil makanan. Jika lokasi yang kamu ingin daftarkan tidak tersedia, kamu bisa membuat lokasi baru dulu di Google Maps.

4. Isi Informasi Jenis Bisnis Secara Lengkap

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Isi Informasi Jenis Bisnis Secara Lengkap

Kemudian kamu harus mengisi informasi pribadi dan bisnis kamu, seperti bentuk badan usaha. Lalu kamu bisa upload formulir registrasi Merchant yang sudah kamu isi terlebih dahulu.

Nah, untuk mengisi formulir registrasi merchant Food, kamu bisa download PDF-nya dengan klik link ini. Jika sudah di-download, kamu bisa langsung mengedit file PDF tersebut dengan benar.

Buat kamu yang butuh panduan untuk mengisi formulir registrasi Shopee Food Merchant, kamu bisa langsung klik link ini ya!

5. Upload Surat Perjanjian Kerja Sama

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Upload Surat Perjanjian Kerja Sama

Berikutnya diharuskan untuk mengupload perjanjian kerja sama yang sudah kamu isi dan tanda tangani. Untuk download surat perjanjian kerja sama tersebut, kamu bisa download di link ini.

Oh iya, pastikan kamu menguploadnya dengan format PDF dan ukuran maksimal 25MB. Jika ukurannya lebih dari 25MB, maka kamu bisa memperkecil ukuran PDF di aplikasi maupun situs compress PDF.

6. Upload Informasi Merchant

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Upload Informasi Merchant

Selanjutnya kamu harys mengupload lembar informasi Merchant yang sudah kamu isi sebelumnya. Untuk download lembar informasi merchant tersebut, kamu bisa klik link ini ya! Oh iya, pastikan format yang kamu upload berformat XLS/XLSX dengan maksimal ukuran 25MB.

7. Upload Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Upload Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kemudian kamu harus mengupload foto kartu tanda penduduk. Saat upload kartu tanda penduduk ini pastikan diambil menggunakan kamera bukan hasil scan, edit dan fotokopi.

Selain itu, pastikan foto yang kamu upload berformat JPEG/JPG/PNG/PDF dengan ukuran maksimal 25MB. Jernih dan tidak dipotong. Tapi bisa kamu kasih watermark dengan mengeditnya terlebih dahulu di aplikasi edit foto, agar tidak salah gunakan.

8. Upload Buku Rekening Bank

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Upload Buku Rekening Bank

Berikutnya kamu harus mengupload buku rekening bank yang masih aktif. Saat upload buku rekening bank ini pastikan diambil menggunakan kamera bukan hasil scan, edit dan fotokopi.

Selain itu, pastikan foto yang kamu upload berformat JPEG/JPG/PNG/PDF dengan ukuran maksimal 25MB. Jernih dan tidak dipotong. Dimana nama pemilik rekening, nomor rekening dan nama bank terlihat jelas.

Buat kamu yang belum punya buku rekening bank, kamu bisa membuka rekening terlebih dahulu. Dengan mendatangi bank swasta atau bank BUMN yang kamu inginkan.

9. Upload Foto Menu yang Dijual

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Upload Foto Menu yang Dijual

Selanjutnya kamu bisa memasukan foto untuk menu-menu yang tersedia di merchant. Saat upload foto menu ini pastikan diambil berformat JPEG/JPG/PNG/PDF dengan ukuran maksimal 25MB. Nah, untuk kebijakan menu dan kontennya bisa kamu cek di link ini ya.

10. Upload Foto Merchant

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Upload Foto Merchant

Kemudian kamu juga bisa upload foto merchant kamu dengan jelas. Saat upload foto merchant ini pastikan diambil menggunakan kamera bukan hasil editan atau olahan desain.

Selain itu, pastikan foto yang kamu upload berformat JPEG/JPG/PNG/PDF dengan ukuran maksimal 25MB. Jernih dan tidak dipotong, dimana menampilkan seluruh kondisi merchant.

11. Konfirmasi Pendaftaran Shopee Food Merchant

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Konfirmasi Pendaftaran Shopee Food Merchant

Terakhir, kamu bisa langsung konfirmasi pendaftaran Shopee Food Merchant. Dengan membaca pernyataan persetujuan untuk pernyatan mendaftar sebagai mitra Shopee Food. Jika sudah, kamu tunggu prosesnya sampai dihubungi oleh pihak Shopee.

So, itulah beberapa cara daftar Shopee Food Merchant. Oh iya, jangan lupa untuk share artikel cara daftar Shopee Food Merchant ini ke teman-teman kamu ya gaes 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top