Internet

10 Cara Mengatasi Gangguan Internet, 100% Lancar!

Home / Internet / 10 Cara Mengatasi Gangguan Internet, 100% Lancar!

Cara Mengatasi Gangguan Jaringan

Sinyal hilang memang menjadi persoalan yang sering dijumpai oleh para pengguna Internet, bukan hanya di Hp, tapi hal ini juga bisa dirasakan oleh para pengguna PC, Laptop, dan teknologi digital lainnya yang memerlukan koneksi internet dalam pengoperasiannya.

Situasi ini memang sangat mengganggu, apalagi di saat Kita tengan membutuhkan jaringan tersebut untuk melakukan kewajiban Kita, baik dalam bekerja, belajar, ataupun untuk akses keperluan transaksi jual-beli, dimana hampir semua transaksi kini bisa dilakukan secara online, entah itu belanja online, transfer uang, transfer pulsa, dan sebagainya.

Tapi tenang aja! Karena pada kesempatan kali ini, TipsPintar bukan hanya ingin membahas masalah tersebut, tapi Kami juga ingin memberitahu Kamu cara-cara mengatasi gangguan jaringan, baik di Laptop atau pun Smartphone yang dapat Kamu lakukan dengan tepat dan juga mudah. Nah, biar ga buang-buang waktu. Yuk, langsung aja simak pembahasan berikut ini!

Penyebab Hilang Sinyal

Sebelum Kita masuk ke dalam inti pembahasan kali ini, ada baiknya jika Kamu mengetahui sedikit dari penyebab terjadinya masalah jaringan yang sering Kita alami.

Kira-kira apa saja sih, penyebab dari terjadinya masalah jaringan tersebut? Coba simak ulasan yang satu ini!

1. Terhalang Bangunan Tinggi

Gedung Tinggi

Gedung Tinggi

Penyebab pertama dari hilangnya sinyal biasanya, adalah terhalang bangunan-bangunan tinggi yang berada tidak jauh dari kawasan Kamu saat itu. Misalnya, di sekitar rumahmu ada banyak bangunan tinggi yang pada akhirnya akan memengaruhi kualitas sinyal yang Kamu miliki. Selain itu, bangunan dengan bahan kontruksi logam, kaca E rendah, juga bisa menjadi penyebab utama dari melemah/hilangnya sinyal.

2. Terhalang Pohon Rimbun dan Tinggi

Pohon Tinggi

Pohon Tinggi

Selain terhalang bangunan, keberadaan pohon yang rimbun dan tinggi juga menjadi salah satu penyebab mengapa sinyal melemah, bahkan sampai menghilang. Situasi ini biasanya akan Kamu alami apabila sedang pergi ke luar kota, entah itu mudik ke kampung, berkemah ke hutan, pergi mendaki gunung, dan sebagainya.

3. Berada di Luar Cakupan Jaringan

Di luar cakupan jaringan

Di luar cakupan jaringan

Selain pengaruh bangunan atau pun hutan rimbun, letak posisi/ area cakupan jaringan juga menjadi pengaruh besar terhadap masalah jaringan yang Kamu alami. Jika pada saat itu Kamu tengah berada di luar cakupan jaringan provider yang Kamu gunakan, maka itu akan melemahkan kekuatan sinyal, bahkan berkemungkinan besar menghilangkan keberadaan sinyal tersebut.

Contohnya, di daerah perkampungan yang kebanyakan belum mendapatkan pembagian menara sinyal yang merata. Jadi pasti ada beberapa titik dimana Kamu akan kesulitan dalam menemukan jaringan.

4. Perbaikan/Pemeliharaan Jaringan

Pemeliharaan Jaringan

Pemeliharaan Jaringan

Kalau Kamu merupakan pengguna jaringan rumahan, seperti IndiHome, Bizznet, dan sebagianya, pasti sering mengalami kendala disaat perbaikan/pemeliharaan jaringan dilakukan. Hal ini wajar terjadi, karena pada proses ini jaringan akan di maintenance untuk menghasilkan kualitas sinyal yang lebih baik.

Kamu pasti tau kan istilah bahwa Kita harus rela berkorban untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Nah, hal tersebut juga berlaku pada proses pemeliharaan jaringan ini. Jadi buat Kamu yang suka terbawa emosi karena perbaikan jaringan ini, mending banyak-banyak bersabar ya, karena hal tersebut juga merupakan bentuk treatment mereka bagi Kita para penggunanya.

5. Cuaca Buruk

Cuaca Buruk

Cuaca Buruk

Adapun faktor lainnya yang memengaruhi buruknya jaringan, adalah keadaan cuaca yang buruk. Yaps, Kamu pasti sering mengalami susah sinyal disaat hujan lebat berlangsung, kan? Hal ini wajar saja terjadi, sebab pada dasarnya jaringan itu merambat dengan bantuan angin, jadi jika keadaan cuaca sedang buruk, otomatis akan memengaruhi kekuatan jaringan tersebut.

Itulah beberapa penyebab dari hilangnya sinyal yang perlu Kamu ketahui. Semoga dengan hal tersebut Kamu jadi lebih paham ya, kenapa sinyal pada perangkatmu tiba-tiba melemah/hilang.

Cara Mengatasi Gangguan Internet

Permasalahan jaringan bukan hanya terjadi pada satu jenis perangkat saja, baik pengguna Smartphone, Laptop/PC pernah mengalami hal ini. Nah, kira-kira apa saja cara mengatasi masalah jaringan yang tepat untuk Kita lakukan? Yuk, langsung aja simak ulasan berikut.

A. Cara Mengatasi Gangguan Internet di HP

Setelah tau apa saja penyebab hilangnya sinyal, sekarang Kamu juga harus tau bagaimana cara mengatasi masalah jaringan bagi pengguna Hp. Caranya sendiri bisa dibilang cukup praktis, Kamu hanya perlu ikuti beberapa tips berikut:

1. Pindah ke Mode Pesawat

Mode Pesawat

Mode Pesawat

Cara pertama untuk mengatasi sinyal yang hilang di HP, adalah dengan beralih ke mode pesawat. Kammu bisa mengatur ponsel dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode untuk mengembalikan sinyal HP yang hilang. Cara ini cukup membantu untuk memperbaiki sinyal HP yang hilang.

2. Restart Perangkat

Restart Perangkat

Restart Perangkat

Selanjutnya, Kamu dapat me-restart perangkat untuk mengembalikan keadaan jaringan. Biasanya, bagi beberapa kartu seluler yang hilang sinyal, akan mengeluarkan tanda ketika jaringan sedang tidak tersedia. Nah, cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengembalikannya, adalah dengan me-restart Hp tersebut.

3. Nonaktifkan Data Seluler Sementara

Nonaktifkan Data Sementara

Nonaktifkan Data Sementara

Ada cara lain untuk mengatasi sinyal HP hilang salah satunya adalah dengan menonaktifkan data sementara. Cara ini bisa dilakukan dengan untuk mengembalikan jaringan lagi. Setelah itu Kamu bisa mengaktifkan data seluler lagi untuk mencari jaringan atau sinyal baru.

4. Cari Jaringan dari Perangkat

Cari Dari Perangkat Lain

Cari Dari Perangkat Lain

Cara mengatasi sinyal HP yang hilang selanjutnya, adalah dengan mencari jaringan dari perangkat. Artinya, Kamu bisa memanfaatkan fitur untuk mencari jaringan dari perangkat melalui menu Setelan atau Setting.

Nah, untuk melakukannya, Kamu bisa masuk ke dalam menu Setting kemudian cari menu Jaringan. Kamu bisa mencari jaringan dari perangkat melalui menu tersebut dengan pilih operator jaringan kemudian cari secara otomatis. Jika berhasil, maka dapat mengembalikan lagi sinyal yang hilang di HP.

5. Minta Bantuan Operator Seluler

Operator

Operator

Langkah terakhir yang dapat Kamu coba adalah dengan menghubungi bantuan Operator Seluler yang Kamu gunakan. Layanan ini dapat Kamu gunakan untuk mendapatkan solusi terkait permasalahan yang sedang Kamu alami. Jadi selain tahu apa penyebabnya, Kamu juga akan mendapatkan solusinya.

B. Cara Mengatasi Gangguan Internet di Laptop/PC

Tidak jauh berbeda dengan mengatasi masalah jaringan di Hp, Kamu juga bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi masalah jaringan di Laptop/PC:

1. Restart Perangkat

Restart Device

Restart Device

Mungkin terdengar sepele, tetapi tindakan ini sering kali bisa mengatasi hampir semua masalah yang Kamu alami. Memulai ulang komputer akan membersihkan pengaturan buruk yang bisa menimbulkan masalah terhadap koneksi internet.

2. Periksa Adaptop Nirkabel

Nirkabel

Nirkabel

Banyak laptop yang dilengkapi tombol untuk menghidupkan dan mematikan adaptor nirkabel. Apabila Kamu telah menekan tombol tersebut secara tidak sengaja, koneksi komputer ke jaringan akan terputus. Tekan sakelar atau tombol tersebut untuk menyalakan kembali adaptor nirkabel.

3. Restart Modem

Restart Modem

Restart Modem

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Cabut modem dan ruter dari sumber daya, tunggu selama beberapa detik, kemudian tancapkan kembali ke sumber daya. Seperti ketika memulai ulang komputer, tindakan ini bisa mengatasi berbagai masalah kecil yang terkait dengan internet.

4. Hard Reset Pada Jaringan

Hard Reset

Hard Reset

Dengan melakukan hard reset, ruter, dan modem dapat membersihkan semua pengaturan dan kemudian akan mengembalikan jaringan ke pengaturan pabrik (Termasuk nama jaringan serta kata sandi semula). Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol “reset” yang terdapat di bagian belakang modem selama sekitar 30 detik, biarkan modem melakukan but ulang (reboot), dan lakukan langkah yang sama seperti pada ruter.

5. Coba Menggunakan Eternet

Eternet

Eternet

Dengan menghubungkan komputer atau perangkat ke ruter atau modem menggunakan kabel eternet, kecepatan internet akan meningkat dan bisa membantu Kamu untuk mengetahui masalah yang terjadi pada jaringan internet atau perangkat.

Nah itu dia guys, beberapa cara mengatasi gangguan jaringan yang dapat Kamu coba, lengkap dengan pembahasan dari penyebab mengapa terjadinya gangguan tersebut. Semoga informasi ini dapat menjadi manfaat ya bagi Kamu!

Jangan lupa untuk like, comment, dan share artikel ini ke teman-teman/kerabatmu yang sering mengalami gangguan jaringan ini supaya mereka tidak kualahan saat mengalami berbagai gangguan tersebut.

Oh iya, kalau Kamu punya saran untuk pembahasan menarik lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ini ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top