Android

Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy yang Lemot (Dijamin Ngebut!)

Home / Android / Tips / Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy yang Lemot (Dijamin Ngebut!)

Halo sobat pintar! Smartphone memang sudah menjadi salah satu barang elektronik yang wajib kita bawa kemana-mana ya guys? Apalagi smartphone dapat membantu kita dalam melakukan kegiatan tertentu dengan cepat.

Tetapi apa yang terjadi ketika smartphone kamu menjadi lemot? Pastinya hal tersebut akan membuat kamu menjadi jengkel ya guys. Nah, pada kesempatan ini kita akan memberitahu kamu cara mengatasi HP Samsung Galaxy yang lemot.

Airy Rooms
BACA
10 Cara Membedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu

Beginilah Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy yang Lemot

Buat kamu yang ingin mengetahui cara mengatasi samartphone Samsung Galaxy yang lemot. Kamu bisa simak artikel ini baik-baik ya guys.

1. Uninstall Aplikasi yang Jarang Digunakan

Uninstall Aplikasi

Uninstall Aplikasi

Cara yang pertama untuk mengatasi HP Samsung Galaxy yang lemot adalah meng-uninstall aplikasi yang kamu jarang gunakan. Karena penuhnya memori smartphone yang dihasilkan oleh aplikasi yang jarang digunakan akan membuat HP Samsung kamu menjadi lemot.

Nah, maka dari itu kamu harus meng-uninstall apikasi yang kamu jarang gunakan di HP Samsung Galaxy kamu agar tidak menjadi lemot lagi saat digunakan.

Baca Juga: 5 Tips Hindari Sinyal Jelek Saat Main Mobile Legends (Dijamin Berhasil)

2. Bersihakan Data Cache pada Aplikasi

Cara selanjutnya adalah membersihkan Data Cache pada aplikasi, dengan cara ini kamu akan memperluas penyimpanan memori internal kamu. Sehingga HP Samsung Galaxy kamu tidak akan lemot lagi.

Beginilah cara membersihkan data cache pada aplikasi di Samsung Galaxy:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu Setting > Aplikasi > Manajer Aplikasi.
Pilih Menu>Aplikasi

Pilih Menu>Aplikasi

  • Selanjutnya, kamu bisa memilih salah satu aplikasi. Kemudian, kamu bisa pilih menu Penyimpanan>Hapus Memori.
Pilih Penyimpanan > Hapus Cache

Pilih Penyimpanan > Hapus Cache

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi Laptop yang Lemot

3. Lakukan Update Aplikasi

Update Aplikasi

Update Aplikasi

Cara mengatasi HP Samsung Galaxy yang lemot selanjutnya adalah lakukan update aplikasi. Dengan melakukan update aplikasi di HP Samsung Galaxy kamu akan membuat bug atau masalah sistem lainnya dapat diperbaiki.

Karena setiap aplikasi akan selalu meng-update versi aplikasinya masing-masing, agar tetap berjalan disemua sistem operasi android. Nah, sebaiknya segeralah lakukan update pada aplikasi yang kamu gunakan di HP Samsung kamu.

Baca Juga: Ini Cara Bikin Instagram Story Kita Makin Kece

4. Menghapus Aplikasi di Latar Belakang

Menghapus Aplikasi di Latar Belakang

Menghapus Aplikasi di Latar Belakang

Selanjutnya, cara mengatasi HP Samsung Galaxy yang lemot ialah menghapus aplikasi di latar belakang. Sering sekali kamu menggunakan aplikasi dan kemudian tidak langsung dihapus di latar belakang.

Kebiasaan ini yang membuat HP Samsung Galaxy kamu menjadi lemot, karena aplikasi yang berjalan di latar belakang akan memakan RAM kamu dan akan menyebabkan HP Samsung kamu menjadi lemot. Maka dari itu kamu harus menghapus aplikasi yang masih berjalan di latar belakang tersebut ya guys.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Sampingan Modal Kecil Hanya Pakai Smartphone

5.  Jangan Menggunakan Widget

Jangan Menggunakan Widget

Jangan Menggunakan Widget

Cara mengatasi yang kelima adalah jangan menggunakan widget pada HP Samsung Galaxy kamu. Penggunaan widget akan membuat smartphone kamu menjadi lemot dan akan membuat baterai kamu menjadi cepat habis.

Hampir sama dengan aplikasi di latar belakang, penggunaan widget akan memakan RAM pada HP Samsung Galaxy kamu. Sebaiknya, apabila penggunaan widget tidak terlalu diperlukan, jangan menggunakan widget ya guys.

Baca Juga: Cara Membuat Lokasi Palsu di Android (Tanpa Root)

6. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Aplikasi Pembersih RAM

Aplikasi Pembersih RAM

Cara keenam untuk mengatasi HP Samsung yang lemot adalah menggunakan aplikasi pembersih RAM. Salah satu faktor yang membuat smartphone kamu menjadi lemot adalah RAM yang penuh, karena apabila RAM kamu banyak menyimpan banyak sampah akan membuat kinerjanya menjadi melemah.

Agar HP Samsung Galaxy kamu tidak lemot lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih RAM yang dapat kamu install di Play Store.

Baca Juga: 10 HP Android dengan Layar Terbaik 2017

7. Hard Reset HP Samsung Galaxy

Hard Reset Smartphone

Hard Reset Smartphone

Cara yang terakhir untuk mengatasi HP Samsung Galaxy yang lemot adalah hard reset HP Samsung Galaxy. Apabila cara-cara di atas tidak ampuh, kamu bisa me-reset HP Samsung Galaxy kamu untuk membuat HP kamu tidak lemot lagi.

Hard reset akan menghapus semua data-data yang berada pada HP Samsung Galaxy kamu dan pastinya akan membuat HP kamu menjadi ringan layaknya mempunyai smartphone baru.

Baca Juga: 10 Smartphone dengan Kamera Depan Terbaik 2017

Nah, begitulah cara mengatasi HP Samsung Galaxy yang lemot. Sangatlah mudahkan guys? Apabila kamu memiliki kritik atau saran untuk artikel ini, kamu bisa isi di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top