Android

Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh di Android

Home / Android / Tips / Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Penuh di Android

Tentunya sangat menyebalkan jika kamu sedang meng-install aplikasi, tapi tiba-tiba ada notifikasi bahwa penyimpanan kamu sudah penuh.

Padahal kamu merasa bahwa smartphone kamu hanya memiliki sedikit aplikasi. Nah untuk mengatasi hal itu, ada loh cara untuk mengatasi memori internal yang tiba-tiba penuh.

BACA
Cara Mudah Mematikan HP Android dari Jarak Jauh lewat SMS

Berikut ini Cara Mengatasi Memori Internal yang Penuh di Android

Untuk mengatasi memori internal yang tiba-tiba penuh, kamu bisa menggunakan cara yang TipsPintar.com berikan berikut ini.

1. Bersihkan Cache

Bersihkan Cache

Bersihkan Cache

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus cache dari semua aplikasi.  Cache adalah file sementara dari sebuah aplikasi yang tersimpan di memori internal kamu.

Cache dapat membantu untuk mempercepat kinerja smartphone pada saat membuka aplikasi. Namun jika cache di smartphone kamu terus menumpuk, tentu saja memori internal kamu akan terkuras ya gaes.

2. Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Perlu

Hapus Aplikasi Bawaan

Hapus Aplikasi Bawaan

Bagi kamu pengguna smartphone baru, tentunya tidak asing lagi dengan aplikasi bawaan ya. Entah itu WhatsApp, BBM, LINE atau aplikasi bawaan lainnya.

Tapi taukah kamu? aplikasi bawaan tersebut sangat berpengaruh terhadap memori internal loh. Maka dari itu, sebaiknya kamu uninstall aplikasi bawaan yang tidak perlu ya.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

3. Matikan Fitur Update Otomatis

Matikan Fitur Update Otomatis

Matikan Fitur Update Otomatis

Google Play Store adalah aplikasi bawaaan Google yang memungkinkan kamu mengunduh atau meng-update berbagai macam aplikasi.

Namun, sebaiknya kamu jangan gunakan fitur update otomatis dari aplikasi tersebut ya gaes. Karena selain menguras banyak kuota, fitur tersebut tentunya juga memakan banyak memori internal loh.

Baca Juga : 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Android

4. Gunakan Memori Eksternal

Gunakan Memori Eksternal

Gunakan Memori Eksternal

Nah, cara ini mungkin yang paling efektif gaes. Selain menambah kuota memori, penggunaan memori eksternal juga dapat mengurangi penggunaan memori internal loh.

Baca Juga : 10 Hard Disk Eksternal yang Paling Awet 2017

Nah, itulah cara mudah mengatasi memori internal smartphone yang penuh. Jika kamu memiliki saran atau pendapat, silahkan isi di kolom komentar ya.

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top