Internet

Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Auto Tajir!)

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Kalau kamu senang menulis di blog, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi kamu tersebut loh. Gimana? Keren kan? Cuma nulis di blog, eh dapat pemasukan tambahan.

Emang bisa ya dapat penghasilan dari blog?

Jawabannya bisa guys, dengan mengikuti cara menghasilkan uang dari blog ini, dijamin deh kamu akan punya penghasilan tambahan setiap bulannya.

Lalu Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Pertanyaan ini lah yang sering ditanyakan oleh kebanyakan orang. Tentunya selain mendapatkan uang dari sosial media, kamu juga bisa mendapatkan uang dari blog guys.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan agar bisa mendapatkan uang dari blog.

1. Membuat Blog

Buat Blog

Buat Blog

Yaps, kalau kamu ingin mendapatkan uang dari blog, maka kamu harus memiliki sebuah blog. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya pada langkah inilah banyak blogger yang tidak jadi melanjutkan keinginannya lantaran minim pengetahuan tentang pembuatan blog.

Padahal jika kamu mau atau rajin membaca, ada banyak artikel di internet yang menjelaskan bagaimana cara membuat blog dengan mudah.

Nah, kali ini saya mau kasih tau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai sebuah pembuatan blog:

Pilih Platform Blog 

Platform Blog

Platform Blog

Untuk membuat sebuah blog, kamu memerlukan sebuah platform blog. Platform blog disini berguna untuk membantu agar konten yang kamu buat akan muncul di website.

Tentunya ada berbagai macam pilihan platform blog yang tersedia, salah satunya yang paling terkenal adalah WordPress.

WordPress merupakan platform yang paling populer lantaran memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • Mudah digunakan,
  • Penggunaannya gratis,
  • Dilengkapi sistem keamanan dan banyak digunakan oleh orang-orang,
  • Bisa menyesuaikan blog sesuai tema yang kamu inginkan.

Pilih Nama Domain dan Hosting

Pilih Nama Domain

Pilih Nama Domain

Pemilihan nama domain (alamat blog) yang tepat juga sangat berpengaruh untuk blog kamu guys. Buatlah nama domain yang sesuai dengan konten yang kamu buat di blog.

Setiap blog yang ada di internet memiliki domain sendiri-sendiri, jadi kamu harus sangat kreatif untuk menemukan nama domain yang pas untuk blog kamu.

Konfigurasi Blog dengan Platform

Konfigurasi Blog dengan Platform

Konfigurasi Blog dengan Platform

Jika kamu menggunakan WordPress sebagai platform blog kamu, kamu bisa membaca artikel atau tutorial di internet mengenai penggunaan platform WordPress.

Pastinya kalau kamu baru pertama kali mencoba menggunakan WordPress, tentu akan bingung ketika melihat bagian dashboard kan?

Nah, dengan membaca atau menonton tutorial penggunaan WordPress, kamu akan sangat terbantu dalam menggunakan WordPress dan mengatur berbagai hal untuk membuat blog kamu semakin baik lagi.

Buat Desain Blog

Buat Desain Blog

Buat Desain Blog

Setelah kamu memilih platform dan nama domain, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mendesain tampilan blog kamu sendiri guys.

Apakah di platform terdapat tema yang bisa digunakan untuk mendesain blog?

Jawabannya tentu ada guys. Ada tema gratis yang disediakan, ada juga tema premium yang mengharuskan kamu untuk membayar jika ingin menggunakannya.

Meskipun berbayar, tema premium saya rasa sangat berefek positif pada SEO, dirancang untuk mobile dan desktop, serta mudah diinstal dan disesuaikan.

2. Mulai Membuat Konten

Buat Content

Buat Content

Setelah memiliki blog, rasanya kamu perlu mengisi halaman di blog kamu itu dengan konten-konten yang bermanfaat bagi para pengunjung.

Jadi jika kamu rasa rancangan blog kamu sudah selesai, kini mulailah beralih memperhatikan isi atau konten dari blog kamu.

Buatlah konten yang bisa menghibur, menginspirasi, mengubah hidup orang lain, atau menyelesaikan masalah orang lain. Jika semua hal itu sudah ada di dalam konten blog kamu, maka kamu berhasil membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain.

Tentunya jika blog kamu dirasa pengunjung mampu menyelesaikan masalah yang mereka alami, maka blog kamu akan dikenal, disukai, dan dipercayai oleh setiap pengunjung guys, tentunya hal ini sangat bagus untuk nantinya kamu bisa menghasilkan uang dari blog.

3. Cari Pengunjung

Cari Pengunjung

Cari Pengunjung

Sudah buat blog yang keren dan berisi artikel bermanfaat, namun jumlah pengunjung segitu aja? Maka yang harus kamu lakukan adalah mencari pengunjung blog guys!

Tentunya salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah melalui pengunjung yang datang ke blog kamu. Oleh sebab itu, mulailah mempromosikan blog kamu kepada orang-orang.

Karena jika kamu hanya mengandalkan konten-konten yang bermanfaat, namun tidak didukung dengan promosi kepada orang-orang, maka kemungkinan blog kamu akan dikenal semua orang pun akan sulit.

Ibaratnya seperti kamu punya informasi yang penting bagi orang-orang, namun kamu tidak memberitahukan kepada orang-orang mengenai informasi yang kamu miliki.

Dengan begitu tentu orang-orang tidak mengetahui atau bahkan tidak mengenal kamu lantaran kamu tidak memberitahukan ke mereka mengenai informasi yang kamu miliki.

Mulailah melakukan promosi di akun sosial media kamu, bergabung dengan komunitas yang ada di sosial media, atau bahkan bergabung dengan forum-forum yang dirasa bisa menghasilkan pengunjung untuk blog kamu.

Kuncinya adalah kamu perlu membangun kehadiran, menambahkan nilai jual, dan membina hubungan dengan para pengunjung.

4. Membina Hubungan dengan Pengunjung

Bangun Hubungan dengan Pengunjung

Bangun Hubungan dengan Pengunjung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu kunci dalam membuat blog adalah kamu perlu membina hubungan dengan para pengunjung yang datang.

Respon setiap komentar yang mereka tulis, dekati mereka secara personal, dan lakukan apapun yang bisa membuat pengunjung datang berkali-kali.

Pertahankan pengunjung yang sudah kamu peroleh, buat mereka menyebarkan kehebatan dari blog kamu, sehingga blog kamu semakin dikenal masyarakat luas.

5. Mulailah Menghasilkan Uang dari Blog Kamu

Mulai Mendapatkan Uang dari Blog

Mulai Mendapatkan Uang dari Blog

Cara menghasilkan uang dari blog memang tidaklah mudah, diperlukan kerja keras dan usaha untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang kamu buat.

Tapi satu hal yang perlu kamu ingat guys, meskipun kamu sudah mengikuti langkah-langkah yang sebelumnya sudah dijelaskan, uang tidak akan secara otomatis langsung masuk ke kantong kamu.

Diperlukan proses panjang agar blog yang kamu buat bisa memberikan pendapatan tambahan.

Kebanyakan blogger keliru mengenai cara memonetasi blog yang mereka miliki. Biasanya mereka hanya fokus pada satu cara, salah satunya melalui Google AdSense.

Padahal kalau kamu mau mencarinya, ada banyak cara menghasilkan uang dari blog selain melalui Google AdSense.

Adapun cara menghasilkan uang dari blog yang lainnya adalah sebagai berikut.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

1. Iklan

Iklan

Iklan

Yaps, salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang paling banyak digunakan oleh para blogger adalah beriklan.

Ketika traffic atau pengunjung blog kamu sudah meningkat, dijamin deh bakal banyak pengiklan yang menghubungi kamu untuk sekedar menanyakan harga pemasangan iklan atau bahkan langsung memasang iklan di blog kamu.

Lalu bagaimana untuk blogger yang memiliki traffic kecil?

Tenang guys, kamu bisa memanfaatkan Google AdSense atau sejenisnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Pendapatan dari Afiliasi

Menjalankan Afiliasi

Menjalankan Afiliasi

Cara menghasilkan uang dari blog selanjutnya adalah melalui pendapatan dari Afiliasi. Pemasukan afiliasi disini berarti kamu bisa memasukan tautan produk orang lain di blog kamu.

Lalu ketika ada orang lain yang membeli produk tersebut dari tautan yang ada di blog kamu, maka kamu bisa mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Terlebih lagi jika kamu memiliki pengunjung yang setia, pastinya setiap ada produk yang di iklankan di blog kamu, para pengunjung kamu pasti ada yang tertarik untuk membeli produk tersebut.

3. Membership Program

Membership Program

Membership Program

Membership Program adalah cara menghasilkan uang dari blog selanjutnya yang bisa kamu terapkan guys. Yaps, sesuai dengan namanya, kamu bisa membuat program member untuk para pengunjung blog.

Ini berarti pelanggan setia blog kamu perlu membayar sejumlah uang langganan baik bulanan maupun tahunan untuk bisa mengakses ke konten premium, layanan komunitas, pelatihan, atau apapun yang kamu berikan untuk para member.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pemasukan dari para pengunjung yang berlangganan ke blog kamu.

4. Produk

Menjual Produk

Menjual Produk

Selain mengiklankan produk orang lain, blog juga bisa digunakan untuk berjualan produk yang kamu miliki loh. Tentunya saat ini yang paling banyak diperjual-belikan oleh para blogger adalah e-book.

Namun selain e-book, kamu bisa mencoba berjualan produk lain seperti software original, peralatan komputer, atau produk lainnya yang memungkinkan untuk dijual.

5. Menjadi Freelance

Menjadi Freelance

Menjadi Freelance

Yaps, kalau kamu hobi banget menulis di website, mungkin kamu bisa mencoba membuka jasa menjadi freelance. Bisa jadi ada perusahaan atau website besar yang melihat jasa yang kamu tawarkan, lalu mencoba untuk menawarkan kamu menjadi freelance.

Tidak perlu pergi ke kantor mereka, kamu cukup bekerja di rumah dan mendapatkan penghasilan dari hasil menulis di blog orang lain atau me-review produk orang lain di blog kamu. Gimana? Enak banget kan?

6. Membuka Donasi

Membuka Donasi

Membuka Donasi

Kamu bisa membuka donasi di blog yang kamu miliki, siapa tau saja ada pengunjung yang mau mendonasikan uang miliknya untuk kemajuan blog kamu.

Tentunya kamu bisa menggunakan uang hasil donasi tersebut untuk lebih meningkatkan performa blog kamu, atau untuk hal lainnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari blog. Tentunya semua hal itu tidak bisa kamu dapatkan secara instan ya guys.

Butuh usaha dan kerja keras untuk menghasilkan pundi-pundi uang melalui blog. Selamat mencoba ya guys! Jangan lupa untuk tetap semangat 🙂

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top