iOS

8 Cara Menghemat Kuota di iPhone (Hemat 10 Kali Lipat)

Home / iOS / Tips / 8 Cara Menghemat Kuota di iPhone (Hemat 10 Kali Lipat)

Cara Menghemat Kuota iPhone

Pastinya kamu nggak mau dong kuota internet di iPhone kamu cepat habis? Lalu, kamu bingung bagaimana cara menghemat kuota internet.

Nah, kebetulan banget nih guys. Kita punya lho cara menghemat kuota internet di iPhone paling ampuh untuk kamu coba. Yuk! Langsung simak artikel ini baik-baik ya guys.

Airy Rooms

Penyebab Kuota Internet iPhone Boros

Nah, buat kamu yang belum tau kenapa kuota kamu cepat habis atau boros. Kita mau kasih tau kamu penyebabnya untuk kamu ya guys.

1. Streaming Video

Cara Download Video Live Streaming Orang Lain di Instagram

Streaming Video

Siapa sih yang tidak suka dengan streaming video YouTube, Facebook, dan yang lainnya. Pasti semua orang suka banget menonton video di sana ya guys.

Tapi kamu harus tau kalau streaming sebuah video itu akan memakan kuota yang teramat banyak lho guys. Jadi wajar saja apabila kuota internet iPhone kamu cepat habis.

2. Streaming Music

Streaming Musik

Streaming lagu favorit di aplikasi pemutar musik. Selain kamu tidak harus menyimpan lagu tersebut, kamu bisa mendengarkan lagu tersebut sesuka kamu lho guys.

Namun, dengan menggunakan aplikasi tersebut akan banyak sekali memakan data internet kamu lho guys.

3. Game Online

Main Game Mobile Legends

Kalau ditanya siapa sih yang enggak suka main game online? Pastinya kamu suka dong dengan main game online seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan yang lainnya.

Siapa sangka kalau game online seperti itu bakalan menyedot kuota kamu begitu banyak dan pastinya akan membuat kuota internet iPhone kamu jadi cepat habis.

4. Video Call (Panggilan Video)

Video Call

Video Call

 

Penyebab yang terakhir adalah video call (panggilan video), di era yang canggih seperti ini kamu tak perlu lagi bertemu orang yang jauh ya guys. Karena dengan fitur ini kamu bisa bertatap muka dengan lawan bicara kamu.

Namun, untuk menggunakan fitur ini kamu membutuhkan banyak sekali kuota internet lho guys.

Cara Menghemat Kuota Internet di iPhone

Setelah kamu mengetahui apa penyebab dari kuota yang boros. Sekarang kita akan memberitau kamu cara menghemat kuota internet tersebut. Langsung saja simak caranya di bawah ini ya guys.

1. Matikan Aplikasi yang Tidak Wajib Terkoneksi Internet

Matikan Aplikasi yang Tidak Wajib Terkoneksi

Matikan Aplikasi yang Tidak Wajib Terkoneksi

Sering sekali kita mengabaikan cara yang satu ini, padahal dengan cara mematikan aplikasi yang tidak wajib terkoneksi sangat penting untuk menghemat kuota internet kamu.

Untuk cara mengaturnya kamu bisa masuk ke Setting > Cellular > Pilih Aplikasi yang ingin kamu matikan. Dengan begitu kamu dapat menghemat kuota iPhone kamu.

2. Matikan Location pada iPhone

Matikan Location Service

Matikan Location Service

Cara menghemat kuota iPhone selanjutnya dengan mematikan fitur Location Service. Karena aplikasi ini akan terus menerus menyedot kuota kamu untuk terus meng-update lokasi kamu.

BACA
Daftar Paket Promo Telkomsel Terbaru November 2018

Namun, sebaiknya kamu mematikan fitur ini apabila tidak membutuhkannya untuk menghemat kuota iPhone kamu. Untuk mematikannya kamu bisa masuk ke Setting > Privacy > Location Service > Turn Off.

3. Matikan Fitur Background App Refresh

Matikan Background App Refresh

Matikan Background App Refresh

Nah, untuk cara yang ketiga kamu bisa mematikan fitur Background App Refresh. Fitur ini menang sangat membantu kamu untuk melakukan kegiatan multitasking.

Fitur ini akan menyedot kuota kamu akibat aplikasi yang tidak kamu gunakan dan lupa kamu hapus. Agar tidak memakan kuota, kamu bisa mematikan fitur ini lho guys.

Untuk cara mematikan fitur ini, kamu bisa pergi ke Setting > General > Background App Refresh.

4. Matikan Auto-Download dengan Data Internet

Matikan iTunes & Apps Store

Matikan iTunes & Apps Store

Cara menghemat kuota internet yang keempat adalah matikan auto-download dengan data internet. Apabila kamu melakukan download secara otomatis, maka akan menyedot kuota kamu dengan deras.

Nah, maka dari itu kamu harus segera mematikan auto-download kamu ya guys. Untuk mematikannya kamu bisa ke Setting > iTunes & App Store > Matikan Use Celluler Data.

5. Matikan Fitur WiFi Assist

Matikan WiFi Assist

Matikan WiFi Assist

Mematikan fitur WiFi Assist memang sangat penting apabila kamu ingin menghemat kuota internet kamu. Pada saat kamu tidak mendapatkan sinyal WiFi lagi, maka iPhone kamu tidak langsung menggunakan Data Internet saat ingin terkoneksi.

Untuk cara mematikannya kamu bisa pergi ke Setting > Cellular > Matikan WiFi Assist. Maka kamu bisa menghemat kuota kamu.

6. Matikan iCloud untuk Data Cellular

Matikan iCloud Drive

Matikan iCloud Drive

Sebaiknya matikan iCloud untuk Data Cellular agar iPhone kamu tidak men-transfer data menggunakan kuota internet dan membuat kuota kamu boros.

Untuk cara mematikannya sangatlah mudah guys, kamu bisa pergi ke Setting > iCloud > Matikan iCloud Drive.

7. Gunakan WiFi

WiFi Gratis

WiFi Gratis

Untuk cara menghemat kuota internet iPhone selanjutnya kamu bisa menggunakan WiFi apabila kamu sedang berada di area yang ada sinyal WiFi-nya.

Dengan begitu kamu bisa menghemat kuota internet kamu tanpa harus takut kehabisan kuota lagi.

8. Matikan Data Internet saat Tidak Digunakan

Matikan Data Cellular

Matikan Data Cellular

Terakhir kamu bisa matikan Data Internet kamu apabila tidak digunakan untuk menghemat kuota internet kamu. Dengan begitu kuota kamu tidak akan tersedot sia-sia saat kamu tidak menggunakannya.

Gimana guys sudah paham untuk cara menghemat kuota internet iPhone kamu? Sangatlah mudah bukan?

Apabila kamu memiliki kritik atau saran untuk artikel ini, kamu bisa tulis di kolom komentar di bawah ini ya guys.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top