Tips

Cara Menguatkan Sinyal GPS yang Lemah di Android

Cara Perkuat SInyal GPS

GPS atau kepanjangan dari Global Positioning System merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk menentukan letak atau lokasi di permukaan bumi. Tentunya dengan bantuan sinyal satelit dan penyelarasan (Synchroniztion).

Biasanya fitur GPS diaktifkan guna untuk mencari lokasi menggunakan Google Maps. Tapi, pernah nggak kamu mengalami kejadian GPS yang error? Wah, kalau seperti itu berarti sinyal GPS kamu melemah gaes. Lantas, bagaimana cara menguatkan sinyal GPS di Android? Yaudah, langsung simak aja gaes!

[irp posts=”10578″ name=”5 Aplikasi GPS Offline Terbaik di Android”]

Takut Nyasar? Begini Cara Perkuat Sinyal GPS!

Nah, buat kamu yang sering menggunakan Google Maps dan sering mengalami kejadian sinyal GPS yang lemah bahkan error. Dari pada nanti nyasar, mending langsung simak aja cara memperkuat sinyal GPS di Android berikut ini.

1. Aktifkan Terus Fitur GPS

Fitur GPS

Aktifkan Terus Fitur GPS

Cara perkuat sinyal GPS yang pertama adalah dengan mengaktifkan fitur GPS secara terus menerus. Hal ini bertujuan agar sinyal GPS tidak terus mencari sinyal GPS dan beradaptasi dengan sinyal GPS saat itu juga.

Memang mengaktifkan fitur GPS secara terus menerus akan membuat baterai cepat habis bahkan bocor.

Tapi, jika kamu membutuhkan sinyal GPS untuk mencari arah atau jalan, ini tidak masalah sama sekali gaes. Asalkan setelah kebutuhan fitur GPS sudah selesai, kamu bisa menonaktifkannya kembali.

Baca Juga: 10 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis, No. 7 Paling Sering Dilakukan

2. Aktifkan Mode Akurasi Tinggi pada GPS

Mode Akurasi GPS

Aktifkan Mode Akurasi Tinggi pada GPS

Cara memperkuat sinyal GPS yang kedua adalah dengan mengaktifkan mode akurasi tinggi pada GPS atau High Accuracy. Fitur ini berguna untuk mendapatkan sinyal GPS yang jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Oh iya, perlu kamu ketahui bahwa fitur GPS terdapat 3 mode yaitu High Accuracy (Akurasi Tinggi), Battery Saving (Hemat Baterai) dan Device Only (Khusus Perangkat).

Nah, jika kamu merasa sinyal GPS melemah, kamu bisa mengaktifkan mode High Accuracy ini gaes. Caranya adalah dengan menarik layar dari atas ke bawah, kemudian tekan dan tahan fitur GPS atau Lokasi. Selanjutnya pilih ‘Mode’ dan setelah itu pilih ‘Akurasi Tinggi’.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Maps (Offline) Tanpa Koneksi Internet

3. Refresh Data GPS Secara Berkala

Restart GPS

Refresh Data GPS Secara Berkala

Cara perkuat sinyal GPS yang ketiga adalah dengan me-refresh data GPS secara berkala. Jika dengan mengaktifkan GPS secara terus menerus tidak menghasilkan sinyal GPS yang kuat, coba deh kamu lakukan refresh data GPS.

Hal ini bertujuan agar sinyal GPS dapat memuat ulang data GPS dan juga mencari ulang data lokasi kamu. Cara refresh-nya juga mudah, kamu hanya perlu menonaktifkan dulu fitur GPS atau Lokasi, kemudian aktifkan kembali fitur GPS tersebut.

Baca Juga: Cara Melacak Seseorang Secara Realtime dengan Google Maps

4. Restart Smartphone Kamu

Restart

Restart Smartphone

Cara memperkuat sinyal GPS yang keempat adalah dengan me-restart smartphone Android kamu terlebih dahulu. Jika cara pada point 1 sampai 3 benar-benar tidak memperkuat sinyal, mungkin cara pintas selanjutnya adalah dengan me-restart smartphone kamu.

Hal ini bertujuan agar fitur GPS juga memuat ulang data dari semula. Selain itu, untuk membersihkan cache yang terdapat pada smartphone kamu gaes!

Jadi, coba deh kamu kamu restart smartphone kamu terlebih dahulu, untuk mendapatkan sinyal GPS yang kuat.

Baca Juga: Cara Memantau Jadwal Bus Transjakarta Pakai Google Maps

5. Menggunakan Aplikasi ‘Active GPS

ActiveGPS

Aplikasi ActiveGPS

Cara memperkuat sinyal GPS di Android yang kelima adalah dengan menggunakan aplikasi ActiveGPS. ActiveGPS merupakan salah satu aplikasi memperkuat sinyal GPS.

ActiveGPS memiliki ukuran sekitar 277KB dan dirancang oleh Anagog. Aplikasi ini mampu membuat sensor GPS aktif dengan 3 mode yaitu lambat, normal dan cepat.

Nah, berikut cara memperkuat sinyal GPS menggunakan aplikasi ActiveGPS:

  • Download dan install aplikasi ActiveGPS di Play Store.
  • Kemudian, jalankan aplikasi dan pilih ‘Settings‘.
  • Setelah itu pilih mode yang kamu inginkan. Contoh ‘Speed‘.
  • Selanjutnya pilih ‘Save‘.

Baca Juga: 10 Aplikasi Prakiraan Cuaca Paling Akurat di Dunia

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara memperkuat sinyal GPS di Android. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top