Tech-Fun!

10 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis, No. 7 Paling Sering Dilakukan

Home / Tech-Fun! / 10 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis, No. 7 Paling Sering Dilakukan

Hallo sobat pintar! Kamu heran nggak sih kenapa baterai baru cepat habis, padahal kamu membeli smartphone-nya yang asli bukan yang KW. Wah! Mungkin selama ini kamu menggunakan smartphone tidak sebagaimana mestinya nih gaes.

Lantas, apa aja sih penyebab baterai smartphone yang cepat habis? Salah satunya kamu terlalu sering menggunakan smartphone untuk membuka media sosial. Nah, ada juga nih penyebab lainnya dan yang paling sering kamu lakukan. Kira-kira apa aja ya?

BACA
10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian

Berikut 10 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara mengatasi baterai smartphone boros. Jadi, simak baik baik yaa gaes..

1. Penggunaan Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Kecerahan Cahaya

Pencerahan Cahaya pada Smartphone

Penyebab yang pertama adalah kamu menggunakan pencerahan cahaya pada smartphone yang terlalu tinggi. Sepele sih gaes, tapi ini salah satu penyebab kenapa baterai smartphone kamu menjadi cepat habis.

Nah, kalau bisa atur pengaturan cahaya menjadi manual aja yaa gaes. Jangan mengatur kecerahan layar menjadi otomatis. Jadi, ketika pada suasana gelap kamu bisa menurunkan kecerahan layar dan begitupun sebaliknya.

Baca Juga: Cara Melindungi Data Pribadi Ketika Smartphone Hilang atau Dicuri

2. Mengaktifkan Fitur Auto Sinkronisasi

Auto-sync

Auto Sinkronisasi

Penyebab yang kedua adalah kamu mengaktifkan fitur auto sinkronisasi. Yap! Fitur ini salah satu penyebab baterai HP boros loh gaes. Karena, akan banyak aplikasi yang akan disinkronisasikan secara otomatis oleh smartphone kamu.

Nah, kalau kamu ingin baterai smartphone kamu awet, cobalah mengaktifkan fitur auto sinkronisasi jika memang diperlukan saja ya gaes.

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone yang Bermasalah

3. Menjalankan Banyak Aplikasi di Latar Belakang

Menjalankan Banyak Aplikasi

Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Penyebab yang ketiga adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone. Nah, ini juga menjadi penyebab smartphone cepat panas dan boros baterai. Karena, biar bagaimanapun aplikasi tersebut akan tetap menyedot daya dari smartphone kamu gaes.

Jadi, mulai sekarang kalau memang sudah tidak dimainkan aplikasinya, lebih baik dikeluarkan atau ditutup aja yaa gaes.

Baca Juga: 6 Ciri Smartphone Android yang Terjangkit Virus

4. Tidak Menonaktifkan Pencarian WiFi

Fitur WiFi

Mengaktifkan Fitur WiFi di Smartphone

Penyebab yang keempat adalah kamu mengaktifkan fitur pencarian WiFi. Ini juga salah satu sebab smartphone kamu cepat panas gaes. Yaa, walaupun tidak tersambung jaringan WiFi manapun tetap saja smartphone akan terus mencari jaringan WiFi hingga tersambung.

Nah, selama WiFi tersambung maupun tidak tersambung tetap saja akan menghabiskan daya baterai smartpone kamu gaes. Jadi, kalau memang udah nggak nyambung sama WiFi putus aja deh, eh salah maksudnya matiin aja fitur pencarian WiFi-nya. Hehee..

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Smartphone Hingga 200%

5. Menggunakan Animasi pada Wallpaper

Wallpaper Animasi

Wallpaper Animasi di Smartphone

Penyebab yang kelima adalah kamu menggunakan wallpaper dalam bentuk animasi atau wallpaper bergerak nih gaes. Wah! Ini sih penyabab baterai jadi boros banget gaes.

Karena, smartphone akan bekerja 2 kali lipat jika kamu menggunakan wallpaper animasi atau wallpaper bergerak, dibandingkan jika kamu menggunakan wallpaper gambar biasa gaes. Jadi, kalau masih menggunakan wallpaper animasi ganti sama wallpaper foto selfie kamu aja deh gaes.

Baca Juga: Pertolongan Penting yang Harus Dilakukan Jika HP Terendam Air

6. Melakukan Pengisian Daya Menggunakan Power Bank

Mencharger Menggunakan Powerbank

Pengisian Menggunakan Power Bank

Penyebab yang keenam adalah kamu melakukan pengisian menggunakan power bank gaes. Yap! Ini juga salah satu penyebab kenapa baterai baru cepat habis dayanya gaes! Karena, tidak semua power bank cocok dengan smartphone kamu.

Oh iya, kamu juga nggak boleh sembarang memilih dan membeli power bank loh gaes. Nah, untuk menghindari baterai smartphone yang cepat boros pilihlah power bank dengan kualitas yang bagus yaa gaes.

Baca Juga: 10 Power Bank yang Cocok untuk Travelling

7. Bermain Smartphone Sambil Dicharger

Bermain Game Dicas

Main Game Sambil Dicharger

Penyebab yang ketujuh adalah kamu bermain game atau media sosial sambil di-charger atau dicas. Jadi gini gaes, saat pengisian arus daya masuk maka arus daya juga harus terpaksa keluar karena kamu bermain game sambil di-charger.

Nah, efek samping lainnya selain baterai cepat boros adalah smartphone jadi mudah panas dan tentunya baterai smartphone akan melembung. Ngaku aja deh! Kamu paling sering melakukan hal ini kan gaes? Yaudah, mulai sekarang berhenti melakukan hal tersebut yaa gaes.

Baca Juga: 10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui

8. Menggunakan Fitur Widget

Widget

Menggunakan Widget di Smartphone

Penyebab yang kedelapan adalah kamu menggunakan widget di homescreen smartphone kamu. Selain membuat baterai cepat boros, menggunakan widget pada homescreen juga akan membuat smartphone kamu menjadi lemot.

Karena, kinerja dari RAM akan menjadi terbagi-bagi. Mulai dari sistem, aplikasi dan juga widget. Jadi, mulai sekarang nggak usah pakai widget yaa gaes untuk mengatasi smartphone yang boros baterai.

9. Tidak Melakukan Update Aplikasi

Perbaharui Aplikasi

Update Aplikasi

Penyebab yang kesembilan adalah kamu tidak melakukan update aplikasi. Loh kok bisa? Bisa dong, karena setiap ada notifikasi update aplikasi, maka aplikasi tersebut juga akan memperbaharui sistem penggunaan baterai terhadap aplikasi itu sendiri.

Nah, jika aplikasi tidak segera di-update ini akan menyebabkan baterai smartphone jadi boros. Karena, kamu masih menggunakan versi yang lama. Jadi, lebih rutin lagi yaa gaes melakukan update aplikasi.

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android (Tanpa Root)

10. Menggunakan Charger dan Kabel USB yang Palsu

Charger dan Kabel USB

Charger dan Kabel USB Palsu

Penyebab yang terakhir atau yang kesepuluh adalah kamu menggunakan charger dan kabel USB yang palsu. Karena, saat pengisian tidak adanya kesesuaian terhadap arus listrik yang masuk ke dalam baterai smartphone kamu.

Selain itu membuat baterai smartphone boros, penggunaan charger dan kabel USB palsu juga akan merusak port USB kamu loh gaes. Ada juga yang mengalami sensitivitas layar yang kurang dan pengisian baterai yang menjadi lebih lama.

Baca Juga: 10 Smartphone dengan Daya Baterai Paling Kuat Sejauh Ini

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan penyebab baterai smartphone boros dan solusinya. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya gaes 🙂

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top