Lifestyle

5 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset

Seperti yang kita ketahui ya gaes, salah satu aksesoris gaming yang wajib dimiliki oleh seorang gamers adalah headphone atau earphone atau hedset. Hal ini bertujuan agar efek musik atau audio yang dihasilkan dari game bisa terasa seperti real atau kenyataan.

Nggak cuma itu aja sih, kehadiran aksesoris tersebut pun bisa digunakan untuk mendengarkan audio di aplikasi pemutar musik maupun video. Makanya nggak heran, kalau hampir semua kalangan memiliki aksesoris tersebut. Berhubung aksesoris tersebut langsung berhubungan dengan telinga, maka kamu perlu merawat telinga yang ekstra!

Nah, pas banget nih, berikut ini kita bakalan bahas cara menjaga kesehatan telinga jika sering memakai headset, earphone maupun headphone. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset/Earphone/Headphone

Eits, tapi sebelum lebih lanjutnya kamu udah tau kan ya perbedaan antara headphone, earphone, headset dan handsfree? Kalau sudah coba dicari tau dulu ya, karena semuanya hampir berbeda walaupun fungsinya sama.

Nah, untuk kali ini pembahasannya hanya cara menjaga kesehatan telinga jika sering memakai headset, earphone maupun headphone. Jadi, langsung aja yuk disimak!

1. Rajin Membersihkan Telinga

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset

Rajin Membersihkan Telinga

Cara menjaga kesehatan telinga yang pertama adalah dengan rajin membersihkan telinga. Seperti yang kita ketahui ya gaes, kalau telinga yang kotor juga bisa mengganggu pendengaran kita, oleh sebab itu kita pun harus rutin membersihkannya.

Cara pun cukup mudah kamu hanya perlu menggunakan cotton buds dan tetes telinga supaya kulit telinga tidak lecet ketika kamu membersihkannya. Apalagi telinga merupakan salah satu anggota tubuh yang lupa dibersihkan saat mandi, makanya kamu harus membersihkannya menggunakan cotton buds.

2. Rajin Membersihkan Headset/Earphone/Headphone

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset

Rajin Membersihkan Headset/Earphone/Headphone

Cara mudah menjaga kesehatan telinga yang kedua adalah dengan rajin membersihkan headset, earphone dan headphone yang sering kamu gunakan. Tujuannya sih supaya aksesoris smartphone tersebut dalam kondisi bersih, jika kotor maka telinga kamu akan ada kemungkinan terserang penyakit, akibat menggunakan headset, earphone atau headphone yang kotor.

Jadi, bukan hanya membersihkan layar HP aja nih, membersihkan headset, earphone dan headphone pun kamu harus hati-hati. Karena, aksesoris tersebut memang sangat sensitif dengan kelembapan. Oleh sebab itu, kamu memerlukan antiseptik dan kain halus untuk membersihkannya gaes.

3. Jangan Berbagai Headset/Earphone/Headphone dengan Orang Lain

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset

Jangan Berbagai Headset/Earphone/Headphone dengan Orang Lain

Cara menjaga kesehatan telinga yang ketiga adalah dengan tidak berbagi headset, earphone maupun headphone kamu kepada orang lain. Meskipun nanti kelihatannya seperti pelit namun ini salah satu hal penting loh gaes untuk menjaga kesehatan telinga kamu.

BACA
6 Manusia dengan Bagian Tubuh Terbesar di Dunia!

Karena, kamu nggak tau orang tersebut memiliki telinga yang bersih atau tidak. Jika tidak maka kamu akan terserang penyakit langka yang paling mematikan di dunia, akibat perpindahan kuman dari orang lain melalui headset, earphone atau headphone tersebut.

4. Jangan Menyimpan Headset/Earphone/Headphone di Tempat Kotor

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset

Jangan Menyimpan Headset/Earphone/Headphone di Tempat Kotor

Cara mudah menjaga kesehatan telinga yang keempat adalah jangan menyimpan headset, earphone atau headphone di tempat kotor. Jika kamu sering banget menaruh headset, earphone atau headphone di tempat yang penuh bakteri seperti toilet mending sekarang dihindari deh gaes.

Soalnya tempat yang penuh dengan bakteri atau kuman bisa saja berpindah ke headset, earphone atau headphone kamu. Sudah dipastikan bisa menjadi sarang penyakit loh! Sama halnya dengan tempat paling gak aman untuk menyimpan smartphone yang salah satunya adalah toilet. Karena, toilet memang terdapat banyak sekali kuman atau bakteri berbahaya.

5. Jangan Kelamaan Menggunakan Headset/Earphone/Headphone

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset

Jangan Kelamaan Menggunakan Headset/Earphone/Headphone

Cara menjaga kesehatan telinga yang terakhir adalah jangan kelamaan menggunakan headset, earphone atau headphone. Nah, ini juga penting banget nih! Mungkin kamu memang senang mendengarkan musik di YouTube maupun aplikasi streaming musik lainnya, seperti Spotify dan lain sebagainya.

Tapi, ketahuilah kalau kamu mendengarkan musik terlalu lama bisa menyebabkan masalah pada telinga kamu. Salah satunya berkurang kualitas pendengaranmu dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, memakai headset, earphone atau headphone. sewajarnya saja ya gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan gimana sih cara menjaga kesehatan telinga jika sering memakai headset / earphone / headphone. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai cara menjaga kesehatan telinga jika sering memakai headset / earphone / headphone ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau gimana sih cara menjaga kesehatan telinga jika sering memakai headset / earphone / headphone. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai cara menjaga kesehatan telinga jika sering memakai headset / earphone / headphone ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top