Intermezzo

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Home / Intermezzo / Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Tau gak? Kalau salah satu cara mendapatkan uang tambahan untuk mahasiswa adalah dengan berbisnis online. Meskipun berbisnis online memerlukan modal, tapi ada loh beberapa ide bisnis online tanpa modal.

“Tapi apakah bisnis online yang tanpa modal, bisa sukses?”

Bisa dong gaes, asalkan kamu yakin dan konsisten ketika menjalankan bisnis online. Nah, pas banget nih! Kali ini kami memberikan beberapa tips atau cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula, berikut ini!

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Buat kamu yang ingin memulai bisnis online dimana kamu tidak mengeluarkan modal, coba deh kamu ikuti tips memulai bisnis online berikut ini!

1. Cari Produk yang Tepat

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Cari Produk yang Tepat

Cara memulai bisnis online yang pertama adalah mencari produk yang tepat. Lebih tepatnya kamu harus mencari produk yang menarik dan diminati saat ini di internet. Biasanya bisnis tanpa modal, untung yang didapatkan hany sedikit, namun tidak masalah.

Karena jika untung yang kamu dapatkan, tapi produk yang kamu jual laris manis, maka kamu tetap akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Apalagi sekarang ada banyak bisnis paling menguntungkan meskipun tanpa modal.

2. Analisa Pasar

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Analisa Pasar

Cara memulai bisnis online berikutnya adalah menganalisa pasar. Sama seperti menjadi dropshipper, untuk menjadi seorang pebisnis kamu harus menganalisa pasar. Mana produk yang diminati saat ini.

Selain itu, produk tersebut laris manis di pasar apa. Misal ada sabun viral di TikTok. Nah, kamu harus menganalisa pasar sabun tersebut di TikTok dan juga media sosial lainnya.

Karena dengan begitu, kamu bisa tau nih strategi apa yang tepat untuk menjalankan bisnis dan kamu bisa meneliti kompetitor agar bisa menyaingi omset penjualannya.

3. Pilih Rekan Bisnis yang Terpercaya

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Pilih Rekan Bisnis yang Terpercaya

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah pilih rekan bisnis yang terpercaya. Yups, jika kamu tidak ingin membangun bisnis sendiri, kamu bisa mengajak keluarga, rekan, kerabat atau pasangan kamu untuk memulai bisnis.

Dengan adanya rekan bisnis ini, tentu pekerjaan kamu akan semakin mudah, karena kamu bisa berbagi tugas. Contohnya kamu menjalankan iklan promosi sedangkan rekan kamu menjalankan desain seperti membuat logo untuk bisnis dan konten promosinya.

4. Buat Rencana dan Strategi

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Buat Rencana dan Strategi

Cara mulai bisnis online berikutnya adalah buat rencana dan strategi. Bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki rencana dan strategi. Maksudnya kamu harus tau nih mau dibawa ke arah mana bisnis kamu.

Caranya dengan membuat rencana, kemudian strategi untuk menjalankan rencana tersebut. Contohnya kamu berencana endorse selebgram, maka kamu atur dulu nih strategi yang tepat, mana produk yang bagus untuk di-endorse dan lain sebagainya.

5. Pilih Media Promosi

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Pilih Media Promosi

Cara mulai bisnis online selanjutnya adalah pilih media promosi yang tepat. Yups, seperti yang kita tau sekarang zaman udah serba digital, jadi bisnis online bukan hanya di media sosial aja tapi kamu bisa mengandalkan platform lain.

Salah satunya dengan menggunakan marketing tools para pebisnis online. Dimana kamu bisa promosi langsung tertaget ke audiens yang tertarik dengan produk yang kamu promosikan tersebut.

6. Buat Foto Produk yang Menarik

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Buat Foto Produk yang Menarik

Cara memulai bisnis online untuk pemula berikutnya adalah buat foto produk yang menarik. Coba deh posisikan diri kamu sebagai calon customer, tentu kamu akan tertarik dengan bisnis online yang menampilkan foto yang tertata rapih, estetik dan menarik bukan?

Nah, makanya saat memulai bisnis online maka tugas kamu harus membuat foto produk terlihat menarik. Tenang! Zaman udah makin canggih kok, jika foto produk kamu kurang bagus, maka kamu tinggal edit aja di aplikasi edit foto.

Jika kamu tidak bisa, maka kamu harus belajar. Pelajari cara mengedit foto produk yang benar dan menarik. Ingat! Untuk menjadi pebisnis online, tidak ada tuh kata libur untuk belajar.

7. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Berikan Pelayanan yang Terbaik

Cara memulai bisnis online untuk pemula selanjutnya adalah berikan pelayanan yang terbaik. Pasti kamu akan senang dong dengan bisnis online yang memiliki customer service yang fast respon? Nah, inilah pelayanan yang harus kamu berikan.

Karena dengan pelayanan yang bagus, biasanya akan terjadi penjualan mulut antar mulut. Dimana mereka puas dengan produk dan pelayanan kamu. Bahkan jika produk yang jual tidak sesuai tapi pelayanannya bagus, maka kamu akan mendapatkan nilai plus.

8. Data Pemasukkan dan Pengeluaran

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Data Pemasukkan dan Pengeluaran

Cara mulai bisnis online untuk pemula berikutnya adalah data semua pemasukkan dan pengeluaran. Yups, hal ini paling sering diabaikan oleh pebisnis pemula. Karena mereka merasa kalau ada pemasukkan berarti untung.

Padahal bisa jadi selama ini kamu berbisnis boncos loh. Makanya kamu harus detail ketika mendata pemasukkan serta pengeluaran. Dengan begitu, kamu bisa tau nih budget untuk iklan dan profit bersih yang didapatkan.

Jika kamu kesulitan mendata pemasukkan serta pengeluaran, kamu bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan. Sehingga dengan begitu, kamu bisa tau apakah bisnis kamu sudah menghasilkan profit atau belum.

9. Rajin Promosi Bisnis

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Rajin Promosi Bisnis

Cara mulai bisnis online untuk pemula berikutnya adalah rajin promosi bisnis. Kenapa? Karena dengan kamu rajin promosi, maka kamu bisa membuat calon customer penasaran dengan apa yang kamu jual.

Promosi tidak harus mengiklan ya gaes, kamu bisa membuat postingan promosi berupa konten di semua media sosial kamu. Selain itu, kamu juga bisa membuat kirim banyak pesan di WhatsApp (broadcast).

10. Terus Evaluasi

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Terus Evaluasi

Cara mulai bisnis online untuk pemula terakhir adalah terus melakukan evaluasi. Sama seperti cara menjadi reseller, untuk menjadi seorang pebisnis yang tanpa modal, maka kamu harus melakukan evaluasi.

Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan kamu dalam menjalankan bisnis. Dengan begitu, kamu bisa mengembangkan bisnis kamu dengan benar karena belajar dari kesalahan.

So, itulah beberapa tips memulai bisnis online untuk pemula. Nah, menurut kamu, apa lagi sih tips mulai bisnis online untuk pemula lainnya? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top