Internet

Cara Tes Kecepatan Internet di Hp & Laptop, 100% Akurat!

Home / Internet / Cara Tes Kecepatan Internet di Hp & Laptop, 100% Akurat!

Cara Tes Kecepatan Internet

Koneksi internet yang ngebut sudah pasti menjadi dambaan bagi semua orang saat ini. Yaps, di zaman yang sudah mengedepankan teknologi saat ini, internet sangat dibutuhkan untuk menunjang beberapa aktivitas sehari-hari seperti belajar online, bekerja, meeting online, bahkan sampai keperluan transaksi sehari-hari.

Nah, untuk mengetahui kecepatan internet di rumah, ada beberapa cara dapat Kamu lakukan untuk mengecek kecepatan internet yang bisa dipraktekkan dengan mudah melalui HP dan PC. Hal ini bisa dibilang wajib untuk diketahui, supaya Kamu dapat menghindari hambatan saat menggunakan internet, baik itu di rumah dengan menggunakan WiFi, atau di luar dengan menggunakan kartu seluler.

Jadi buat Kamu yang penasaran dengan cara tes kecepatan internet, langsung aja simak pembahasan yang telah TipsPintar sediakan pada kesempatan kali ini!

Persiapan Sebelum Cek Kecepatan Internet

Sebelum Kita memasuki inti pembahasan kali ini. Perlu Kamu ketahui, bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengecek kecepatan internet. Nah, kira-kira apa saja ya persiapannya? Berikut penjelasannya!

1. Restart Modem

Restart Modem

Restart Modem

Modem atau router merupakan sebuah perangkat yang berguna untuk menyalurkan koneksi internet baik melalui kabel LAN atau pun WiFi. Nah, dengan me-restart Modem atau Router tersebut, diharapkan yaitu jaringan internet bisa pula kembali seperti sedia kala.

2. Restart Perangkat yang Digunakan

Restart Perangkat

Restart Perangkat

Jika koneksi internet dirasa mulai melambat. cara lain yang bisa Kamu lakukan sebelum cek kecepatan internet, adalah dengan me-restart device yang terkoneksi dengan jaringan internet tersebut. Baik smartphone ataupun PC dapat Kamu restart untuk mengembalikan keadaan jaringan seperti semula.

3. Bersihkan Cache dari Perangkat yang Digunakan

Hapus Cache

Hapus Cache

Pembersihan Cache berfungsi untuk mempermudah kegiatan/aktivitas Kamu dalam menggunakan berbagai perangkat, entah itu Laptop, PC, mau pun HP. Walaupun pada dasarnya Cache berfungsi untuk mempermudah Kamu saat ingin menelusuri internet. Namun, Cache yang terlalu banyak juga bisa membuat koneksi Kamu menjadi lambat.

Oleh sebab itu, penting untuk rutin dalam membersihkan cache pada perangkat digital yang Kamu gunakan.

4. Tutup Program yang Tidak Digunakan

Close Program

Close Program

Selain membersihkan Cache, Kamu juga bisa menutup berbagai program yang sedang terbuka pada HP/PC Kamu. Yaps, membuka banyak program atau aplikasi juga memungkinkan Kamu akan mengalami gangguan jaringan yang amat menyebalkan.

Oleh sebab itu, sebaiknya tutup aplikasi atau program yang sudah tidak Kamu gunakan kembali. Dengan begitul, koneksi internet Kamu akan kembali stabil.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Kamu persiapkan sebelum tes kecepatan internet, baik di HP atau pun PC.

Cara Tes Kecepatan Internet di HP & PC

Kalau tadi Kamu sudah simak hal apa saja yang bisa Kamu persiapkan sebelum tes kecepatan internet, maka kini Kamu perlu mengetahui cara test kecepatan internet di Hp & PC dengan cepat dan mudah.

Penasaran apa saja cara-caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Speedtest.Net

Speedtest.net

Speedtest.net

Cara tes kecepatan internet yang dapat Kamu lakukan pertama, adalah dengan melalui aplikasi speedtest.net. Cara penggunaannya pun juga cukup simpel, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi speedtest.net di PlayStore atau AppStore.
  • Kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Klik “Go” dan pengetesan akan segera dilakukan.
  • Tunggu sampai beberapa saat sampai hasil pengukuran selesai.

Speedtest.net ini bukan hanya bisa diakses melalui aplikasi digital, namun juga bisa diakses melalui browser. Nah, dengan cara ini, Kamu jadi bisa tes kecepatan internet dengan mudah.

2. Meter.net

Meter.net

Meter.net

Di Urutan kedua, Kamu dapat menggunakan Meter.net untuk tes kecepatan internet. Nah, salah satu keunggulan Meter.net ini adalah, Kamu tidak perlu mengunduhnya di ponsel. Di dalamnya sudah ada sejumlah fitur seperti download speed, upload speed, dan ping.

Untuk melakukan tes kecepatan internet hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 detik saja. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu Kamu cukup kunjungi situs Meter.net, lalu klik “Star”.

3. Internet Speed Meter Lite

Internet speed meter lite

Internet speed meter lite

Cara tes kecepatan internet berikutnya adalah dengan melalui aplikasi Internet Speed Meter Lite. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memantau kecepatan internet secara real time. Nah, untuk menggunakan aplikasi ini Kamu harus download terlebih dahulu aplikasi tersebut. Setelah aplikasi terunduh, Kamu bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut, dan secara otomatis data kecepatan internet akan muncul pada notifikasi bar.

4. Speedsmart.net

Speedsmart net

Speedsmart net

Sebagai layanan cek jaringan ternama, Speed Smart menyediakan dua opsi bagi para penggunanya. Kamu bisa mengunduhnya ke perangkat Android atau iOS atau Kamu juga bisa memanfaatkannya melalui situs speedsmart.net.

Speed Smart juga dapat menampilkan download speed, upload speed, IP server, dan provider. Nah, untuk mengecek kecepatan internet, Speed Smart hanya membutuhkan waktu sekitar 40 detik. Situs ini dianggap lebih cepat dan akurat karena memakai HTML5. Berbeda dari layanan lain yang menggunakan Flash atau Java.

5. Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla

Cara lain untuk tes kecepatan internet lainnya, adalah dengan menggunakan Speedtest by Ookla yang juga tersedia secara gratis. Tetapi, Kamu perlu membayar jika ingin memanfaatkannya tanpa iklan. Nahh, di dalamnya terdapat VPN bawaan, yang dapat menunjukkan riwayat hasil tes pada aplikasi serta memperlihatkan hasil peta jaringan seluler yang sehat.

6. Internet Speed Test App

Internet speed test app

Internet speed test app

Aplikasi digital lainnya yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan internet yaitu dengan Internet Speed Test App.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Kamu juga bisa mengetahui informasi kecepatan upload download, dan ping jaringan. Cara untuk tes kecepatan internet melalui aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi tersebut dan gunakan jika pemasangan sudah selesai
  • Lalu klik “Test”
  • Tunggu sampai pengetesan selesai dan informasi kecepatan internet akan muncul di layar smartphone Kamu.

7. Bandwidthplace.com

bandwidthplace

bandwidthplace

Di Urutan ketujuh, Kamu dapat menggunakan situs yang hampir sama seperti Meter.net. Melalui Bandwidthplace ini, Kamu cukup mengunjungi situsnya, lalu klik “Start”. Namun, dalam Bandwith Place, ada fitur yang bernama “Server” yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam memilih lokasi keberadaannya. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi jenis provider apa yang sedang digunakan oleh pengguna tersebut.

8. Speed Test WiFi Analyzer by Analiti

speed test wifi analyzer by analitik

speed test wifi analyzer by analitik

Aplikasi selanjutnya yang dapat Kamu pakai yaitu Speed Test WiFi Analyzer by Analiti. Aplikasi ini tersedia secara gratis. Penggunaan berbayar dapat dilakukan jika Kamu tidak ingin bertemu iklan dan mengakses fitur lain di dalamnya. Sayangnya, aplikasi ini tidak disediakan untuk pengguna iOS.

Informasi didalamnya diberikan secara detail dan disediakan juga analisis WiFi bawaan untuk membantu rincian cakupan di rumah.

9. Fast by Netflix

fast by netflix

fast by netflix

Nah, cara lain yang dapat Kamu coba untuk tes kecepatan internet, adalah dengan Fast by Netflix. Nah, buat Kamu yang bermasalah dengan ruang penyimpanan ponsel. Aplikasi ini membawa Kabar baik, yaitu Fast by Netflix ini tidak memakan banyak memori di smartphone!

Jadi Kamu tidak perlu khawatir akan penyimpanan yang penuh karena mengunduh aplikasi yang satu ini. Nah, di dalam aplikasi ini Kamu bisa mendapatkan informasi kecepatan unggah, IP publik pengguna, serta unloaded dan loaded latency.

Fast by Netflix juga dapat dipakai di Android maupun iOS. Saat menggunakannya, tes kecepatan unduhan juga akan langsung dimulai tanpa Kamu klik “Go”.

10. Speed Test Google

__Speed Test Google

__Speed Test Google

Selain sembilan layanan di atas, Kamu juga bisa mengandalkan salah satu layanan Google terbaik ini. Yaps Google pun juga memiliki layanan untuk memeriksa kecepatan koneksi internet pada WiFi. Untuk mengakses layanan ini, silakan kunjungi Google Search pada browser di HP atau laptop, lalu lakukan pencarian dengan kata kunci “Speed Test”.

Setelah itu, di daftar teratas hasil pencarian Google Search, bakal muncul kolom khusus untuk pengujian kecepatan internet. Klik opsi “Jalankan Uji Kecepatan” pada kolom tersebut dan hasilnya bakal ditampilkan pada pop up halaman informasi baru.

Nah itu dia guys, beberapa cara tes kecepatan internet yang dapat Kamu coba, lengkap dengan persiapan yang dapat Kamu lakukan sebelum melakukan tes kecepatan tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya bagi Kamu!

Jangan lupa untuk like, comment, dan share artikel ini ke teman-teman/kerabatmu yang penasaran dengan cara tes kecepatan internet. Oh iya, kalau Kamu punya saran untuk pembahasan menarik lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ini ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top