Tips

Cara Mendapatkan, Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Cara Cel Poin Telkomsel dan Menukarkannya

Salah satu cara provider Telkomsel membuat penggunanya tetap loyal adalah dengan memberikan poin yang bisa ditukar dengan reward setiap melakukan isi ulang berupa pulsa.

Sayangnya, poin ini tidak bisa didapat kalau kamu membeli paket internet atau promo Telkomsel yang tersedia ya gaes.

Cara Cek dan Tukar Poin Provider Lainnya!

Oh iya, poin ini bisa kamu tukar loh dengan promo poin Telkomsel seperti paket kuota, paket nelpon, paket SMS maupun promo lainnya untuk belanja gaes.

Nah, buat kamu yang menggunakan kartu Telkomsel, langsung aja nih disimak cara mendapatkan, mengecek dan juga menukar poin Telkomsel berikut ini!

Apa itu Telkomsel Poin?

Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Apa itu Telkomsel Poin?

Pasti kamu bertanya-tanya dong “Apa sih itu Telkomsel poin?”.

Telkomsel poin ini merupakan salah satu program yang ditunjukkan kepada pengguna Telkomsel baik itu simPATI, KartuHalo, Kartu As dan LOOP yang loyal.

Poin ini didapatkan pengguna Telkomsel yang bisa ditukar dengan pulsa, reward atau promo lainnya.

Jadi, semakin sering kamu mengisi pulsa Telkomsel, maka akan semakin banyak juga poin yang didapatkan gaes.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kuota VideoMax Telkomsel

Bagaimana Cara Mendapatkan Poin Telkomsel?

Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Cara Mendapatkan Poin Telkomsel

Cara mendapatkan poin Telkomsel kamu hanya perlu mengisi pulsa aja nih gaes.

Nah, buat kamu pengguna kartu As dan simPATI Minimal pulsa yang dibeli adalah Rp50.000,- akan mendapatkan poin sebesar 10 poin berlaku kelipatan.

Akan tetapi, jika kamu membelinya di bawah Rp50.000,- maka kamu tidak akan mendapatkan poin gaes.

Eitts, jangan sedih kamu bisa tetap mendapatkan poin Telkomsel jika terus menerus mengisi ulang pulsa hingga Rp50.000,-.

Contohnya di bulan 1 kamu beli pulsa Rp20.000,- dan bulan kedua kamu membeli pulsa Rp30.000,- maka kamu akan mendapatkan 10 poin Telkomsel.

Sedangkan, untuk kamu pengguna KartuHALO dan LOOP jika kamu mengisi pulsa minimal Rp200.000,- maka akan mendapatkan 80 poin dan pulsa Rp500.000,- akan mendapatkan 200 poin.

Skemanya juga sama dengan kartu As dan simPATI. Jika kamu terus-menerus mengisi ulang pulsa hingga mencapai Rp200.000,- maka kamu akan dapat 80 poin Telkomsel gaes.

Baca Juga: Cara Transfer Pulsa Telkomsel Terbaru!

Cara Mengecek Poin Telkomsel

Nah, kan sebelumnya kamu udah tau nih cara mendapatkan poin Telkomsel. Sekarang saatnya kamu cek sisa berapa sih poin Telkomsel milikmu, untuk cara mengeceknya juga ada 3 cara loh. Jadi, simak aja yuk caranya berikut ini!

1. Cara Cek Poin Telkomsel Melalui SMS

  • Pertama, caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetik ‘Poin‘ > Lalu kirim SMS tersebut ke 777. Contohnya seperti contoh gambar berikut ini!
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

SMS ‘POIN’ ke 777

  • Kedua, setelah itu tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan SMS konfirmasi berupa jumlah poin Telkomsel kamu. Contohnya seperti gambar berikut ini!
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

SMS Jumlah Poin Telkomsel

2. Cara Cek Poin Telkomsel Melalui Dial/UMB

  • Pertama, ketik *700# dan lakukan panggilan seperti biasa di HP kamu gaes.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Ketik ‘*700#’

  • Kedua, setelah itu kamu ketik angka ‘1‘ untuk memilih ‘Cek Poin‘. Jika sudah tap tombol ‘SEND‘.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih Angka ‘1’ untuk Cek Poin

  • Ketiga, berikutnya kamu ketik angka ‘1‘ kembali untuk memilih ‘Cek Jumlah Poin‘. Jika sudah kamu tinggal tap tombol ‘SEND‘.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih Angka ‘1’ untuk Mengecek Jumlah Poin

  • Ketiga, setelah itu tunggu beberapa saat sampai provider mengirimkan SMS konfirmasi yang isinya jumlah poin Telkomsel kamu. Contohnya seperti gambar berikut ini!
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

SMS Jumlah Poin Telkomsel

3. Cara Cek Poin Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel

  • Pertama, download dan install aplikasi ‘MyTelkomsel‘ di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Aplikasi MyTelkomsel

  • Kedua, setelah itu jalankan aplikasi dengan memasukkan nomor Telkomsel kamu, jika sudah tap tombol ‘Lanjut> Lalu tunggu SMS yang berisi 4 angka verifikasi. Jika sudah menerimanya langsung saja kamu masukkan dan tap tombol ‘Verifikasi‘.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Memasukkan Nomor Telkomsel

  • Pada halaman utama aplikasi MyTelkomsel langsung terlihat jumlah poin Telkomsel kamu gaes. Tepatnya di bawah nomor kamu, contohnya seperti gambar berikut ini!
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Jumlah Poin Telkomsel

Baca Juga: Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel dengan Mudah!

Cara Menukarkan Poin Telkomsel

Nah, kamu kan sudah tau nih cara mendapatkan dan mengecek Telkomsel poin. Sekarang kita bahas yuk cara menukarkan poin Telkomsel. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

1. Cara Tukar Poin Telkomsel Menjadi Kuota

  • Pertama, buka aplikasi MyTelkomsel > Kemudian tapPoin Telkomsel‘ kamu > Lalu scroll ke bawah dan tapTelko‘.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih ‘Telko’

  • Kedua, kamu pilih paket kuota yang ingin kamu tukar > Lalu kamu tapTukar 100 POIN‘.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih ‘Tukar 100 POIN’

  • Ketiga, setelah itu kamu tap tombol ‘Tukar POIN‘ dan tunggu proses penambahan kuota gaes. Jika berhasil maka kuotanya akan bertambah.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih ‘Tukar POIN’

2. Cara Tukar Poin Telkomsel Menjadi Pulsa Nelpon

  • Pertama, kamu buka aplikasi MyTelkomsel > Lalu tapPoin Telkomsel‘ kamu > Selanjutnya scroll ke bawah dan tapTelko‘.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih ‘Telko’

  • Kedua, setelah itu pilih paket pulsa nelpon yang kamu inginkan. Pada contoh gambar berikut ini memilih paket pulsa ‘Nelpon 30 menit malam‘. Jika sudah memilih kamu tap tombol ‘Tukar 70 Poin‘.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih Paket Pulsa Nelpon 30 Menit

  • Ketiga, jika kamu yakin untuk menukar poinnya, kamu bisa tap tombol ‘Tukar POIN‘ dan tunggu proses penukaran sampai selesai. Jika berhasil maka pulsa nelpon kamu akan bertambah. Contohnya seperti gambar berikut ini.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih ‘Tukar POIN’

3. Cara Tukar Poin Telkomsel Menjadi Pulsa SMS

  • Pertama, masih sama kamu harus membuka aplikasi MyTelkomsel > Kemudian tapPoin Telkomsel‘ kamu > Lalu scroll ke bawah dan tapTelko‘.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih ‘Telko’

  • Kedua, berikutnya kamu pilih paket pulsa SMS yang ingin ditukar. Sebagai contohnya gambar berikut ini memilih paket pulsa ‘300 SMS‘. Jika sudah memilih kamu bisa tap tombol ‘Tukar 50 POIN‘.
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih ‘Tukar 50 POIN’

  • Ketiga, setelah itu kamu tap tombol ‘Tukar POIN‘ untuk menukar poin Telkomsel dengan paket pulsa SMS Telkomsel > Lalu kamu tunggu proses penukarannya sampai selesai. Jika berhasil maka paket pulsa SMS Telkomsel kamu akan bertambah. Contohnya seperti gambar berikut ini!
Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Pilih ‘Tukar POIN’

CATATAN!

  • Paket untuk menukar poin ini bisa berubah-ubah tanpa sepengetahuan pengguna Telkomsel terlebih dahulu.

Penyebab Tidak Bisa Menukar Poin Telkomsel dan Cara Mengatasinya!

Nah, buat kamu yang nggak bisa menukar poin Telkomsel, bisa langsung disimak aja nih penyebabnya apa dan juga cara mengatasinya berikut ini!

1. Poin Telkomsel Sudah Kadaluarsa

Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Poin Telkomsel Sudah Kadaluarsa

Penyebab poin Telkomsel kamu tidak bisa ditukar yang pertama adalah karena poin Telkomsel kamu sudah masa kadaluarsa.

Ternyata, poin Telkomsel juga sama loh dengan pulsa ada masa berakhirnya gaes. Jadi, ada beberapa poin yang hanya bisa digunakan sampai batas waktu yang sudah ditentukan.

Oleh sebab itu, kalau kamu mendapatkan poin Telkomsel lebih baik langsung ditukar dengan paket yang tersedia ya!

2. Paket yang Ditukar Sudah Tidak Tersedia

Cara Mengecek dan Menukar Poin TelkomselCara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Paket yang Ditukar Sudah Tidak Tersedia

Penyebab yang kedua adalah paket yang akan ditukar sudah tidak tersedia. Nah, ini juga bisa menjadi salah satu penyebab utamanya gaes.

Ada kemungkinan paket tersebut sudah mencapai limit pengguna yang ingin menukarnya. Jadi, ketika kamu akan menukarnya sudah tidak bisa atau batas penukaran sudah penuh.

Kalau sudah begini, lebih baik kamu memilih paket penukar poin Telkomsel yang lain aja ya gaes.

3. Poin Telkomsel Kamu Kurang dari Total Penukaran

Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Poin Telkomsel Kamu Kurang dari Total Penukaran

Penyebab Telkomsel poin kamu tidak bisa ditukar yang ketiga adalah karena poin Telkomsel kamu kurang dari total penukarannya.

Misalkan paket internet 1 GB harus menukar 500 poin, tapi kamu hanya memiliki 100 poin saja. Nah, poin tersebut tidak akan bisa ditukar.

Jadi, pastikan poin yang ingin kamu tukar sudah mencukupi ya. Cara menambah poin Telkomsel juga kamu hanya perlu mengisi ulang pulsa aja loh gaes.

4. Kartu Telkomsel Sudah Masa Tenggang

Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Kartu Telkomsel Sudah Masa Tenggang

Penyebab selanjutnya adalah karena kartu Telkomsel kamu sudah masa tenggang. Nah, ini buat pengguna yang memiliki banyak poin Telkomsel tapi kartu masih dalam masa tenggang juga gak akan bisa ditukar gaes.

Untuk menukarnya kamu harus membeli pulsa terlebih dahulu agar kartu kamu dalam status aktif atau tidak dalam masa tenggang.

Oh iya, pastikan juga kartu Telkomsel kamu sudah diregistrasi ulang ya. Kalau kamu belum tau caranya bisa baca artikel tentang cara registrasi kartu Telkomsel aja.

5. Koneksi Internet HP Kamu Bermasalah

Cara Mengecek dan Menukar Poin Telkomsel

Koneksi Internet HP Kamu Bermasalah

Penyebab tidak bisa menukar poin Telkomsel berikutnya adalah karena koneksi internet HP kamu bermasalah.

Permasalahan ini tidak terlalu berat kok gaes, kamu hanya perlu mencari sinyal yang kuat atau menggunakan aplikasi penguat sinyal. Supaya mendapatkan koneksi yang stabil.

Oh iya, jangan lupa juga untuk setting APN kartu Telkomsel kamu agar bisa digunakan di jaringan internet yang kuat gaes!

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau dong cara cek poin Telkomsel, mendapatkan dan menukarkan poinnya dengan mudah?

Oh iya, kalau teman kamu menggunakan Telkomsel juga, boleh banget nih di-share, supaya mereka juga tau cara cek poin Telkomsel.

Nah, kalau kamu punya cara cek poin Telkomsel yang lainnya atau kritik saran, boleh juga loh tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Telkomsel Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top