Tech-Fun!

5 Dampak Negatif dari Teknologi Metaverse (Hati-Hati!)

Home / Tech-Fun! / 5 Dampak Negatif dari Teknologi Metaverse (Hati-Hati!)

Dampak Negatif dari Teknologi Metaverse

Akhir-akhir ini dunia dihebohkan dengan teknologi Metaverse. Yups, Metaverse ini merupakan ruang dimana pengguna bisa terlibat di dalamnya dengan menggunakan bantuan perangkat. Bisa dikatakan Metaverse ini adalah Universe Digital.

Nah, untuk menikmati teknologi tersebut pengguna diharuskan menggunakan perangkat Virtual Reality (VR). Meski kedengarannya sangat menarik, teknologi ini berdampak buruk juga loh gaes!

Pas banget nih! Berikut ini beberapa dampak buruk dari teknologi Metaverse.

Ini Dampak Negatif dari Teknologi Metaverse Meskipun Canggih

Buat kamu yang belum tau dampak buruk dari Metaverse, kamu bisa simak baik-baik poin berikut ini ya!

1. Kebocoran Privasi

Dampak Negatif dari Teknologi Metaverse

Kebocoran Privasi

Dampak negatif dari teknologi Metaverse yang pertama adalah kebocoran privasi. Semakin banyaknya platform media sosial maka akan semakin banyak juga pengguna yang kerap membagikan fotonya.

Hal tersebut tentu akan mengganggu privasi, karena teknologi Metaverse ini akan membuat privasi kamu tergerus. Maksudnya, kamu tidak akan memiliki privasi dimana kehidupan kamu akan diketahui oleh publik dengan mudah.

Oleh sebab itu, kamu perlu menjaga privasi di media sosial. Tujuannya agar semua data-data penting kamu aman dari kebocoran data atau privasi.

2. Resiko Terkena Kejahatan Siber

Dampak Negatif dari Teknologi Metaverse

Resiko Terkena Kejahatan Siber

Dampak negatif dari teknologi Metaverse berikutnya adalah resiko terkena kejahatan siber. Semakin canggih teknologi maka akan semakin marak juga kejahatan siber baik itu penganiayaan dan kekerasan. Karena ada kasus pertama saat uji coba Metaverse.

Seorang wanita bernama Nina Jane Patel mengalami pelecahan di Metaverse. Jadi, bukan tidak mungkin organisasi hacker terkenal di dunia tidak melakukan kejahatan juga di Metaverse kan?

3. Resiko Terkena Penyakit

Dampak Negatif dari Teknologi Metaverse

Resiko Terkena Penyakit

Dampak negatif dari teknologi Metaverse selanjutnya adalah resiko terkena penyakit. Seperti yang kita ketahui, teknologi Metaverse menggunakan perangkat VR (Virtual Reality) dimana perangkat tersebut dipasang pada kepala dan menutup mata.

Sehingga jika digunakan secara terus-menerus akan berdampak pada kesehatan. Akibatnya kamu bisa saja terkena penyakit. Salah satunya penyakit langka pada otak manusia.

Dimana hal tersebut bisa saja disebabkan karena terkena radiasi yang dihasilkan dari perangkat VR tersebut. Oleh sebab itu, kamu harus bijak ketika menggunakan teknologi Metaverse ya, agar mengurangi terpapar dari radiasi barang elektronik.

4. Membuat Kecanduan

Dampak Negatif dari Teknologi Metaverse

Membuat Kecanduan

Dampak negatif teknologi Metaverse berikutnya adalah membuat pengguna menjadi kecanduan. Sama seperti kecanduan dari media sosial, pengguna Metaverse pun akan berpotensi menjadi kecanduan dimana mereka akan menggunakannya terus-menerus.

5. Kehidupan Sosial Memburuk

Dampak Negatif dari Teknologi Metaverse

Kehidupan Sosial Memburuk

Dampak negatif teknologi Metaverse terakhir adalah kehidupan sosial memburuk. Seperti yang dibahas di point sebelumnya, teknologi Metaverse ini akan membuat penggunanya menjadi kecanduan dan akan berdampak pada kehidupan nyata.

Meski ada manfaat memiliki teman baru di media sosial, tapi hal tersebut bisa membuat si pengguna akan mengabaikan kehidupan nyatanya dan menjadi jarang berinteraksi sosial. Padahal sejatinya manusia merupakan makhluk sosial.

So, itulah beberapa dampak negatif dari teknologi Metaverse. Nah, menurut kamu apa lagi sih dampak negatif teknologi Metaverse? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top