Tech-Fun!

6 Tips untuk Menjaga Privasi Media Sosial dari Stalker

Tips untuk Menjaga Privasi Media Sosial

Seperti yang kita ketahui, kalau saat ini sudah banyak sekali aplikasi stalker yang bisa melacak akun media sosial kamu. Ada berbagai alasan kenapa orang menguntit kamu di media sosial, mungkin karena memang ia merupakan seorang peretas atau hacker.

Apalagi ada banyak situs untuk belajar hacking yang ada di internet, dengan begitu siapapun bisa meretas situs, sistem bahkan media sosial sekalipun. Oleh sebab itu, untuk menghindari informasi yang sering dicuri hacker seperti halnya privasi. Maka kamu harus menjaga dan mencegahnya.

Nah, berikut ini tips untuk menjaga privasi media sosial agar tidak dihack maupun diuntit oleh stalker!

Awas Stalker! Ini Tips untuk Menjaga Privasi Media Sosial Kamu

Kalau kamu pengguna aktif media sosial dan merasa privasi kamu diganggu, coba ikuti tips berikut ini!

1. Aktifkan Mode Private

Tips untuk Menjaga Privasi Media Sosial

Aktifkan Mode Private

Tips untuk menjaga privasi media sosial yang pertama adalah dengan mengaktifkan mode private. Ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menjaga privasi baik informasi maupun postinganmu. Poin ini juga menjadi salah satu tips menghindari terkena serangan hacker.

Karena, dengan mengaktifkan mode privasi maka kamu akan mengurangi interaksi orang lain terhadap akun media sosialmu. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa bermain media sosial deh gaes.

2. Seleksi Permintaan Pertemanan

Tips untuk Menjaga Privasi Media Sosial

Seleksi Permintaan Pertemanan

Tips menjaga privasi media sosial yang kedua adalah dengan seleksi permintaan pertemanan. Nah, ini juga gak kalah pentingnya nih! Biar privasi maupun informasi yang kamu sertakan di media sosial aman, lebih baik saat ada permintaan pertemanan kamu pilih-pilih aja gaes.

Karena, buat apa juga kamu menerima permintaannya sedangkan tidak mengenalnya. Jika kamu menerima pertemanan media sosialnya dan kemudian kamu risih dengan postingannya, maka kamu akan repot sendiri untuk memblokir teman di Facebook, Instagram, Twitter maupun media sosial lainnya.

3. Jangan Login Menggunakan Akun Media Sosial

Tips untuk Menjaga Privasi Media Sosial

Jangan Login Menggunakan Akun Media Sosial

Tips untuk menjaga privasi media sosial yang ketiga adalah jangan login atau sign up menggunakan akun media sosialmu. Yups, pasti kita sering dong berkunjung di situs atau menggunakan aplikasi baru. Biasanya mereka akan meminta kamu untuk membuat akun terlebih dahulu.

Akan sangat repot sekali untuk membuat akun baru, platform pun menyediakan sign up dengan menggunakan akun media sosial. Jadi, kamu tinggal login aja, langsung deh otomatis membuat akun baru.

Namun, hal ini tentu akan sangat berbahaya sekali. Karena, dengan demikian mereka akan tau username serta password akun media sosialmu. Cara ini sering banget digunakan oleh anggota organisasi hacker untuk bisa meretas akun media sosial orang loh gaes!

4. Jangan Sembarangan Klik Link

Tips untuk Menjaga Privasi Media Sosial

Jangan Sembarangan Klik Link

Tips menjaga privasi media sosial yang keempat adalah jangan sembarangan klik link. Tentu, kamu tau dong apa itu phising? Yups, teknik phising ini gak hanya terdapat di email aja. Tapi, bisa juga ada di messanger media sosialmu. Phising ini berupa link.

Jika link ini kamu klik maka bisa saja langsung mengakses jaringanmu, akun media sosialmu, dan lain sebagainya. Jadi, jangan coba-coba untuk klik link sembarangan ya! Selain itu, kamu juga harus tau ciri-ciri link atau email phising.

5. Gunakan Password yang Berbeda pada Setiap Akun Media Sosial

Tips untuk Menjaga Privasi Media Sosial

Gunakan Password yang Berbeda pada Setiap Akun Media Sosial

Tips untuk menjaga privasi media sosial yang terakhir adalah dengan menggunakan password yang berbeda pada setiap akun media sosialmu. Mengapa demikian? Karena, ketika kamu menyamakan semua password media sosial dan sewaktu-waktu salah satu akun media sosialmu dihack, maka hacker akan meretas akun media sosial yang lain.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk rutin mengganti password media sosial. Alasan harus rutin ganti password media sosial adalah untuk mencegah hacker ngetrack kamu di media sosial dan mengelabui hacker juga gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan gimana sih tips untuk menjaga privasi media sosial. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai tips untuk menjaga privasi media sosial ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan manusiatips untuk menjaga privasi media sosial. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai tips untuk menjaga privasi media sosial ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top