Intermezzo

5 Binatang yang Jadi Inspirasi untuk Teknologi Canggih

Binatang yang Jadi Inspirasi untuk Teknologi Canggih

Seperti yang kita ketahui, kalau sudah ada bayangan dari teknologi canggih di masa depan. Teknologi canggih ini diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia di bidang apapun itu.

Tapi, tau kah kamu ternyata ada loh binatang yang jadi inspirasi untuk pembuatan teknologi canggih. Mungkin karena ada beberapa hewan yang memiliki tubuh seperti manusia, memiliki fungsi yang tidak ada di manusia dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu dijadikan inspirasi para peneliti. Nah, berikut ini beberapa binatang yang jadi inspirasi untuk teknologi canggih!

Berikut Binatang yang Jadi Inspirasi untuk Teknologi Canggih!

Mungkin nantinya ada binatang lainnya seperti berikut ini yang bisa dijadikan inspirasi untuk pembuatan teknologi yang bisa ditanam di dalam tubuh manusia.

Eits, tapi kita gak membahas itu ya gaes. Kali ini hanya membahas binatang yang dijadikan inspirasi teknologi aja. Jadi, simak baik-baik ya!

1. Lebah

Binatang yang Jadi Inspirasi untuk Teknologi Canggih

Lebah

Binatang yang jadi inspirasi untuk teknologi canggih yang pertama adalah Lebah. Yups, salah satu peneliti di universitas dengan jurusan IT terbaik dunia yaitu Standford University dan Cole Polytechinuque de Lausanne Swiss, ternyata menciptkan teknologi drone micro.

Teknologi drone micro ini berbentuk seperti lebah dan memiliki kekuatan yang sangat luar biasa karena bisa membuka pintu yang beratnya bisa mencapai 40 kali dari berat badannya. Adapun fitur tersebut dinamakan FlyCroTugs gaes.

2. Sayap Burung

Binatang yang Jadi Inspirasi untuk Teknologi Canggih

Sayap Burung

Binatang yang jadi inspirasi untuk pembuatan teknologi canggih yang kedua adalah sayap burung. Yups, sayap burung yang selama ini kita lihat ternyata memiliki bilah-bilah. Bilah-bilah tersebut berfungsi untuk mengerem ketika sedang terbang.

Nah. bilah-bilah tersebut kemudian diimplementasikan menjadi sayap pesawat terbang yang tentunya berfungsi untuk rem di udara supaya bisa mencegah pesawat mogok maupun kecelakaan pesawat. Sayap pada burung juga berfungsi untuk menyimbangkan tubuh, sama seperti bentuk pesawat yang kita gunakan.

3. Lumba-Lumba

Binatang yang Jadi Inspirasi untuk Teknologi Canggih

Lumba-Lumba

Binatang yang jadi inspirasi untuk teknologi canggih yang ketiga adalah lumba-lumba. Tau gak sih gaes? Ternyata hewan lucu dan menggemaskan ini dijadikan inspirasi peneliti dan ilmuwan untuk membuat kapal selam, sehingga kita bisa melihat hewan laut misterius lainnya.

Lumba-lumba menginspirasi karena memiliki sonar yang digunakan sebagai navigasi saat berenang. Kemudian ilmuwan membuat sonar yang serupa dengan memancarkan suara pada frekuensi tertentu saja.

Jadi, gelombang sonar ini ketika mengenai benda padat maka akan memberikan informasi. Adapun informasi yang didapat antara lain bentuk, jarak, ukuran dan lain sebagainya. Makanya gak heran kalau kapal selam bisa berjalan dengan aman di bawah laut.

4. Burung Hantu

Binatang yang Jadi Inspirasi untuk Teknologi Canggih

Burung Hantu

Binatang yang jadi inspirasi untuk pembuatan teknologi canggih yang keempat adalah burung hantu. Nah, kalau hewan yang beraktifitas di malam hari ini pun tidak luput dijadikan inspirasi para ilmuwan. Adapun teknologi yang terinspirasi dari burung hantu adalah ruangan kedap suara.

Seperti yang kita ketahui kalau burung hantu bisa menyerang mangsanya dengan mudah dan tanpa terdengarnya pergerakan. Hal ini disebabkan karena bulu burung hantu tercipta dengan belahan yang kecil dan serat yang tidak bisa dilalui udara.

Sehingga, tidak adanya udara yang masuk ke dalam yang menyebabkan terdengarnya suara saat sedang bergerak. Kemudian terciptalah ruangan kedap suara yang ternyata terinspirasi dari burung hantu.

5. Migrasi Burung

Binatang yang Jadi Inspirasi untuk Teknologi Canggih

Migrasi Burung

Binatang yang jadi inspirasi untuk teknologi canggih yang terakhir adalah migrasi burung. Pasti kamu pernah dong melihat sekumpulan burung yang sedang melakukan imigrasi di langit. Nah, karena kegiatan migrasi burung inilah terciptanya GPS.

GPS yang digunakan pada aplikasi Maps ini bertujuan untuk petunjuk magnet bumi. Karena, memang burung merupakan salah satu hewan yang sangat peka terhadap magnet bumi. Sehingga terciptanya peta yang kita gunakan sekarang gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih binatang yang jadi inspirasi untuk pembuatan teknologi canggih. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai beberapa binatang yang jadi inspirasi untuk pembuatan teknologi canggih ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih binatang yang jadi inspirasi untuk pembuatan teknologi canggih. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai beberapa binatang yang jadi inspirasi untuk pembuatan teknologi canggih ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top