Tech-Fun!

10 Dampak Mengerikan Jika Terlalu Sering Buka Sosial Media

Home / Tech-Fun! / 10 Dampak Mengerikan Jika Terlalu Sering Buka Sosial Media

Dampak sering menggunakan media sosial

Hayyy gaes!! Pasti kamu punya akun sosial media kan? Pastinya doong! Sosial media merupakan media internet untuk berbagi status, foto bahkan video.

Tapi, kamu semua udah tau belum kalau sosial media juga memberikan dampak negatif bagi kehidupan sehari-hari kamu. Kira-kira apa aja ya?

Airy Rooms
BACA
10 Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial (Cara Baru 2017)

Jangan Sering Main Sosial Media, Jika Tidak Mau Seperti Ini!

Sosial media bermacam-macam saat ini yaa gaes, contohnya Instagram, Facebook, Twitter dan YouTube dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang sering main sosial media, mending baca ini baik-baik deh! Biar nggak kejadian di kehidupan sehari-hari kamu.

1. Menjadi Anti Sosial

Anti Sosial

Menjadi Anti Sosial

Dampak menggunakan sosial media yang pertama adalah menjadi orang yang anti sosial. Anti sosial merupakan perilaku seseorang yang tidak mau bersosialisasi.

Nah, biasanya pelaku anti sosial ini jarang memperhatikan sekitarnya dan juga tidak memperhatikan apa yang orang lain bicarakan.

Bahayanya jika kamu menjadi anti sosial, kamu akan dijauhi teman-teman dan pastinya kamu tidak akan memiliki teman untuk diajak bergaul bersama.

Baca Juga: 10 Tips Jualan Online di Media Sosial Agar Cepat Laku

2. Kecanduan atau Ketergantungan

Ketergantungan Media Sosial

Kecanduan Media Sosial

Dampak sering main sosial media yang kedua adalah menjadi kecanduan atau ketergantungan media sosial.

Jika kamu sudah kecanduan sosial media ini sudah bahaya banget gaes! Kenapa? Karena, kamu akan tidak bisa jauh-jauh dari smartphone kamu.

Selain itu, kamu akan terus-menerus update semua kegiatan kamu di sosial media. Saking seringnya, kamu nggak mau ketinggalan update terus di sosial media.

Baca Juga: 10 Daftar CEO Teknologi Terbaik di Dunia, No. 6 Sangat Menginspirasi

3. Hilangnya Privasi

Privasi Hilang

Hilangnya Privasi

Dampak mengerikan bermain sosial media yang keempat adalah hilangnya privasi kamu. Maksudnya adalah semua kegiatan atau keseharian kamu diketahui banyak orang.

Apalagi jika kamu terlalu sering update di sosial media, sudah pasti kamu akan dianggap spam oleh semua pengikut di akun sosial media kamu.

Jadi, jangan terlalu mengumbar privasi kamu di sosial media yaa gaes!

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang CEO Facebook, Mark Zuckerberg. No. 7 Wajib Ditiru!

4. Menjadi Pribadi yang Mudah Cemburu

Cemburu Sosial

Menjadi Orang yang Mudah Cemburu

Dampak sering menggunakan sosial media yang keempat adalah kamu akan menjadi orang yang mudah cemburu atau yang biasa disebut kecemburuan sosial.

Kecemburuan sosial adalah suatu prilaku iri hati atau membandingkan segala sesuatu yang dimiliki oleh orang lain.

Kecemburuan sosial ini akan mengakibatkan perbandingan kelas sosial. Maksudnya akan ada perbandingan kelas sosial antara si kaya dan si miskin atau lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik CEO Alibaba ‘Jack Ma’, No. 4 Bisa Ditiru

5. Menjadi Depresi atau Stress

Menjadi Depresi

Menjadi Stress

Dampak negatif menggunakan sosial media yang kelima adalah kamu akan lebih mudah stress atau depresi.

Yap! Jika kamu kalah saing dengan pengikut sosial media yang lain, sudah pasti kamu akan pusing bagaimana cara untuk mengalah orang tersebut.

Selain itu, kamu juga sering kan stalking mantan kamu di sosial media? Kalau yang ini kurang-kurangin deh gaes, daripada kamu semakin stress karena mantan kamu punya pacar barunya. Mending cari pacar baru aja, biar gak kalah sama mantan kamu.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik CEO Amazon ‘Jeff Bezos’ yang Kalahkan Kekayaan Bill Gates

6. Kesehatan Menjadi Turun

Kesehatan Menjadi Menurun

Kesehatan Menurun

Dampak mengerikan sering main sosial media yang keenam adalah kesehatan kamu mudah menurun. Mengapa begitu? Karena, ketika kamu sering main sosial media kamu akan lupa makan, lupa waktu bahkan lupa ibadah.

Akibatnya kamu akan mudah sakit karena tidak memperhatikan kesehatan kamu. Selain itu, batin dan rohani kamu juga akan mudah menurun, karena kamu lupa untuk beribadah kepada Tuhan.

Jadi, kurang-kurangi main media sosial yaa gaes! Ingat makan, ingat waktu, ingat ibadah dan juga ingat aku! Hehehe nggak deh, bercanda gaes!

Baca Juga: 10 Tempat Paling Gak Aman untuk Simpan Smartphone, No. 2 Paling Ngeri!

7. Terjadinya Fitnah Dimana-mana

Fitnah atau Gosip

Terjadinya Fitnah Dimana-Mana

Dampak sering bermain sosial media yang ketujuh adalah terjadinya fitnah dimana-mana. Fitnah ini bisa dikatakan gosip ya gaes.

Nah, sama seperti point ke-3 mengenai privasi, setiap update-an kamu akan menjadi perbincangan publik, yang artinya akan semakin banyak gosip-gosip diluar sana mengenai update-an kamu di sosial media.

Jadi, gunakan sosial media seperlunya aja yaa gaes! Jangan berlebihan apalagi sampai memgumbar privasi kamu.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Aneh Orang Indonesia Saat Punya Smartphone Baru

8. Terjadinya Bullying

Cyber Bullying

Terjadinya Bullying

Dampak negatif jika sering main sosial media yang kedelapan adalah terjadinya bullying atau yang dalam dunia internet disebut cyber-bullying.

Cyber-bullying adalah suatu tindakan kekerasan atau kejahatan di internet maupun sosial media. Biasanya cyber-bullying banyak dialami oleh anak dibawah umur atau remaja.

Pelaku bullying akan melakukan berbagai cara untuk menjelekkan kamu di sosial media. Mulai dari komentar, posting foto aib kamu bahkan membicarakan kamu di depan umum.

Efek dari bullying ini biasanya akan membuat si korban menjadi stress bahkan akan takut keluar rumah untuk bersosialisasi dengan orang sekitar bahkan sampai ada yang melakukan bunuh diri loh gaes!

Baca Juga: 10 Cara Smartphone Merusak Tubuh Kamu, Nomer 6 Paling Sadis!

9. Menjadi Mudah Boros

Boros Belanja

Menjadi Mudah Boros

Dampak negatif sosial media adalah kamu akan menjadi orang yang boros. Seperti yang sudah dikatakan di point ke 2, kecemburuan sosial akan menjadi kamu orang yang nggak mau kalah dengan yang lain.

Nah, ketika pengikut sosial media kamu mengenakan atau memiliki barang mewah, sudah pasti kamu tidak akan mau kalah dan akhirnya kamu ikut membeli barang mewah yang lebih dari orang tersebut.

Hal inilah yang menyebabkan pengguna sosial media menjadi mudah boros. Huuuu… sampe segitunya yaa gaes!

Baca Juga: 10 Cara Cepat Jadi Selebgram yang Sukses

10. Mudahnya Terjadi Pembajakkan

Sadap Media Sosial

Terjadinya Pembajakan

Dampak negatif media sosial yang kesepuluh adalah terjadinya pembajakkan akun sosial media kamu. Karena, kamu terlalu eksis di sosial media banyak orang yang syirik dengan kamu.

Nah, akibatnya banyak orang yang ingin iseng untuk membajak akun sosial media kamu. Parahnya lagi, jika orang iseng ini berhasil membajak media sosial kamu, maka bisa saja si pembajak akan menciptakan image kamu yang buruk di sosial media.

Baca Juga: Daftar Harga Endorse Selebgram Termahal 2017

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan hal-hal negatif menggunakan media sosial. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top