Internet

10 Film Dokumenter Terbaik di 2019 (Wajib Nonton!)

Film Dokumenter Terbaik

Kalau kamu penggemar film, biasanya paling suka film genre apa guys? Film Action? Film Horror? atau Film Romantis? Pastinya ada banyak genre film yang kamu sukai kan.

Tapi, apa kamu pernah menonton film dokumenter?

Kalau kamu mengira film dokumenter adalah film yang membosankan, maka kamu salah besar guys. Karena dengan melihat film dokumenter, kamu bisa mengetahui sejarah atau informasi menarik lainnya yang tidak kamu ketahui.

Nah, daripada penasaran apa aja film dokumenter terbaik yang akan dibahas, coba deh kamu baca artikel berikut ini sampai selesai.

Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik

1. Oceans (2009)

Oceans

Oceans

Oceans merupakan film dokumenter terbaik asal Perancis yang dibuat pada tahun 2009. Film keren ini disutradarai, diproduseri, dan di-naratori oleh Jacques Perrin.

Kenapa saya sebut film dokumenter ini merupakan salah satu yang terbaik? Karena film ini menceritakan kehidupan bawah laut yang begitu fenomenal.

Film ini diambil dari 50 tempat yang berbeda. Proses syutingnya pun memakan waktu mencapai 4 tahun dan memakan budget hingga $80 juta.

Rating IMDB: 7.8/10

Tonton di Sini: IndoXXI

2. The Act of Killing / Jagal (2012)

Jagal

Jagal

Kalau kamu mau mencari film dokumenter yang berhubungan dengan Indonesia, kamu bisa menonton film The Act of Killing (Jagal) yang merupakan karya Joshua Oppenheimer sutradara asal Amerika Serikat.

Film dokumenter ini menyorot para pelaku pembantaian orang terduga PKI di kota Medan pada tahun 1965 – 1966.

Pembantaian ini tercatat telah menghabisi 400 ribu hingga 3 juta korban, entah itu yang bersalah atau tidak bersalah, pria atau wanita, orang dewasa atau anak-anak.

Joshua Oppenheimer sebagai sutradara pun membuat film ini untuk membuka mata dan pikiran masyarakat Indonesia mengenai kekejaman orang-orang yang membunuh terduga anggota PKI.

Film Jagal memperoleh berbagai penghargaan, diantaranya Film Dokumenter Terbaik pada British Academy Film and Television Arts Awards 2013 dan nominasi Film Dokumenter Terbaik pada Academy Awards ke-86.

Rating IMDB: 8.2/10

Tonton di Sini: YouTube

3. The Look of Silence / Senyap (2014)

Senyap

Senyap

Joshua Oppenheimer sepertinya tidak ada habisnya membuka mata dan pikiran kita terhadap sejarah kelam yang ada di negara tercinta kita ini.

Kali ini melalui film The Look of Silence yang merupakan film dokumenter kedua sekaligus sequel lanjutan dari film The Act of Killing.

The Look of Silence masih menceritakan sentral pembantaian massal pada tahun 1965 yang terjadi di Indonesia. Film dokumenter terbaik ini bahkan masuk nominasi Oscar untuk kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik.

Bahkan film ini menjadi film Indonesia pertama yang masuk ke nominasi Oscar. Wah, keren banget ya Sutradaranya!

Rating IMDB: 8.3/10

Tonton di Sini: IndoXXI

4. Earthlings (2005)

Earthlings

Earthlings

Earthlings adalah film dokumenter tentang “kekejaman” manusia yang mengeksploitasi, memanfaatkan, hingga menyiksa binatang entah sebagai peliharaan, pakaian, makanan, koleksi, riset, atau hanya untuk hiburan.

Di dalam film ini terdapat banyak adegan yang sangat menyayat hati. Mulai dari hewan-hewan yang di siksa hingga ada hewan yang dibunuh secara tidak wajar.

Ada berbagai macam pelajaran yang bisa kita ambil dari film dokumenter yang satu ini, salah satunya adalah kita harus hidup berdampingan dengan semua jenis makhluk hidup yg ada di planet ini.

Film keren ini tentunya mendapat banyak penghargaan antara lain adalah Winner 2005 Sandiago film festivals, Winner Indie Special Content Awards Boston International Film Festival 2005, dan Best Documentary film Artivist Film Festivals 2005.

Rating IMDB: 8.7/10

Tonton di Sini: IndoXXI

5. I Am Ali (2014)

I Am Ali

I Am Ali

Siapa yang tidak kenal petinju legendaris, Muhammad Ali? Nah, kalau kamu mau tau cerita hidup tentang atlet muslim ini, kamu bisa menonton film dokumenter-nya yang berjudul I Am Ali.

Film ini bercerita tentang rekaman audio pribadi yang dibuat oleh Ali sendiri selama tahun 1970-an.

Selain itu, wawancara dengan teman, anggota keluarga, dan orang-orang yang terkait dengan tinju profesional, dikombinasikan dengan rekaman arsip Ali yang digunakan di seluruh film.

Kamu juga akan menemukan petinju legendaris lainnya seperti Jim Brown, George Foreman, dan Mike Tyson di dalam film dokumenter keren ini.

Rating IMDB: 7.2/10

BACA
Cara Membatalkan Pesan yang Sudah Terlanjur Dikirim di Gmail

Tonton di Sini: IndoXXI

6. Cobain: Montage of Heck

Cobain - Montage of Heck

Cobain – Montage of Heck

Kalau kamu suka musik Grunge tahun 90-an, pasti tau dong siapa itu Kurt Cobain? Yaps, penyanyi, penulis lagu, dan gitaris dari band legendaris, Nirvana.

Jika kebanyakan film tentang Kurt Cobain hanya berfokus pada kesuksesan dirinya atau band Nirvana, maka di film dokumenter ini kamu akan melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Film ini berfokus pada kondisi kejiwaan yang di alami oleh Kurt Cobain, penyalahgunaan narkoba, dan hubungan love-hate Kurt Cobain dengan istrinya.

Rating IMDB: 7.5/10

Tonton di Sini: IndoXXI

7. The Cove (2009)

The Cove

The Cove

Film dokumenter ini memiliki pembahasan cerita yang mirip seperti film Earthlings. Tentunya film ini bisa membuat perasaan kamu menjadi sedih bercampur marah.

Film ini menceritakan dan mengungkap fakta tentang pembantaian paus hingga lumba-lumba secara besar-besaran di Jepang.

Dibuat pada tahun 2009 dan dirilis pada tahun 2010, film ini memenangkan Award untuk Best Documentary Feature.

Bisa dibilang film ini sangat menggemparkan dunia pada saat perilisannya, karena setelah bertahun-tahun lamanya, Jepang berhasil menutupi bisnis kotor mereka dan baru kali ini terungkap ke seluruh dunia.

Pembantaian paus hingga lumba-lumba yg sangat besar terjadi di Taiji. Sekitar 23.000 lumba-lumba dibunuh di Jepang tiap tahun nya.

Dengan adanya film ini, akhirnya banyak muncul gerakan2 untuk menghentikan pembunuhan lumba-lumba dan paus oleh Jepang.

Ric O’ Barry adalah aktivis dalam perlindungan lumba-lumba dan paus yg juga pencetus ide untuk mendokumentasikan dan menunjukkan pada dunia apa yg nelayan-nelayan Taiji dan pemerintah Jepang lakukan pada lumba-lumba dan paus selama ini.

Rating IMDB: 8.4/10

Tonton di Sini: IndoXXI

8. Blackfish (2013)

Blackfish

Blackfish

Kalau kamu cari film dokumenter yang berhubungan dengan hewan, maka kamu bisa mencoba menonton film Blackfish ini guys.

Film ini mengangkat kisah Tilikum, paus Orca yang dikurung dan dijadikan hewan sirkus oleh SeaWorld. Film ini menyingkap tabir kelam dunia atraksi air yang tak pernah diungkap sebelumnya.

Blackfish adalah film dokumenter tahun 2013 yang disutradarai oleh Gabriela Cowperthwaite. Film ini tayang perdana di Festival Film Sundance 2013 pada 19 Januari 2013, dan film itu diangkat oleh Magnolia Pictures dan CNN Films untuk rilis yang lebih luas.

Rating IMDB: 8.1/10

Tonton di Sini: IndoXXI

9. Searching for Sugar Man (2012)

Searching for Sugar Man

Searching for Sugar Man

Film yang satu ini berbeda dari sebelumnya, karena pada film ini berfokus untuk mencari seseorang yang sudah lama menghilang. Seorang idola dari Stephen Segerman dan Craig Bartholomew Strydom menghilang secara tiba-tiba.

Lalu ke-2 orang tersebut berusah payah untuk mencari apa yang sedang terjadi dengan idola mereka. Pasalnya idola mereka yang bernama Rodriguez merupakan seorang musisi terkenal di Afrika dan seorang yang misterius.

Nah, ke-2 orang ini mencari ke berbagai tempat yang pernah Rodriguez kunjungi untuk mencari kebenaran yang ada. Film ini sangat misterius yang wajib kamu tonton.

Rating IMDB: 8.2/10

Tonton di Sini: IndoXXI

10. Hiroshima (2005)

Hiroshima

Hiroshima

Pasti kamu tau dong penyebab kalahnya Jepang dari sekutu? Yaps, Jepang berhasil diruntuhkan ketika bom nuklir berhasil meledak di kota Nagasaki dan Hiroshima.

Nah, di film dokumenter ini menceritakan tahapan-tahapan bagaimana senjata pemusnah masal tersebut meledak di kota Hiroshima, Jepang pada tahun 1945.

Di film ini juga banyak mengundang beberapa saksi mata yang menceritakan reka ulang kejadian bagaimana bom itu jatuh. Kita bisa mendapatkan gambaran seberapa dahsyatnya kekuatan bom tersebut meratakan Hiroshima.

Melalui film ini, kita bisa mendapat informasi mengenai sejarah serta pengetahuan tentang senjata pemusnah masal yang sangat berbahaya dan membuat kita berpikir lagi untuk tidak menggunakannya.

Rating IMDB: 7.8/10

Tonton di Sini: IndoXXI

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa rekomendasi film dokumenter terbaik yang bisa kamu tonton untuk menambah pengetahuan serta mengetahui tentang sejarah.

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya guys. Supaya mereka juga bisa tau film dokumenter apa saja yang wajib untuk ditonton!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top