Tech-Fun!

Indonesia Makin Canggih! Ini Fitur Canggih dari CCTV e-Tilang

Fitur canggih dari CCTV e-Tilang

Baru-baru ini penduduk Indonesia, khususnya di Jakarta dihebohkan dengan adanya teknologi tilang elektronik atau e-Tilang. Tentunya ada yang pro dan juga kontra dengan adanya teknologi terbaru ini. Karena, menurut mereka yang kontra, teknologi tersebut merupakan teknologi yang mustahil diberlakukan di Indonesia.

Ternyata, bukan hanya wancana aja loh gaes teknologi e-Tilang tersebut. Soalnya ada netizen Twitter yang mengunggah cuitan Twitter yang berupa surat e-Tilang yang dilengkapi dengan fotonya. Foto tersebut diambil dari kamera CCTV e-Tilang loh! Sangat canggih kan gaes?

Nah, berikut ini kamu harus tau juga fitur canggih dari CCTV e-Tilang, supaya kamu bisa terhindar dari pelanggaran ganjil genap di Jakarta!

Fitur Canggih dari CCTV e-Tilang Berikut Ini Bikin Kamu Gak Melanggar Lalu Lintas!

Kalau fiturnya secanggih berikut ini sih, kamu harus melengkapi dokumen untuk pengendara ya gaes. Oh iya, kamu juga jangan lupa untuk melakukan perpanjangan SIM, supaya terhindar dari tilang.

1. Bisa Merekam Plat Nomor Kendaraan

Fitur canggih dari CCTV e-Tilang

Bisa Merekam Plat Nomor Kendaraan

Fitur canggih dari CCTV e-Tilang yang pertama adalah bisa untuk merekam plat nomor kendaraan yang sedang melaju. Biasanya kamera jenis ini adalah kamera ANPR. Nah, kabarnya kamera ini akan secara otomatis mendeteksi pengendara yang melanggar lalu lintas, baik di marka jalan maupun di lampu lalu lintas.

Kabarnya sih, kamera ini akan merekam plat nomor kendaraan bermotor maupun mobil yang melanggar, kemudian hasil rekamannya akan dihubungkan ke database milik kendaraan yang terdaftar tersebut. Wah, kalau pajak kendaraan kamu mati sih, harus segera mengecek pajak motor ya gaes. Supaya tidak kena tilang!

2. Bisa Merekam Wajah Pengemudi

Fitur canggih dari CCTV e-Tilang

Bisa Merekam Wajah Pengemudi

Fitur canggih yang kedua dari CCTV e-Tilang adalah bisa merekam wajah pengemudi dan juga penumpangnya. Hal ini berfungsi untuk mengetahui identitas pengemudi, sehingga untuk proses tilang akan menjadi lebih mudah. Oh iya, peraturan e-Tilang berupa rekam wajah pun sudah diberlakukan sejak 1 Juli 2019 loh gaes.

Nah, CCTV e-Tilang ini dipasang di jalanan sehingga Polda Metro Jaya bisa merekam wajah pengemudi yang ternyata melanggar peraturan lalu lintas, Fitur ini akan terlihat lebih detail, sehingga pelanggar tidak bisa lagi mengelak jika telah melakukan pelanggaran.

Baca Juga: 7 Cara Share Location Google Maps dengan Mudah

3. Mendeteksi Pelanggaran Ganjil Genap

Fitur canggih dari CCTV e-Tilang

Mendeteksi Pelanggaran Ganjil Genap

Fitur canggih dari CCTV e-Tilang yang ketiga adalah bisa mendeteksi pelanggaran mengenai aturan ganjil – genap. Nah, ini juga menjadi salah satu fitur yang sangat canggih, karena kamera tersebut bisa mendeteksi pengendara yang telah melanggar peraturan ganjil genap.

Nah, kalau ada pengendara yang melanggar, maka kamera akan otomatis terkoneksi dengan database pengandara tersebut. Jadi, mulai sekarang kamu harus ingat jadwal ganjil genap, kalau bisa sih kamu daftar plat nomor ganjil genap. Tujuannya supaya kamu terhindar dari jalur ganjil genap.

4. Bisa Merekam Kecepatan Kendaraan yang Melintas

Fitur canggih dari CCTV e-Tilang

Bisa Merekam Kecepatan Kendaraan yang Melintas

Fitur canggih yang terakhir dari CCTV e-Tilang adalah bisa merekam kecepatan kendaraan yang sedang melintas. Teknologi ini sepertinya mirip sekali dengan CCTV e-Tilang yang ada di luar negeri. Oh iya, teknologi ini bernama Speed Radar. Jadi, fitur tersebut akan mengkoneksikannya dengan kamera CCTV Check Point.

Fungsinya untuk merekam kecepatan kendaraan yang sedang melintas secara real time. Jadi, dengan begitu pengendara akan ketahuan kecepatan saat berkendara, sehingga mereka tidak akan melewati batas kecepatan. Jika ketahuan melanggar, maka Polda Metro Jaya sudah menyiapkan e-Tilang. Gimana, canggih banget kan gaes?

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih fitur canggih dari CCTV e-Tilang yang ada di Indonesia. Nah, kamu jangan lupa untuk share artikel mengenai fitur canggih dari CCTV e-Tilang ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih fitur canggih dari CCTV e-Tilang agar mereka tidak melanggar lalu lintas. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai fitur canggih dari CCTV e-Tilang ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top