Intermezzo

5 Jenis Investasi yang Menguntungkan di Tahun 2021

Home / Intermezzo / 5 Jenis Investasi yang Menguntungkan di Tahun 2021

Jenis Investasi Terbaik

Pada masa pandemi, selain jualan online, akhir-akhir ini masyarakat semakin giat mengambil peluang investasi. Banyak jenis investasi yang mulai dicoba mulai dari Reksa Dana, Deposito, Saham, hingga Cryptocurrency.

Melalui investasi, masyarakat berharap kondisi finansial mereka bisa tetap stabil. Nah, kali ini TipsPintar.com mau kasih tau kamu rekomendasi jenis investasi yang menguntungkan di tahun 2021 ini. Mau tau apa saja investasinya? Yuk, langsung cek artikel berikut ini.

Jenis-jenis Investasi yang Menguntungkan

1. Staking DeFi (Decentralized Finance)

DeFi (Decentralized Finance)

DeFi atau Decentralized Finance adalah salah satu produk investasi yang akhir-akhir ini sedang tren di kalangan investor cryptocurrency. Ada banyak program investasi DeFi yang sangat menguntungkan. Salah satunya yang cukup populer adalah staking.

Staking adalah suatu proses ketika kamu berpartisipasi aktif melakukan validasi transaksi pada blockchain dengan konsensus Proof of Stake (PoS). Dengan staking, kamu bisa mendapatkan passive income dalam bentuk reward atau bunga dari aset yang dikunci.

Cara kerja Staking adalah dengan mempertaruhkan aset kripto yang dimiliki dan diberikan ke dalam sistem blockchain. Aset tersebut akan disimpan dalam rentang waktu tertentu. Selama penyimpanan itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Bisa dibilang cara kerja Staking ini sama seperti Deposito, hanya saja lebih menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar. Nah, kamu bisa melakukan staking DeFi ini salah satunya di Coinomo.

Coinomo adalah aplikasi yang memungkinkan Kamu untuk melakukan transaksi mata uang kripto dan melakukan investasi staking DeFi. Coinomo bisa Kamu temukan di Play Store dan AppStore.

2. Saham

Saham

Saham

Jenis investasi selanjutnya yang menguntungkan adalah Saham. Selain cryptocurrency, minat masyarakat terhadap Saham juga sangat tinggi sejak pandemi ini.

Saham adalah salah satu produk pasar modal dan tergolong sebagai salah satu investasi terbaik untuk jangka panjang. Saham merupakan bukti kepemilikan perusahaan.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kepemilikan saham ini adalah Dividen dan Capital Gain. Dividen adalah keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada investor atau pemilik saham. Sedangkan Capital Gain adalah keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli suatu saham.

Meskipun cukup menguntungkan, tentu ada risiko jika kamu berinvestasi di saham. Risikonya adalah Capital Loss yang merupakan kebalikan dari Capital Gain, dan likuiditas yang merupakan kondisi saat perusahaan terbuka dinyatakan pailit oleh Pengadilan.

3. Reksa Dana

Reksa Dana

Reksa Dana

Nah, jika kamu ingin berinvestasi yang minim risiko, maka Reksa Dana ini adalah pilihannya. Di Reksa Dana, kamu nggak perlu pusing-pusing lagi memikirkan grafik, analisa fundamental, dan lain sebagainya. Kamu hanya tinggal mempercayakan uang kepada manajer investasi, dan selanjutnya tinggal menunggu mereka melakukan pekerjaannya.

Ada 4 jenis Reksa Dana, yang pertama Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Saham, dan Reksa Dana Campuran. Pemilihan jenis Reksa Dana akan dipilih berdasarkan tujuan uang nasabah akan diinvestasikan dan profil risikonya.

Kalau ingin investasi jangka pendek atau menghasilkan uang dalam waktu yang singkat, kamu bisa mengandalkan Reksa Dana Pasar Uang.  Sedangkan untuk investasi jangka panjang, kamu bisa memilih Reksa Dana Saham.

4. Deposito

Deposito

Deposito

Selain Reksa Dana, investasi lainnya yang minim risiko adalah Deposito. Deposito merupakan salah satu investasi yang sangat menguntungkan, cocok untuk kamu yang baru saja terjun ke dunia investasi. Kamu bisa mendaftar Deposito di bank-bank yang kamu inginkan.

Rata-rata bunga yang bisa kamu dapatkan dari Deposito adalah sekitar 5% per tahun. Kekurangan dari Deposito adalah pengambilan dananya hanya bisa dilakukan dalam rentang waktu yang disepakati. Entah itu per 6 bulan, per 12 bulan, hingga per 24 bulan tergantung kesepakatan.

5. ETF

ETF

ETF

Exchanged Trade Fund (ETF) adalah salah satu instrumen keuangan di pasar saham. Investasi ETF berbentuk kontrak kolektif dan unit penyertaannya dicatat serta diperdagangkan di bursa saham. Jika di Reksa Dana isi portofolionya adalah saham A, saham B atau saham C, maka di ETF isi portofolionya berupa sebuah indeks seperti JSX LQ45 Index Fund (R-45 ETF).

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari produk ETF seperti diversifikasi portofolio, keuntungan dividen bila produk ETF melakukan pembagian dividen, dan relatif likuid karena ETF diperdagangkan di bursa efek.

Nah, itulah beberapa jenis investasi yang sangat menguntungkan di tahun 2021 ini. Kira-kira jenis investasi mana nih yang sudah atau akan kamu gunakan?

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top