Kepo

Gak Cuma Spongebob! 5 Kartun ini Dilarang Tayang di Beberapa Negara

Home / Kepo / Lifestyle / Gak Cuma Spongebob! 5 Kartun ini Dilarang Tayang di Beberapa Negara

Kartun Dilarang Tayang

Buat kamu yang lahir di tahun 90an, tentu sudah sangat tidak asing dengan film-film animasi atau yang biasa dikenal dengan film kartun ya.

Seperti Spongebob Squarepants, Winnie the Pooh, dan film kartun lainnya. Namun tahukah kamu? Ternyata kartun Winnie the Pooh pernah dilarang tayang di China loh.

Airy Rooms

Alasannya cukup aneh, karena karakter dari Winnie the Pooh dianggap mirip sama Presiden negara tersebut, yakni Xi Jinping. Nah, tidak hanya Winnie the Pooh loh, ternyata ada beberapa kartun yang juga dilarang di beberapa negara.

Kartun apa saja? Yuk, langsung kepoin aja artikel berikut ini.

Kartun Ini Dilarang Tayang Oleh Beberapa Negara

1. Winnie the Pooh (China)

Winnie the Pooh

Winnie the Pooh

Ternyata, pelarangan kartun Winnie the Pooh di China dikarenakan alasan yang cukup absurd. Alasan tersebut adalah karakter Winnie the Pooh mirip dengan Presiden Xi Jinping.

Netizen China banyak yang mengunggah foto dimana tampak Presiden Xi Jinping dan Presiden Barack Obama yang sedang berjalan disandingkan dengan karakter Winnie the Pooh dan Tigger.

Ada juga netizen China yang membagikan foto Presiden Xi Jinping sedang bersalaman dengan Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang. Namun, foto tersebut juga disandingkan dengan Pooh dan Eeyore yang juga sedang bersalaman.

Winnie the Pooh - Xi Jinping

Winnie the Pooh – Xi Jinping

Meskipun netizen hanya menganggap sebagai bercandaan, akan tetapi Presiden Xi Jinping menilai hal tersebut tidaklah lucu. Memang sih aturan sensor di China termasuk ketat.

Gimana menurut kamu guys? Apa benar Presiden Xi Jinping dan Pooh mirip?

2. Spongebob Squarepants (Ukraina, China)

Spongebob Squarepants

Spongebob Squarepants

Di Ukraina, tayangan kartun Spongebob Squarepants dilarang tayang karena mempromosikan homoseksualitas. Pernyataan tersebut dilontarkan oleh lembaga National Expert Commission for Protecting Public Morality.

Katanya, kebiasaan Spongebob berpegangan tangan dengan Patrick menjadi tanda bahwa kartun ini bertema homoseksualitas.

Sedangkan di China, pada tahun 2008 pemerintah China mengeluarkan peraturan yang melarang penayangan kartun produksi luar negeri, termasuk Spongebob Squarepants.

Alasannya adalah untuk melindungi industri film dalam negeri yang berkembang disana. Selain itu juga untuk melindungi masyarakat dari budaya luar yang tidak sesuai norma seperti pornografi, dan hal-hal yang berbau mistis.

Baca Juga: Minuman dari Urin Sapi? Ini 5 Minuman Paling Aneh di Dunia

3. Mickey Mouse (Jerman, Romania)

Mickey Mouse

Mickey Mouse

Tokoh kartun Disney yang pertama kali dibuat di sebuah garasi, yakni Mickey Mouse ternyata pernah dilarang di Jerman loh. Bahkan tidak hanya sekali, melainkan kartun ini pernah dilarang beberapa kali disana.

BACA
Cara Mengubah Tema WhatsApp Menjadi Transparan

Pada tahun 1929, lembaga sensor Jerman melarang episode Mickey Mouse yang berjudul “The Barnyard Battle“. Di episode tersebut ada sekelompok kucing yang mengenakan Pickelhaube, topi tentara Jerman. Hal itu dianggap sebagai penghinaan terhadap martabat negara.

Selanjutnya ada koran Jerman yang membahas soal Mickey Mouse, dan mempertanyakan kenapa makhluk kecil dan kotor seperti Mickey Mouse sangat disukai anak-anak di dunia.

Pada tahun 1954, Jerman Timur melarang komik Mickey Mouse beredar karena dianggap “Anti Rebel“. Sedangkan di Romania, karakter ini dilarang tayang karena memiliki penampilan yang menakutkan.

4. Crayon Shin-chan (India)

Crayon Shin-chan

Crayon Shin-chan

Melihat tingkah Shin-chan dan teman-temannya juga sangat lucu ya. Meskipun begitu, ternyata para orang tua di India tidak menyukai karakter ini loh.

Hal itu karena mereka takut karakter ini akan memberikan contoh yang tidak baik buat anak-anak. Shin-chan dinilai sebagai anak yang nakal dan nggak pantas buat ditiru.

Baca Juga: 10 Atlet Muslim yang Berpengaruh di Dunia

5. The Simpsons (Rusia, Myanmar, Venezuela)

The Simpson

The Simpson

Film kartun yang cukup kontroversial akibat episode-episodenya ini sempat dilarang tayang di beberapa negara. Salah satunya di Rusia, Myanmar, dan Venezuela.

Di Rusia, tayangan The Simpsons pernah dilarang tayang karena ada salah satu episodenya yang memperlihatkan Homer Simpsons sedang bermain Peekimon Get, plesetan dari Pokemon Go.

Masalahnya, Homer bermain Peekimon Get di dalam gereja, yang pada saat itu sedang beribadah. Pemimpin gereja di Rusia pun protes mengenai hal tersebut.

Selain itu, film The Simpsons Movie yang tayang juga dilarang di Myanmar. Hal itu karena warna kuning dan merah yang ada pada karakter Bart dan Lisa Simpson dinilai sebagai bentuk dukungan untuk kelompok pemberontak di negara tersebut.

Di Venezuela, kartun ini dilarang tayang karena ceritanya yang dinilai tidak pantas untuk dilihat oleh anak-anak.

Nah, itulah beberapa kartun yang dilarang tayang di beberapa negara. Gimana menurut pandangan kamu terhadap pelarangan tayangan kartun tersebut? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top