Lifestyle

5 Kebiasaan yang Menyebabkan Bensin Motor Boros

Kebiasaan yang Menyebabkan Bensin Motor Boros

Motor merupakan salah satu transportasi yang mudah digunakan saat ini. Karena, keberadaannya yang bisa menghemat uang dibandingkan kita menggunakan transportasi umum. Apalagi dengan adanya motor kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli bensin saja.

Tapi, taukah kamu justru ada loh kebiasaan yang bisa membuat kita menjadi boros karena menggunakan motor. Apalagi kalau bukan boros dalam membeli bensin motor. Makanya, kamu harus menghindari kebiasaan yang menyebabkan bensin motor boros seperti berikut ini!

Hindari Kebiasaan yang Menyebabkan Bensin Motor Boros Berikut Ini!

Eits, buat kamu yang menggunakan transportasi motor pribadi, jangan lupa ya untuk rutin mengecek pajak motor. Karena, kalau tidak kamu bisa kena tilang polisi baik secara langsung maupun melalui teknologi CCTV e-Tilang.

Eits, tapi untuk kali ini kita hanya membahas penyebab bensin motor menjadi boros. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

1. Membiarkan Ban Motor Kempes

Kebiasaan yang Menyebabkan Bensin Motor Boros

Membiarkan Ban Motor Kempes

Kebiasaan yang menyebabkan bensin motor boros yang pertama adalah kamu membiarkan ban motor kempes. Mengapa demikian? Karena ketika ban kempes maka ban akan membuat tarikan motornya menjadi lebih berat daripada biasanya.

Oleh sebab itu, tarikan motor ini akan membuat bensin motor menjadi boros dari biasanya. Jadi, kalau kamu sudah merasa atau melihat ban motor kempes, langsung diisi angin ya gaes! Jangan dibiarkan saja sampe bocor bannya.

2. Tidak Memperhatikan Rantai Motor yang Kendur

Kebiasaan yang Menyebabkan Bensin Motor Boros

Tidak Memperhatikan Rantai Motor yang Kendur

Penyebab bensin motor boros yang kedua adalah tidak memperhatikan rantai motor yang kendur. Nah, biasanya hal ini paling sering kelewat oleh kita saat pemeriksaan nih gaes. Rantai motor yang kendur bisa meningkatkan ketegangan yang tinggi, sehingga tarikan motor akan semakin berat.

Dengan begitu, motor kamu akan bekerja 2 kali lipat ketika rantainya kendur. Apalagi kalau kamu menggunakan kecepatan yang sama. Tenaga tersebut akan membuat bahan bakar motor keluar lebih banyak dibandingkan dengan tenaga normal. Jadi, pastikan rantai motor kamu tidak kendur ya gaes.

Baca Juga: 10 Tips Pesan Tiket Kereta Api

3. Sering Membawa Beban yang Berat

Kebiasaan yang Menyebabkan Bensin Motor Boros

Sering Membawa Beban yang Berat

Kebiasaan yang menyebabkan bensin motor boros yang ketiga adalah sering membawa beban yang berat. Nah, ini juga menjadi salah satu penyebabnya gaes. Karena, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ban yang kempes akan menambah beban motor, sehingga bensin akan keluar lebih banyak.

BACA
7 Penemuan Nyata Hewan Raksasa (Sulit Dipercaya!)

Hal ini berlaku ketika kamu membawa beban yang berat walaupun ban motor tidak kempes gaes. Soalnya tarikan motor ketika membawa beban yang berat bisa memerlukan bajan bakar yang cukup banyak, sehingga bensin motor kamu akan lebih cepat habis.

4. Sering Mengerem Motor

Kebiasaan yang Menyebabkan Bensin Motor Boros

Sering Mengerem Motor

Penyebab bensin motor boros yang keempat adalah sering mengerem motor. Mungkin terdengar aneh, kenapa mengerem bisa membuat bensin motor menjadi boros. Tapi, taukah kamu kalau motor dalam keadaan berjalan dengan kecepatan tinggi, kemudian kamu melakukan perlambatan dengan mengerem bisa membuat bensin terbuang sia-sia.

Oh iya, mengerem di sini juga bukan hanya berlaku untuk mengerem yang pelan-pelan aja loh! Tapi, mengerem motor yang mendadak pun bisa membuat bensin lebih cepat habis. Jadi, intinya sih bawa motor jangan terlalu ngebut gitu gaes.

5. Suka Menggeber-geber Motor

Kebiasaan yang Menyebabkan Bensin Motor Boros

Suka Menggeber-geber Motor

Kebiasaan yang menyebabkan bensin motor boros yang terakhir adalah kamu suka sekali menggeber-geberkan motor. Nah, biasanya yang sering melakukan ini anak racing nih! Mengapa mengeber motor bisa membuat bensin motor menjadi lebih boros?

Karena, gas yang keluar dari motor secara mendadak padahal gigi motor dalam keadaan netral atau tuas kopling dalam keadaan aktif bisa membuang bensin secara sia-sia. Jadi, lebih baik kamu jangan terlalu sering-sering menggeber motor gaes. Selain bisa membuat bensin motor boros, kamu bisa mengganggu orang lain juga.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih kebiasaan yang menyebabkan bensin motor boros. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai kebiasaan yang menyebabkan bensin motor boros ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih ckebiasaan yang menyebabkan bensin motor boros. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai kebiasaan yang menyebabkan bensin motor boros ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top