Tech-Fun!

Belum Banyak yang Tau! Ini 5 Tips Rahasia Menghemat Uang

Tips Menghemat Uang

Pasti kamu tau dong pepatah “Hemat Pangkal Kaya“? Yups, pepatah tersebut memang benar adanya loh gaes. Jika kamu ingin menjadi orang kaya yang sesungguh kamu harus menghemat uang dengan cara menabung.

Uang tabungan ini bisa kamu pergunakan untuk keperluan mendadak atau kebutuhan yang kamu inginkan tersebut harganya sangat mahal. Jika kamu menghutang dengan teman atau menggunakan aplikasi pinjam uang online, maka ini akan berdampak buruk untuk kamu di masa yang akan datang.

Bisa saja kamu tidak sanggup untuk membayar hutang beserta bunganya. Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya lagi kamu menghemat uang saja agar bisa ditabung. Nah, berikut ini beberapa tips menghemat uang agar cepat terkumpul!

Nggak Perlu Minta Uang Lagi! Ini Tips Menghemat Uang

Oh iya, kalau punya hobi yang menghasilkan uang, jangan lupa untuk menabung dan menghematnya ya. Caranya dengan mengikuti tips menghemat uang berikut ini!

1. Buatlah Rekening Alternatif

Tips Menghemat Uang

Buatlah Rekening Alternatif

Tips menghemat uang yang pertama adalah dengan membuat rekening alternatif. Eits, rekening yang kamu buat ini merupakan rekening tabungan yang tidak ada akses kartu ATM. Kenapa harus rekening tanpa kartu ATM? Karena, kalau ada akses kartu ATM kamu akan tergiur untuk membeli barang-barang.

Jadi, kalau kamu sudah menerima gaji bulanan, bisa langsung transfer uang tabungannya ke rekening tersebut. Oh iya, kamu juga bisa memilih ospi transfer otomatis loh ke pihak bank, jadi nggak perlu repot-repot untuk transfer manual lagi.

2. Hindari Persaingan Gaya Hidup

Tips Menghemat Uang

Hindari Persaingan Gaya Hidup

Tips kedua untuk menghemat uang adalah dengan menghindari persaingan gaya hidup. Nah, ini menjadikan orang lain menjadi boros. Karena, kita hanya membeli barang untuk dipamerkan saja atau bukan barang kebutuhan sehari-hari.

Perlu kamu ketahui juga gaes, untuk mencukupi gaya hidup tidak akan ada habisnya. Cobalah untuk mencari teman bergaul yang suka menghemat uang ya gae. Karena, dengan begitu kamu akan juga ikutan semangat untuk menghemat uang.

3. Bandingkan Harga Ketika Ada Keperluan

Tips Menghemat Uang

Bandingkan Harga Ketika Ada Keperluan

Tips menghemat uang yang ketiga adalah dengan membandingkan harga ketika akan membeli keperluan. Yups, memang kebutuhan sehari-hari diperlukan akan tetapi untuk menghemat uang, kamu juga harus mempertimbangkan harga yang akan dibeli.

BACA
Cara Memperkuat Sinyal iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika memungkinkan barang yang bisa dibeli dengan barang bekas, lebih baik kamu membeli barang bekas tapi dengan kualitas yang bagus. Barang bekas juga harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan barang harga baru.

Salah satu contohnya HP kamu rusak, kamu memerlukan penggantinya. Lebih baik kamu membeli HP bekas saja, dengan catatan kamu sudah mengetahui tips sebelum membeli HP bekas, supaya mendapatkan kualitas yang bagus. Oh iya, dengan membeli HP bekas, kamu menghemat uang untuk tabungan kamu loh.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Android

4. Carilah Penghasilan Tambahan

Tips Menghemat Uang

Carilah Penghasilan Tambahan

Tips keempat untuk menghemat uang adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Jika pendapatan kamu dirasa kurang cukup untuk menabung, coba deh dengan mencari penghasilan tambahan seperti bekerja part time gitu atau kamu bisa coba cara mendapatkan uang dari internet.

Dengan adanya penghasilan tambahan ini, kamu bisa menyimpannya di tabungan. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat mengumpulkan uang dibandingkan hanya mengandalkan pendapatan kamu saja. Gimana, menarik kan gaes?

5. Jangan Menggunakan Kartu Kredit

Tips Menghemat Uang

Jangan Menggunakan Kartu Kredit

Tips menghemat uang yang terakhir adalah jangan menggunakan kartu kredit. Memang ada banyak keuntungan jika kamu menggunakan kartu kredit, salah satunya kamu nggak perlu repot membawa uang dan transfer uang lagi untuk bisa mengambil uang.

Akan tetapi, penggunaan kartu kredit ini akan berdampak buruk jika kamu sedang menabung. Pasalnya, ketika kamu keasyikan menggunakannya, maka kamu akan lupa untuk membayarnya. Bukannya menghemat uang atau menabung malah kamu harus membayar cicilan kartu kredit.

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja tips menghemat uang yang tidak banyak orang ketahui. Nah, jangan lupa ya untuk share artikel tips menghemat uang ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya sobat pintar lainnya juga tau bagaimana sih tips menghemat uang yang benar. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel tips menghemat uang ini, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top