Windows

Sebelum Coba, Ini Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Home / Windows / Sebelum Coba, Ini Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Seperti yang kita ketahui, saat ini Windows 11 memang sudah dirilis secara bertahap. Kamu bisa melakukan upgrade ke Windows 11 secara gratis jika menggunakan lisensi Windows 10 Original. Nah, sebelum melakukan upgrade, tentunya kamu harus tau kelebihan dan kekurangan Windows 11.

Pastinya Windows 11 sendiri memiliki kelebihan serta kekurangan dari Windows sebelumnya. Untuk kamu yang mau tau kelebihan dan kekurangan Windows 11, langsung aja simak artikel ini sampai habis ya!

Kelebihan Windows 11

Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Windows 11 yang tidak ditemukan di Windows-Windows sebelumnya.

1. Tampilan yang Lebih Fresh

Tampilan yang Lebih Fresh

Tampilan yang Lebih Fresh

Kelebihan dari Windows 11 yang pertama adalah tampilan baru yang lebih fresh dibandingkan Windows 10. Tentunya hal itu akan memberikan experience yang berbeda dibandingkan saat menggunakan Windows 10.

Desain tampilan Windows 11 bisa dibilang lebih mirip seperti desain tampilan sistem operasi MacOS atau Linux. Jika pada Windows sebelumnya tombol Start Menu berada di pojok kiri bawah Taskbar, pada Windows 11 tampilan Start Menu ada di bagian tengah Taskbar bersamaan dengan aplikasi lainnya yang disematkan.

2. Terdapat Fitur Snap Layout

Terdapat Fitur Snap Layout

Terdapat Fitur Snap Layout

Kelebihan lain yang dimiliki Windows 11 adalah hadirnya fitur Snap Layout. Fitur ini tentunya akan memudahkan kamu yang sering melakukan kegiatan multi-tasking atau melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan dalam satu waktu.

Hal ini tentu saja sangat berguna, karena kamu tidak perlu lagi mengatur banyak jendela yang terbuka secara manual. Untuk menggunakan fitur Snap Layout ini juga sangat mudah.

Cara menggunakan fitur Snap Layout, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Mula-mula, silahkan arahkan kursor ke bagian Maximize pada aplikasi apapun.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan Snap Layout yang bisa Kamu pilih. Tinggal klik pada salah satu bagian, maka tampilan layar kamu akan dibagi sesuai dengan pilihan kamu.

3. Adanya Fitur Gaming Mode

Adanya Fitur Gaming Mode

Adanya Fitur Gaming Mode

Nah, kabar baik untuk kamu para gamer PC, Windows 11 mengabulkan permintaan penggunanya yang menginginkan sistem operasi yang mendukung dalam hal gaming.

Contohnya seperti fitur Gaming Tab khusus yang membuat Windows 11 kamu beralih ke Mode Game. Fitur ini sangat berguna karena membantu untuk mengurangi penggunaan aplikasi di latar belakang agar membebaskan CPU kamu ketika bermain game.

Dengan fitur Gaming Tab ini, tentunya experience kamu dalam bermain jadi lebih nyaman dan menyenangkan, bahkan ketika bermain game berat sekalipun.

Nah, selain Gaming Tab, ada fitur lainnya yang juga berguna untuk kebutuhan bermain game kamu, yaitu fitur Auto HDR. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang memiliki monitor dengan fitur HDR bawaan.

Dengan fitur Auto HDR, tampilan di dalam game yang kamu mainkan tentunya akan jauh lebih realistis dan enak dipandang mata. Nah, fitur ini perlu kamu aktifkan sebelumnya, untuk mengaktifkannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan Monitor perangkat kamu mendukung fitur HDR.
  • Selanjutnya silahkan kamu klik menu Search. Lalu cari Settings dan buka program tersebut.
  • Pada halaman Settings, silahkan Kamu masuk ke menu Display.
  • Kemudian pada bagian Use HDR, silahkan kamu pilih opsi On untuk mengaktifkan fitur HDR di Windows 11.
  • Jika kamu masuk ke menu “Use HDR“, maka akan ada opsi untuk mengaktifkan fitur Play Streaming HDR Video dan Auto HDR untuk menjalankan game yang mendukung mode HDR.

Sebagai catatan, fitur ini hanya tersedia jika kamu menggunakan monitor yang memiliki fitur HDR bawaan.

4. Keamanan yang Ditingkatkan

Keamanan yang Ditingkatkan

Keamanan yang Ditingkatkan

Seperti yang kita ketahui, salah satu spesifikasi minimum agar kamu bisa menjalankan Windows 11 adalah PC/Laptop kamu harus memiliki fitur TPM 2.0.

TPM (Trusted Platform Module) adalah fitur yang berguna untuk meningkatkan keamanan PC/Laptop kamu. TPM digunakan oleh aplikasi atau layanan seperti enkripsi drive BitLocker, Windows Hello, dan lainnya untuk membuat dan menyimpan kunci kriptografi dengan aman.

Windows 11 juga memiliki antivirus bawaan, yaitu Windows Defender. Meski memiliki antivirus bawaan, kamu juga masih bisa menambahkan antivirus terbaik untuk Windows 11 lainnya agar keamanan dari perangkat kamu semakin lebih aman.

5. Fitur Windows Subsystem for Android

Fitur Windows Subsystem for Android

Fitur Windows Subsystem for Android

Salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh Windows 11 adalah fitur Windows Subsystem for Android. Meski belum dirilis secara resmi, namun fitur ini sangat dinanti-nanti oleh pengguna Windows.

Karena dengan fitur ini, kamu bisa menginstall dan menjalankan aplikasi Android tanpa hadirnya Emulator. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi memasang emulator Android tambahan seperti Bluestack, Memu, dan lain sebagainya.

Kekurangan Windows 11

Meski memiliki banyak kelebihan, tentu saja Windows 11 masih terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan Windows 11 antara lain adalah sebagai berikut.

1. Spesifikasi Minimum Lebih Tinggi

Spesifikasi Minimum Lebih Tinggi

Spesifikasi Minimum Lebih Tinggi

Seperti yang kita tahu, Windows 11 dirilis secara bertahap oleh Microsoft, dan hanya sebagian perangkat saja yang bisa menjalankan sistem operasi terbaru ini. Karena untuk menjalankan Windows 11 di perangkat kamu, dibutuhkan beberapa persyaratan sistem dan fitur yang harus terpenuhi.

Nah, spesifikasi yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan Windows 11 di perangkat Kamu adalah seperti berikut:

  • Processor: 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 inti atau lebih di proses 64-bit yang kompatibel.
  • RAM: 4 GB.
  • Storage: 64 GB atau lebih besar.
  • System Firmware: UEFI, Secure Boot capable.
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.
  • Graphics Card: Kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih baru dengan driver WDDM 2.
  • Display: Layar dengan resolusi 720p yang ukuran diagonalnya lebih besar dari 9 inci, 8 bit per channel warna.
  • Internet connection and Microsoft Account: Windows 11 membutuhkan koneksi internet dan akun Microsoft untuk menyelesaikan setup perangkat ketika pertama kali digunakan.

Dengan spesifikasi seperti di atas, tentu aja banyak dari pengguna Windows 10 yang tidak lolos persyaratan minimum untuk menjalankan Windows 11. Namun untuk kamu yang mau mengecek apakah perangkat kamu mendukung spesifikasi tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi PC Health Check yang disediakan oleh Microsoft.

Mungkin kedepannya pihak Microsoft akan melonggarkan persyaratan minimum tersebut agar semua orang dapat melakukan upgrade ke Windows 11 dengan lancar.

2. Masih Terdapat Bug

Masih Terdapat Bug

Masih Terdapat Bug

Karena terbilang masih baru, pada saat menggunakan Windows 11 tidak heran jika kamu menemukan 1 atau 2 bug. Beberapa program pun juga ada yang tidak bisa berjalan dengan baik pada Windows 11.

Contohnya seperti di laptop penulis saat ini, di mana pada Windows 11 aplikasi edit video yang biasa penulis gunakan, yaitu Wondershare Filmora X tidak dapat berjalan atau dibuka.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Windows 11 yang harus kamu ketahui sebelum melakukan upgrade ke sistem operasi baru tersebut. Setelah tau kelebihan dan kekurangannya, kira-kira kamu tertarik gak nih untuk upgrade ke Windows 11?

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top