Software

20+ Aplikasi Edit Video PC Terbaik di Tahun 2018

Home / Windows / Software / 20+ Aplikasi Edit Video PC Terbaik di Tahun 2018

Kalian ingin bisa mengedit video layaknya seorang videographer handal? Nah sebelum itu kalian wajib memiliki aplikasi edit video terbaik. Maka dari itu kami akan memberikan rekomendasi aplikasi editing video terbaik untuk kalian

Promo AirAsia

Saat ini, kita bukan hanya bisa mengedit video di Android saja loh guys. Tapi, kamu juga bisa mengedit dan membuat video di PC dengan menggunakan beberapa aplikasi edit video.

Untuk menghasilkan editan video vlog yang keren, kamu pastinya membutuhkan aplikasi edit video yang bagus dan berkualitas kan guys? Nah, di artikel berikut ini, kita akan membahas tentang beberapa aplikasi edit video di PC.

Langsung saja yuk, disimak artikelnya!

Hasil Video Lebih Keren Menggunakan Aplikasi Edit Video Ini!

Selain aplikasi edit video di iPhone dan di Android, ternyata beberapa aplikasi edit video di PC ini juga nggak kalah keren dan berkualitas loh guys.

Penasaran? Langsung saja yuk, di baca baik-baik ya artikel berikut ini!

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Aplikasi Adobe Premiere Pro

Berbicara tentang aplikasi untuk mengedit video tampaknya tidak lengkap jika tidak memasukan Adobe Premiere. Premiere merupakan aplikasi dari perusahaan Adobe.

Selain itu, kamu dapat memotong video, mengedit suara, menambahkan efek, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi editing video yang paling banyak diminati oleh kalangan banyak orang loh.

Aplikasi ini bisa langsung digunakan untuk convert video. Jadi kamu gak perlu lagi deh aplikasi convert video tambahan lainnya. Tapi, aplikasi Adobe Premiere ini merupakan aplikasi berbayar ya guys.

Jika kamu ingin mendapatkan versi gratisnya, bisa download melalui situs ini.

NamaAdobe Premiere Pro
Windows 32bit/64bit64bit
Ukuran1,8GB
Download

2. VirtualDub

VirtualDub

Aplikasi VirtualDub

VirtualDub memiliki fungsi yang sama dengan software edit video lainnya. Akan tetapi, software ini lebih mudah digunakan dan hanya bisa digunakan di sistem operasi Windows.

Selain itu, aplikasi ini bisa berfungsi untuk merekam layar di PC. Cara penggunaanya juga hampir sama dengan aplikasi perekam layar di Android loh guys.

NamaVirtualDub
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran1,8MB
Download

3. Photodex Proshow Gold

Photodex Proshow Gold

Aplikasi Photodex Proshow Gold

Photodex ProShow Gold merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang berguna untuk membuat slideshow photo. Aplikasi editing ini sangat populer di kalangan pengguna.

Karena memiliki tampilan yang sangat memudahkan bagi para pemula. Fitur yang diberikan Photodex juga sangat lengkap, mulai dari effect transisi yang menarik, hingga auto effects untuk memudahkan membuat slideshow yang kita buat menjadi lebih mudah.

Selain itu, kamu juga bisa mengkombinasikan antara foto, video dan juga musik seperti apa yang kamu inginkan. Sebenarnya fiturnya hampir sama seperti aplikasi membuat video dari foto.

NamaPhotodex Proshow Gold
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran52.31MB
Download

4. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro

Aplikasi Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro merupakan salah satu software edit video terbaik yang mungkin sudah sangat sering kamu dengar. Software buatan Sony ini sudah tidak diragukan lagi dalam hal pembuatan video maupun audio.

Software editing video terdapat fitur yang sangat beraneka ragam dan bisa dibilang ini adalah salah satu software edit video kelas profesional, namun memiliki kemudahan dalam pengoperasiannya.

Karena kamu bisa dengan mudah membuat Timeline. Hanya dengan drag video yang akan kamu edit ke dalam Timeline. Sama seperti software editing video lainnya, kamu juga dapat menumpuk beberapa video langsung di dalam Timeline yang sama sekalipun.

NamaSony Vegas Pro
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran448,6MB
Download

5. Camtasia Studio

Camtasia Studio

Aplikasi Camtasia Studio

Camtasia merupakan aplikasi edit video lainnya yang kaya akan fitur-fitur menarik, namun software edit video ini sangat mudah untuk digunakan dan sangat cocok digunakan untuk pemula.

Aplikasi ini tidak hanya untuk mengedit video, ternyata bisa menjadi aplikasi rekam layar di PC. Uniknya, hasil rekaman layar bisa langsung diedit tanpa harus keluar masuk software.

NamaCamtasia Studio
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran480MB
Download

6. Pinnacle Studio Plus

Pinnacle Studio Plus

Aplikasi Pinnacle Studio Plus

Pinnacle Studio Plus merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik lainnya. Pinnacle Studio Plus memiliki beragam keunggulan dari software editing video lainnya loh.

Diantaranya terdapat lebih dari 1800 efek 2D/3D, fitur pengambilan stop-motion untuk membuat animasi menarik, dan efek fast-motion.

Aplikasi editing video ini dapat membantu kamu menambahkan suara ke dalam video dan mengatur durasinya. Caranya hanya dengan menggeser file suara kalian ke dalam Timeline, untuk menambahkan track musik atau suara narasi video.

NamaPinnacle Studio Plus
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran3,61MB
Download

7. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Aplikasi Windows Movie Maker

Windows Movie Maker dirancang untuk mengedit video dengan cepat dan mudah. Software ini menyediakan beberapa fitur yang dibutuhkan untuk mengedit sebuah video, seperti kemampuan untuk menambahkan efek ataupun menghapus (crop) bagian video yang tidak kalian inginkan.

Akan tetapi, untuk melakukan hal ini, kamu hanya harus mengimpor video dan memulai proses pengeditan. Mulai dari penambahan suara hingga penambahan efek transisi.

NamaWindows Movie Maker
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran215MB
Download

8. DaVinci Resolve 12

DaVinci Resolve 12

Aplikasi DaVinci Resolve 12

DaVinci Resolve merupakan software editing video untuk kelas profesional dalam pembuatan sebuah video, software ini sangat unggul dibanding pesain lainnya.

Pasalnya, kamu dapat menggabungkan video, memotong video, dan menambahkan berbagai macam efek yang kece abis pada video yang akan diedit.

Hanya saja yang membedakan DaVinci Resolvedengan software editing lainnya adalah sisi color grading. Software ini menawarkan pewarnaan pada video dengan sangat detail dibandingkan software lainnya.

NamaDaVinci Resolve 12
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran430MB
Download

9. AVS Video Editor

AVS Video Editor

Aplikasi AVS Video Editor

Selanjutnya ada aplikasi AVS Video Editor, aplikasi ini sangat ringan digunakan untuk PC dengan spek yang rendah. Jadi, mengedit video menggunakan aplikasi ini tidak akan nge-lag dan membuat PC menjadi lemot.

Walaupun ringan, aplikasi ini tetap menghasilkan video dengan kualitas Full HD. Apalagi terdapat banyak efek dan transisi yang membuat video kamu lebih keren.

NamaAVS Video Editor
Windows 32bit/64bit32bit
Ukuran138MB
Download

10. HitFilm Express

HitFilm Express

Aplikasi HitFilm Express

Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, dengan menggunakan HitFilm Express, kamu bisa mengedit, memotong, menggabungkan, menambahkan teks dan gambar pada video.

Ternyata aplikasi ini bisa digunakan untuk sistem operasi Windows dan juga Mac guys. Jadi, kamu bisa berbagi ilmu juga deh dengan ke sesama jika memiliki aplikasi yang sama.

NamaHitFilm Expres
Windows 32bit/64bit32bit
Ukuran335MB
Download

11. Avidemux

Avidemux

Aplikasi Avidemux

Nah, buat kamu yang mencari aplikasi edit video paling ringan bisa nih menggunakan Avidemux. Karena, selain gratis aplikasi ini tidak terlalu rumit jika digunakan untuk pemula.

Aplikasi ini bisa berfungsi untuk memotong, menambahkan filter video dan juga bisa mengkonversi video ke berbagai format dengan mudah.

NamaAvidemux
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran25MB
Download

12. VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor

Aplikasi VideoPad Video Editor

Jika kamu sedang mencari aplikasi edit video di PC gratis pas banget nih. Karena, VideoPad Video Editor bisa langsung mengedit video dengan berbagai format. Seperti AVI, MPV, WMV dan DIVX.

Nah, aplikasi ini juga bisa mengedit video yang terdapat green screen, kamu juga bisa menambahkan filter, teks, gambar dan video tambahan lainnya.

NamaVideoPad Video Editor
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran5.22MB
Download

13. ZS4 Video Editor

ZS4 Video Editor

Aplikasi ZS4 Video Editor

ZS4 Video Editor bisa berfungsi untuk menggabungkan foto menjadi sebuah video, bisa juga menggabungkan berbagai video menjadi satu dengan mudah.

BACA
Cara Mendengarkan Lagu di YouTube Tanpa Memutar Video

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan audio, efek dan tentunya transisi. Jika dirasa kurang bagus, kamu bisa menambahkan efek dengan menggunakan filter.

NamaZS4 Video Editor
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran5.56MB
Download

14. Videolan Movie Creator

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Videolan Movie Creator

Aplikasi edit video berikutnya adalah Videolan Movie Creator, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki banyak sekali fitur-fitur pendukung guys.

Aplikasi ini juga tidak hanya tersedia untuk Windows saja, aplikasi Videolan Movie Creator ini juga tersedia untuk Mac OX dan IOS.

NamaVideolan Movie Creator
Windows 32bit/64bit64bit
Ukuran24MB
Download

15. Cyberlink Powerdirector Delux

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Cyberlink Powerdirector Delux

Aplikasi editor video Cyberlink Powerdirector Delux ini merupakan aplikasi edit video yang sangat fleksibel loh guys. Aplikasi ini juga sudah didukung oleh mesin TrueVelocity dan PowerDirector.

Jadi, kamu bisa mengedit video dengan cepat menggunakan aplikasi ini. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga mendukung kualitas 4K UltraHD dan H.265 / HEVC format terbaru.

NamaCyberlink Powerdirector Delux
Windows 32bit/64bit64bit
Ukuran1.1MB
Download

16.  Shotcut

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Shotcut

Nah, aplikasi edit video yang satu ini merupakan aplikasi editor video multiplatform loh guys. Jadi, aplikasi ini mampu menerima video ataupun audio dengan jumlah yang banyak.

Pada aplikasi Shotcut ini juga tersedia beberapa fitur keren dengan ketajaman warna yang bisa membuat hasil editan video kamu menjadi sangat keren.

NamaShotcut
Windows 32bit/64bit64bit
UkuranDisesuaikan
Download

17. Moviestorm

Aplikasi Edit Video

Moviestorm

Jika kamu ingin membuat atau mengedit video 3D, coba gunakan aplikasi yang satu ini guys. Pada aplikasi Moviestorm ini, tersedia beberapa pilihan animasi yang sangat lengkap guys.

Buat kamu yang ingin belajar membuat video 3D, aplikasi ini sangat cocok kamu gunakan. Karena, aplikasi ini memiliki antar muka yang sederhana dan mudah digunakan bagi para pemula.

NamaMudah digunakan
Windows 32bit/64bitFitur masih kurang lengkap
Ukuran26.166MB
Download

18. Magix Movie Edit Pro

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Magix Movie Edit Pro

Aplikasi Magix Movie Edit Pro ini merupakan salah satu aplikasi edit video yang user friendly loh guys. Tidak hanya itu saja, pada aplikasi ini juga tersedia utilitas khusus untuk menambahkan judul ke dalam video.

Pada aplikasi ini, banyak sekali fitur-fitur pendukung dan efek yang keren guys.

NamaMagix Movie Edit Pro
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran278MB
Download

19. Blender

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Blender

Aplikasi edit video selanjutnya adalah Blender, aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat video animasi, efek visual, ataupun model cetak 3D guys.

Ukuran aplikasi ini juga terbilang kecil loh guys, jadi tidak akan memakan banyak penyimpanan ruang di PC kamu.

NamaBlender
Windows 32bit/64bit32bit
Ukuran84MB
Download

20. Openshot

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Openshot

Untuk kamu yang menginginkan hasil video HD, aplikasi Openshot ini akan bekerja sangat baik dalam pengeditan video berkualitas HD loh guys.

Kenapa? Karena, aplikasi yang satu ini mampu mengedit video dalam resolusi 4K. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan untuk para pemula.

NamaOpenshot
Windows 32bit/64bit32bit dan 64bit
Ukuran120MB
Download

21. Lightworks

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Lightworks

Untuk aplikasi edit video yang satu ini, sudah tidak diragukan lagi loh guys. Karena, aplikasi ini sudah berhasil mendapatkan penghargaan.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga sudah digunakan oleh industri film sejak awal tahun 1990-an. Aplikasi Lightworks ini memiliki dua versi, yaitu gratis dan berbayar.

Untuk versi berbayar atau pro, sudah sering digunakan untuk menciptakan film-film besar loh guys. Seperti Heat, Hugo, The King’s Speech dan lain sebagainya.

NamaLightworks
Windows 32bit/64bit64bit
Ukuran70MB
Download

22. Pinnacle Videospin

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Pinnacle Videospin

Jika kamu ingin membuat presentasi video yang keren, aplikasi yang satu ini sangat recomended untuk kamu gunakan nih guys.

Pada aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mengedit klip video, edit foto, memberikan efek suara ataupun musik latar belakang.

NamaPinnacle Videospin
Windows 32bit/64bit64bit
Ukuran162MB
Download

23. Corel Video Studio

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Corel Video Studio

Aplikasi Corel Video Studio merupakan aplikasi edit video di PC yang bisa digunakan untuk mengedit video dengan format yang berbeda.

Bukan hanya itu saja, hasil editan video juga bisa diekspor DVD, AVCHD, HD-DVD dan AVI. Pada aplikasi ini juga tersedia beberapa kategori transisi video loh guys.

NamaCorel Video Studio
Windows 32bit/64bit64bit
Ukuran10.54MB
Download

Tips Mengedit Video Agar Mendapatkan Hasil yang Maksimal!

Untuk mendapatkan hasil editan video yang keren, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mengedit video nih guys.

Penasaran apa saja? Langsung saja yuk, di baca dan ikuti beberapa tips berikut ini!

1. Buang yang Tidak Perlu

Aplikasi Edit Video

Buang yang Tidak Perlu

Untuk menghasilkan video yang keren, kamu harus banget memilih mana konten yang bagus untuk ditampilkan di video yang ingin kamu edit.

Jadi, kamu pilih gambar atau adegan yang memang penting saja guys. Karena, jika durasi video terlalu lama, maka orang pun akan bosan melihat video kita guys.

2. Gunakan Efek Seperlunya

Aplikasi Edit Video

Gunakan Efek Seperlunya

Memberikan efek pada video yang sedang di edit memang sangat membantu untuk mendapatkan hasil editan video yang keren dan berkualitas.

Tapi, jika efek yang kamu gunakan terlalu banyak dan tidak sesuai, editan video kamu nantinya akan menjadi aneh loh guys. Jadi, kamu cukup gunakan efek seperlunya dan sesuai dengan video.

3. Gunakan Musik Latar yang Sesuai

Aplikasi Edit Video

Pilih Musik Latar Belakang yang Sesuai

Nah guys, untuk pemanis video kamu, jangan lupa menambahkan musik latar belakang atau backsound. Pada setiap aplikasi edit video, pasti terdapat beberapa pilihan backsound yang bisa kamu tambahkan ke video.

Tapi, kamu jangan sampai menggunakan backsound yang tidak sesuai ya guys. Pilihlah backsound yang memang sesuai dengan tema video tersebut agar mendapatkan hasil yang keren.

4. Normalisasikan Video

Aplikasi Edit Video

Normalisasikan Video

Setelah memberikan backsound atau musik latar belakang, tips selanjutnya untuk mendapatkan hasil editan video adalah menormalisasikan audio.

Maksudnya adalah, kamu harus mengatur suara dari backsound yang kamu tambahkan ke video tadi. Karena, jika suara backsound tidak seimbang, terlalu keras ataupun terlalu pelan, itu akan membuat hasil video kamu menjadi sangat tidak bagus.

5. Sabar dan Jangan Menyerah

Aplikasi Edit Video

Sabar dan Jangan Menyerah

Hal yang paling penting selama mengedit video adalah, kamu harus sabar dan jangan mudah menyerah. Karena, seperti yang kita ketahui, untuk mendapatkan hasil editan video yang keren tidaklah mudah dan butuh kesabaran yang luar biasa guys.

Kamu harus sabar mengedit setiap detail dari video, entah itu pemberian efek, pemberian musik latar belakang ataupun menormalisasikan audio.

Kesimpulan

Inti pada artikel berikut ini, kamu memang bisa mengedit video dengan aplikasi edit video versi gratis. Tapi, jika kamu ingin mendapatkan hasil editan video yang maksimal, tidak ada salahnya mencoba menggunakan aplikasi edit video versi berbayar.

Dalam pengeditan video, kita memang harus banget sabar untuk mengedit setiap detail video agar bisa mendapatkan hasil video yang keren dan tidak membosankan untuk dilihat.

So, gimana guys? Jika ada kritik dan saran, silahkan tulis di kolom komentar yaaaa.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top