Internet

10 Cara Menghemat Kuota Internet 4G Agar Tidak Boros

Keasikan bermain game online di smartphone seperti Mobile Legends, PUBG atau bahkan sedang nonton video di YouTube pasti akan membuat kuota internet kamu menjadi boros.

Tidak hanya bermain game atau nonton video YouTube. Ada hal lain yang membuat kuota internet menjadi boros. Gak mau kan setiap hari kamu membeli paket internet? Tapi tenang ajaNah, TipsPintar.com memiliki solusinya yaitu cara menghemat kuota internet agar tidak boros

BACA
Cara Menghemat Paket Data dan Baterai Sekaligus (100% Ampuh)

Berikut 10 Cara Menghemat Kuota Internet 4G

Banyak cara yang dapat menghemat pemakaian dari kuota internet. Salah satunya adalah dengan menggunakan seperlunya saja. Tapi tidak hanya itu saja, untuk itu simak artikel ini yuk.

1. Menggunakan Browser Ringan

Menggunakan Browser Ringan

Menggunakan Browser Ringan

Menghemat kuota internet yang pertama adalah dengan menggunakan browser yang ringan. Ringan dalam ukurannya maupun dalam menggunakan paket datanya.

Jika kamu suka melakukan browsing internet, sebaiknya menggunakan browser yang memiliki kapasitas cukup ringan dan yang dapat menghemat data sekaligus.

Baca Juga: 10 Browser Android Paling Ringan dan Cepat

2. Mematikan Auto-update Aplikasi di Google Play Store

Mematikan Auto Update Google Play Store

Mematikan Auto-update Google Play Store

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah mematikan auto-update aplikasi di Google Play Store. Setiap aplikasi pasti akan mengalami update.

Apalagi jika kamu memiliki banyak aplikasi, pastinya kuota internet kamu akan cepat habis. Nah, untuk itu cobalah mematikan auto-update yang ada di Google Play Store.

Berikut Cara Mematikan Auto-update Aplikasi:

Buka “Google Play Store> Piih “=” di pojok kanan atas > Pilih “Setelan> Pilih “Update aplikasi secara otomatis> Pilih “Jangan update aplikasi secara otomatis“.

Baca Juga: Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Dibuka? Ini Solusinya

3. Menggunakan Fitur Hemat Data

Menghemat Data

Menghemat Data

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah menggunakan fitur hemat data. Yap, hampir seluruh smartphone pasti memiliki fitur yang satu ini nih.

Fitur ini akan membatasi pemakaian internet kamu. Jika kamu sudah mencapai batas atau melebihinya, kamu akan mendapatkan notifikasi yang berupa peringatan pemakaian.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penghemat Kouta Internet di Android

4. Mematikan Sinkronisasi Data

Mematikan Sinkronisasi

Mematikan Sinkronisasi

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah mematikan sinkronisasi data. Sinkronisasi data adalah menyambungkan baik itu data maupun file-file kamu ke akun Google.

Untuk menyambungkan hal tersebut, diharuskan menggunakan koneksi internet. Nah, untuk itu matikan sinkronisasi data di smartphone kamu ya.

5. Batasi Penggunaan Paket Data Harian

Batasi Penggunaan Harian

Batasi Penggunaan Harian

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah membatasi penggunaan paket data internet kamu dalam sehari. Jika kamu aktif dalam melakukan membuka situs atau media sosial.

Sebaiknya aktifkanlah fitur yang satu ini. Hal tersebut akan membantu kamu dalam menghemat pemakaian internet kamu dalam seharian.

Baca Juga: Cara Menghemat Kuota Internet Hingga 200% dengan Google Chrome

6. Menonton Video Offline di YouTube

Menonton Video YouTube

Menonton Video YouTube

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah menonton video offline di YouTube. Buat kamu yang suka menonton video di YouTube, sebaiknya menonton secara offline.

Dengan menyimpan video, dapat kamu tonton di lain waktu dan tidak harus menggunakan internet untuk menonton video tersebut. Hal ini wajib buat kamu yang suka menonton video di YouTube.

Baca Juga: Cara Hemat Kuota Hingga 80% Saat Nonton YouTube

7. Meminimalkan Penggunaan Aplikasi Media Sosial

Meminimalkan Membuka Media Sosial

Meminimalkan Membuka Media Sosial

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah meminimalkan penggunaan dari aplikasi media sosial. Jika kamu hanya aktif dalam salah satu media sosial.

Sebaiknya jangan membuka media sosial yang lainnya juga. Karena, jika sudah membuka maka kuota internet kamu akan tersedot alias tetap terpakai.

Baca Juga: 10 Media Sosial Paling Hemat Kuota di Android dan iOS

8. Mengurangi Bermain Game Online

Menutup Game

Menutup Game

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah mengurangi bermain game online. Memang game online lebih seru ketimbang game yang bersifat offline.

Jika kamu suka bermain game online, itu di pastikan kuota internet kamu akan cepat habis. Untuk itu, coba mengurangi game online ya sobat pintar.

Baca Juga: 10 Game Perang Terbaik dan Paling Seru di Android

9. Memanfaatkan WiFi Jika Ada

Menggunakan WiFi

Menggunakan WiFi

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah memanfaatkan WiFi. Jika di suatu tempat terdapat WiFi, sebaiknya kamu manfaatkan hal tersebut.

Dengan menggunakan WiFi, maka paket data internet kamu tidak akan digunakan lagi. Sehingga kamu sudah melakukan penghematan data internet.

Baca Juga: Cara Bobol Password WiFi di Android (Tanpa Root)

10. Non-aktifkan Data Internet Ketika Tidak Digunakan

Mematikan Paket Data

Mematikan Paket Data

Cara menghemat kuota terkahir adalah me-non-aktifkan data internet ketika sedang tidak menggunakannya. Mungkin kamu sedang bermain game offline, sebaiknya data internet dimatikan saja.

Bisa juga mematikan data ketika sedang di-charge. Selain dapat menghemat kuota, kamu juga dapat melakukan pengisian baterai smartphone dengan cepat.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Baterai Smartphone Agar Tahan Seharian

Nah, itu dia cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan. Cukup mudah bukan? Jika kamu punya kritik atau saran, kamu bisa berikan komentar di bawah ini ya..

Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top