Intermezzo

CATAT, Ini Rekomendasi Oleh-oleh Umroh dengan Budget Hemat!

Home / Intermezzo / CATAT, Ini Rekomendasi Oleh-oleh Umroh dengan Budget Hemat!

Ide Oleh-oleh Umroh

Pulang dari Tanah Suci setelah menjalani ibadah, membawa oleh-oleh umroh bagi keluarga dan kerabat merupakan suatu keharusan.

Oleh-oleh ini tidak hanya sebagai pengingat akan momen istimewa di Tanah Suci, tetapi juga sebagai ungkapan rasa sayang dan kebersamaan.

Memberikan oleh-oleh umrah kepada orang terdekat tidak hanya mempererat hubungan keluarga, tetapi juga menambah keberkahan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, kira-kira apa hal yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh sepulang umroh di Tanah Suci, Mekkah? Simak pembahasan ini sampai habis ya!

8 Ide Oleh-oleh Umroh yang Murah dan Bermanfaat

Menjalankan ibadah umroh menjadi salah satu impian terbesar bagi umat muslim di seluruh dunia.

Jadi tidak heran, jika banyak sekali orang-orang yang tengah gencar-gencarnya menabung guna bisa menjalankan ibadah umroh tersebut.

Nah, menabung ini bukan sebatas untuk membayar biaya pendaftaran umroh saja, namun juga sebagai persiapan bagi calon jamaah tersebut untuk memburu oleh-oleh yang tersedia di negeri Timur Tengah tersebut.

Jadi, agar Kamu tidak kebingungan harus membeli apa di sana, TipsPintar sudah merangkum 8 ide oleh-oleh umroh yang dapat Kamu beli dengan biaya yang hemat namun tetap bermanfaat!

Penasaran apa saja? Berikut pembahasannya!

1. Kurma

Kurma

Kurma

Siapa sih yang gak tau kurma? Yap, sebagai umat muslim, kita pasti tau kalau kurma merupakan buah khas Arab yang sangat disukai oleh Nabi, seperti kurma Ajwa. Bahkan kurma pun menjadi salah satu buah yang disunnahkan dalam beberapa urusan keagamaan dalam Islam, seperti saat berbuka puasa.

Nah, jika Kamu tertarik untuk membeli kurma sebagai oleh-oleh sepulang ibadah umroh. Kamu bisa pilih jenis kurma yang dianjurkan seperti kurma ajwa, kurma khadrawi, kurma deglet, atau kurma medjool.

2. Kacang Khas Arab Saudi

Kacang Khas Arab

Kacang Khas Arab

Selanjutnya, Kamu bisa membeli kacang-kacangan khas dari Arab Saudi. Yap, kacang ini sendiri memiliki bentuk dan warna yang khas, berbeda dari kacang kebanyakan. Dari segi rasa, kacang khas Arab ini pun lebih gurih dan juga mudah lumer di mulut.

Biasanya, kacang-kacangan ini sudah dijual sepaket lengkap dengan air zam-zam, kurma, dan beberapa cemilan khas lainnya.

3. Air Zam-zam

Air Zam-zam

Air Zam-zam

Pergi ke Tanah Suci rasanya tidak afdol jika tidak membawa salah satu keajaiban yang sudah ada sejak 4000 tahun silam, yaitu air zam-zam.

Air zam-zam sendiri menjadi salah satu oleh-oleh yang paling khas dan selalu menjadi incara para jamaah haji ataupun umroh. Air ini dipercaya mampu membawa banyak berkah dan dapat memberikan manfaat penting bagi kesehatan bagi tubuh.

Jadi tidak heran kalau air zam-zam menjadi primadona di negeri Arab tersebut. Akan tetapi, terdapat aturan ketat dalam jumlah air zam-zam yang boleh dibawa para jemaah sebagai oleh-oleh.

Biasanya hal tersebut akan diinformasikan atau diedukasikan oleh agen travel umroh pilihan Kamu untuk meminimalisir kesalahan.

4. Kacang Pistachio dan Almond

Pistachio dan Almond

Pistachio dan Almond

Selain kacang khas Arab, Kamu juga bisa membeli kacang-kacangan lain seperti kacang pistachio atau kacang Almond yang terjual bebas di sana.

Kacang-kacangan tersebut memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh seperti menurunkan kadar kolesterol tinggi, membebaskan tubuh dari radikal bebas, dan cocok untuk digunakan sebagai menu diet di rumah.

Kacang yang tersedia di tanah Arab ini sendiri juga memiliki rupa dan rasa yang berbeda dari kacang pistachio atau almond yang beredar di luaran sana, lho!

Jadi, Kamu gak akan nyesel untuk membeli kacang-kacangan tersebut meski di Indonesia sebenarnya juga bisa Kamu temui.

5. Souvenir

Souvenir

Souvenir

Souvenir bergambar replika Ka’bah atau Masjid Nabawi adalah salah satu oleh-oleh umrah yang paling diminati oleh para jamaah.

Produk-produk ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya menjadi kenang-kenangan berarti. Souvenir bergambar Ka’bah dan Masjid Nabawi mampu mengingatkan jamaah akan pengalaman spiritual mereka di Tanah Suci yang tak terlupakan.

6. Sajadah

Sajadah

Sajadah

Pilihan oleh-oleh umrah lain yang dapat dipertimbangkan adalah sajadah. Meskipun sajadah banyak tersedia di pasaran Indonesia, banyak jamaah umrah memilih untuk membeli sajadah khas Arab Saudi. Sajadah yang diproduksi di Indonesia dan Arab Saudi memiliki perbedaan dalam motif dan tekstur kainnya.

7. Gelang Tasbih

Gelang Tasbih

Gelang Tasbih

Oleh-oleh umrah lain yang dapat Kamu berikan kepada keluarga dan kerabat terdekat adalah tasbih gelang. Tasbih gelang dari Arab Saudi sering kali memiliki aroma yang khas dan unik, serta dapat berfungsi ganda sebagai tasbih dan aksesori gelang yang elegan.

Tasbih gelang ini terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti mutiara, kayu, atau batu alam yang dipilih dengan teliti untuk memberikan kesan yang istimewa dan bernilai bagi penerimanya.

Selain sebagai pengingat akan pengalaman spiritual di Tanah Suci, tasbih gelang ini juga dapat digunakan dalam berbagai kesempatan untuk meningkatkan kebersamaan dalam beribadah dan meningkatkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Abaya

Abaya

Abaya

Abaya, pakaian khas wanita Timur Tengah yang populer di Arab Saudi, kini juga menjadi tren fashion bagi wanita Muslim di Indonesia dan di berbagai negara lain.

Abaya tidak hanya dikenal karena keanggunannya, tetapi juga karena desainnya yang sering dihiasi dengan manik-manik dan motif unik yang menambah pesona.

Meskipun sebagian besar abaya di Arab Saudi biasanya berwarna hitam, namun hal ini justru memberikan kesan elegan dan misterius tanpa mengurangi kecantikan dan kemuliaannya.

Kamu dapat membeli abaya sebagai oleh-oleh umrah di toko-toko sekitar Masjid Nabawi, di mana Kamu dapat menemukan beragam pilihan abaya yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Kamu.

Membawa pulang abaya sebagai kenang-kenangan dari Tanah Suci tidak hanya sebagai simbol spiritual, tetapi juga sebagai ekspresi fashion yang berharga bagi para penggemar busana Muslim di seluruh dunia.

Itulah beberapa ide oleh-oleh umroh yang dapat Kamu beli dengan harga yang hemat namun tetap bermanfaat untuk sanak saudara di rumah.

Kamu gak perlu bingung kemana harus mencari oleh-oleh tersebut, karena biasanya agen travel umroh yang memberangkatkan Kamu sudah mempersiapkan rute-rute terbaik termasuk untuk pergi ke pusat perbelanjaan di sana.

Maka dari itu, penting bagi Kamu untuk memilih agen travel umroh dan haji yang amanah dan berkualitas, agar Kamu bisa menunaikan ibadah dengan lancar lengkap dengan pengalaman lain yang memuaskan.

Catatan!

  • Jika Kamu masih bingung dalam memilih travel umroh, Kami sarankan untuk memilih agen travel umroh dari Alhijaz Indowisata, dimana terdapat layanan konsultasi via WhatsApp untuk daftar umroh.
  • Hati-hati saat memilih travel umroh, jangan mudah tergiur dengan agen travel umroh yang menawarkan embel-embel harga murah dibandingkan dengan agen travel lainnya, karena bisa jadi salah satu indikasi penipuan. Kami menyarankan Kamu untuk menggunakan travel Alhijaz Indowisata yang saat ini sudah memiliki izin resmi dari Kemenag.

Semoga pembahasan ini dapat menjadi manfaat ya bagi Kamu yang akan atau ingin melaksanakan ibadah umroh.

Kira-kira bahas apalagi ya? Coba komen melalui kolom komentar di bawah ini ya!

Jangan lupa untuk like dan share artikel ini ke sanak, saudara, atau kerabat yang tengah atau akan segera menunaikan ibadah umroh.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top