Intermezzo

5 Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Umroh

Home / Intermezzo / 5 Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Umroh

Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Umroh

Pasti kamu sudah tau kan apa aja perbedaan antara ibadah haji dan ibadah umroh. Dimana ibadah haji ini merupakan ibadah wajib yang dilaksanakan umat muslim bagi yang mampu. Karena ibadah haji termasuk rukun Islam yang ke-5.

Sedangkan ibadah umroh ini merupakan ibadah yang sunnah, dimana umat muslim melakukan kunjungan dan ziarah ke tanah suci. Jika tidak dilaksanakan tidak mendapatkan dosa dan jika dilaksanakan akan mendapatkan pahala.

Ibadah haji ini hanya bisa dilaksanakan 1x dalam setahun sedangkan kuota jamaah dari Indonesia terbatas, maka banyak ulama yang menyarankan untuk melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan untuk mendaftar haji reguler, kemungkinan mendapatkan jadwal keberangkatan bisa lebih dari 20 – 3o tahun yang akan datang. Sedangkan umroh bisa dilaksanakan kapan pun dan pendaftarannya pun bisa melalui agen travel umroh seperti Alhijaz Indowisata.

Eits! Tapi kamu juga harus hati-hati dalam memilih agen travel umroh karena banyak kasus yang terjebak agen travel penipuan. Nah, makanya kali ini kami akan membahas gimana cara terhindar dari agen travel umroh penipuan. Jadi, disimak ya!

Gini Tips Menghindari Penipuan Travel Umroh

Jika kamu berencana melaksanakan ibadah umroh melalui agen travel umroh, maka kamu harus berhati-hati karena banyak sekali agen travel umroh penipuan atau abal-abal karena menawarkan harga yang sangat murah.

Makanya kamu perlu tau nih, apa aja tips agar terhindar dari agen travel umroh penipuan seperti berikut ini!

1. Pastikan Agen Travel Umroh Memiliki Izin Resmi

Tips terhindar dari travel umroh penipuan

Pastikan Agen Travel Umroh Memiliki Izin Resmi

Tips menghindari penipuan travel umroh yang pertama adalah dengan memastikan jika agen travel umroh memiliki izin resmi. Travel umroh tepercaya tentunya sudah terdaftar secara resmi di Kementrian Agama (Kemenag).

Jadi calon jamaah bisa dengan mudah mengecek melalui situs resmi Kemenag RI di simpu.kemenag.go.id. Jika agen travel yang dicari terdaftar di situs tersebut, maka sudah dapat dipastikan agen travel umroh sudah memiliki PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh).

Jika agen travel yang kamu cari tidak ditemukan di situs resmi tersebut, maka sudah dapat dipastikan jika agen travel umroh tersebut palsu atau rawan penipuan.

2. Pastikan Biaya yang Ditawarkan Wajar

Tips terhindar dari travel umroh penipuan

Pastikan Biaya yang Ditawarkan Wajar

Tips menghindari penipuan travel umroh berikutnya adalah dengan memastikan biaya yang ditawarkan sangat wajar. Agen travel umroh resmi tentunya akan menawarkan harga yang wajar dan tidak jauh berbeda dengan agen travel umroh lainnya.

Hati-hati dengan agen travel umroh yang menawarkan biaya sangat murah. Karena biaya yang murah ini membuat beberapa calon jamaah menjadi tergiur. Padahal bisa saja itu termasuk penipuan atau layanannya tidak jelas.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengecek biaya yang dikeluarkan untuk mendaftar umroh tersebut sudah termasuk biaya apa saja. Apakah sudah meng-cover beberapa fasilitas yang didapatkan selama umroh atau tidak.

Makanya kamu dianjurkan untuk memilih agen travel umroh yang sudah sepaket namun dengan biaya yang wajar atau standar, contohnya seperti agen travel Alhijaz Indowisata.

3. Pastikan Jadwal Keberangkatan Jelas

Tips terhindar dari travel umroh penipuan

Pastikan Jadwal Keberangkatan Jelas

Tips menghindari penipuan travel umroh selanjutnya adalah dengan memastikan jadwal keberangkatan jelas. Pasti kamu sudah tau kan perbedaan antara ibadah haji dan umroh ini terdapat dari waktu pelaksanaannya.

Dimana ibadah haji ini hanya bisa dilaksaakan 1x dalam setahun atau ada musimnya. Sedangkan ibadah umroh ini bisa dilakukan di tanggal berapapun. Oleh sebab itu, kamu perlu tau kapan kamu akan berangkat.

Agen travel umroh tepercaya tentunya memiliki jadwal keberangkatan yang pasti. Jika terdapat keberangkatan sesuai antrian, maka ada kemungkinan jika agen travel umroh tersebut palsu. Karena ibadah umroh bisa dilakukan kapanpun.

4. Pastikan Visa yang Digunakan

Tips terhindar dari travel umroh penipuan

Pastikan Visa yang Digunakan

Tips terhindar dari travel umroh penipuan berikutnya adalah dengan memastikan visa yang digunakan. Visa ini merupakan dokumen identitas yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan di luar negeri selain negara ASEAN.

Visa juga memiliki batas waktu lebih sedikit dan harus dilengkapi dengan tujuan melakukan perjalanan tersebut. Begitu juga ketika kamu melakukan perjalanan ibadah umroh, kamu diharuskan memiliki visa untuk mengunjungi kota Mekkah.

Apalagi untuk perjalanan ibadah umroh ini visa tidak bisa diajukan oleh perorangan. Jadi, agen travel umroh ini yang harus mengurusnya. Jika biaya pelayanan agen travel umroh tidak termasuk pembuatan visa maka kamu harus waspada ya!

5. Pastikan Nama dan Alamat Hotel Terdaftar di Tanah Suci

Tips terhindar dari travel umroh penipuan

Pastikan Nama dan Alamat Hotel Terdaftar di Tanah Suci

Tips terhindar dari travel umroh penipuan terakhir adalah dengan memastikan nama dan alamat hotel terdaftar di tanah suci. Banyaknya kasus penipuan agen travel umroh bukan hanya membuat jamaahnya tidak bisa berangkat saja, tapi ada juga yang diterlantarkan.

Dimana banyak korban yang berangkat ke tanah suci, namun ternyata hotel yang dijanjikan tidak tersedia di tanah suci. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan pengecekan lebih detail nama dan hotel yang terdaftar di biaya pelayanan.

Makanya kamu perlu berhati-hati ketika memilih agen travel umroh agar tidak kejadian seperti korban jamaah umroh lainnya yang diterlantarkan oleh agen travel umroh-nya. Makanya kami menyarankan kamu untuk mendaftar umroh di agen travel dari Alhijaz Indowisata.

Kesimpulan!

  • Jika kamu sudah memastikan semua poin-poin di atas namun tidak ada kejelasan, maka lebih baik kamu mencari agen travel umroh yang lain saja. Karena sudah bisa dipastikan jika agen travel umroh tersebut penipuan atau abal-abal. Jangan sampai kamu tergiur dengan biaya yang jauh lebih murah.
  • Selain itu, kamu juga bisa memastikan agen travel umroh tersebut benar atau tidak dengan mencari tau review yang jujur.
  • Jika kamu ingin melaksanakan ibadah umroh melalui agen travel umroh tepercaya, kami merekomendasikan kamu mendaftar umroh di agen travel Alhijaz Indowisata. Karena agen travel umroh tersebut sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, juga terdapat layanan konsultasi melalui WhatsApp, sehingga memudahkan kamu untuk bertanya-tanya secara online.

So, itulah beberapa tips menghindari travel umroh penipuan. Gimana nih gaes, mudah banget kan? Tips menghindari penipuan travel umroh? Oh iya, kalau kamu ada kritik dan saran, silakan tulis di kolom komentar bawah sini ya gaes 😉

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top