Internet

Perbedaan 32 bit dan 64 bit, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan 32 bit dan 64 bit

Dalam dunia komputer, pasti kamu sudah nggak asing mendengar istilah Windows 32 bit atau 64 bit kan? Terlebih ketika kamu ingin menginstall software pun harus melihat apakah 32 bit atau 64 bit.

Tapi apa kamu tau perbedaan 32 bit dan 64 bit?

Tentunya hal itu sangatlah penting untuk diketahui loh guys, karena perbedaan perbedaan bit tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop atau komputer kamu.

Nah, kalau kamu belum perbedaan 32 bit dan 64 bit, tenang guys. Karena kali ini saya mau kasih kamu sedikit penjelasan mengenai perbedaannya.

Ternyata ini Perbedaan 32 bit dan 64 bit!

Perbedaan 32 bit dan 64 bit

Perbedaan 32 bit dan 64 bit

Istilah 32 bit dan 64 bit adalah satuan angka yang mengacu pada kemampuan prosesor PC atau CPU untuk menangani berbagai bit informasi yang ada di dalam komputer.

Di dalam CPU, terdapat sebuah penyimpanan data sementara yang disebut Register. Register ini berfungsi untuk mempercepat proses eksekusi informasi atau data.

Nah, untuk mengawali sedikit pembahasan kita, ada baiknya kamu untuk tahu terlebih dahulu mengenai jumlah bit.

Apa itu Jumlah Bit?

Jumlah Bit

Jumlah Bit

Jumlah bit adalah satuan yang digunakan untuk menunjukkan ukuran data dalam prosesor yang dialirkan dari registry (Register) database.

Dalam satu 1 bit terdiri dari dua nilai dasar komputasi, yaitu angka 0 dan 1. Jadi didalam sistem operasi 32 bit mampu menampung hingga 64 nilai komputasi.

Sedangkan untuk sistem operasi 64 bit, nilai komputasi yang bisa ditampung meningkat menjadi 4 kali lebih banyak, yaitu 256.

Sampai sini sudah paham guys? Atau sudah mulai pusing? Kalau bisa jangan sampai pusing ya hehe, karena hal ini ada hubungannya dengan sistem operasi dan prosesor yang kamu gunakan loh.

32 bit dan 64 bit

32 bit dan 64 bit

Sistem operasi 32 bit atau 64 bit memiliki hubungan yang erat dengan prosesor yang tertanam di PC kamu. Saat memilih sistem operasi yang ingin digunakan, sebaiknya sesuaikan dengan versi prosesor yang kamu gunakan.

Contohnya ketika kamu menggunakan prosesor yang 64 bit, maka sangat disarankan untuk menggunakan sistem operasi yang 64 bit juga. Walaupun kamu bisa menggunakan sistem operasi yang 32 bit.

Namun ketika kamu menggunakan prosesor 32 bit, maka kamu tidak bisa menggunakan sistem operasi yang 64 bit. Karena prosesor 32 bit kamu hanya kompatibel atau cocok dengan sistem operasi yang 32 bit.

Nah, untuk contoh lain perbedaan 32 bit dan 64 bit, kamu bisa lihat contoh berikut ini.

1. Jumlah RAM yang Dapat Digunakan

Jumlah RAM

Jumlah RAM

Pada sistem operasi, perbedaan 32 bit dan 64 bit yang paling mencolok adalah dari jumlah maksimal RAM yang dapat digunakan.

Jumlah RAM yang dimaksud disini bukanlah banyaknya slot RAM yang ada di PC atau laptop kamu ya, akan tetapi total kapasitas RAM yang bisa digunakan.

Untuk sistem operasi 32 bit memiliki batasan kapasitas RAM yang lebih kecil jika dibandingkan dengan sistem operasi 64 bit.

Sistem operasi 32 Bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM hanya kurang dari 4 GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja optimal ketika RAM yang digunakan adalah 1 GB atau 2 GB.

Jika kamu menggunakan RAM lebih dari 4 GB pada sistem operasi 32 bit, maka komputer kamu hanya akan membaca RAM kurang dari 4 GB (sekitar 3,2 GB) saja. Dengan demikian sisanya akan pecuma saja karena tidak terpakai.

Sedangkan untuk sistem operasi 64 bit mampu menjalankan RAM berkapasitas besar. Lalu, berapa kapasitas maksimal untuk sistem operasi 64 bit? Itu tergantung dari kapasitas maksimal yang didukung oleh prosesor laptop atau komputer kamu.

BACA
Seri Laptop Latitude Dell Hadir dengan Tampilan Lebih Ramping

2. Performa Perangkat dan Kemampuan dalam Memproses Data

Performa Perangkat

Performa Perangkat

Perbedaan 32 bit dan 64 bit pada PC tentu juga terletak pada performa yang diberikan serta kemampuannya dalam memproses data.

Apabila kita bandingkan keduanya, tentu sistem operasi atau prosesor yang berbasis 64 bit jauh lebih unggul dibandingkan yang 32 bit.

Oleh sebab itu prosesor sistem operasi 32 bit lebih ditujukan untuk melakukan pekerjaan ringan seperti membuka aplikasi yang tidak berat.

Sedangkan dengan prosesor sistem operasi 64 bit, kamu bisa menjalankan program-program berat seperti mengedit video, bermain game PC, atau hal lainnya.

Perbedaan arsitektur pada Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit tentu akan sangat berpengaruh pada performa PC itu sendiri.

Lebih Cepat Memproses Data

Lebih Cepat Memproses Data

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui bahwa sebenarnya angka 32 dan 64 itu mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran.

32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dapat diproses sebesar 32 bit. Sementara 64 Bit dapat memproses data sebesar 64 bit dalam satu kali putaran.

Dengan demikian dari segi kemampuan memproses data, sistem operasi 64 bit lebih unggul karena dapat memproses hingga 64 bit data dalam satu putaran, hal ini tentu saja lebih cepat dan maksimal.

3. Kompatibilitas Software

Kompatibilitas Software

Kompatibilitas Software

Perbedaan selanjutnya antara 32 bit dan 64 bit adalah kompatibilitas software yang bisa di-install.

Yang dimaksud dengan kompatibilitas software adalah software-software apa saja yang bisa digunakan pada setiap basis sistem operasi tersebut.

Sistem operasi 32 bit tentu hanya bisa menginstall software-software 32 bit dan tidak akan bisa menjalankan software 64 bit. Sedangkan sistem operasi 64 bit mampu menjalankan software 64 bit maupun 32 bit.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit

32 bit vs 64 bit

32 bit vs 64 bit

Setelah kamu mengetahui perbedaan 32 bit dan 64 bit, tentu kamu mau tau kan kelebihan serta kekurangan dari masing-masing sistem operasi 32 bit maupun 64 bit.

Nah, berikut ini kelebihan serta kekurangan dari sistem operasi 32 bit maupun 64 bit.

1. Sistem Operasi 32 bit

Kelebihan:

  • Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama. Cocok untuk laptop atau komputer lawas (jadul).
  • Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM 2GB.
  • Dapat menjalankan software dan aplikasi lawas (jadul) dengan basis 16 bit.

Kekurangan:

  • Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB.
  • Di zaman sekarang ini, hanya sedikit software baru yang kompatibel.
  • Tidak cocok untuk melakukan pekerjaan berat seperti mengedit film, membuat desain, programming, dan pekerjaan berat lainnya.

1. Sistem Operasi 64 bit

Kelebihan:

  • Lebih cepat dan efisien.
  • Mampu membuat kinerja prosesor PC lebih optimal.
  • Dapat menjalankan software 32 bit atau 64 bit dengan normal.
  • Cocok untuk menjalankan pekerjaan berat.

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk digunakan di PC lawas (jadul) karena kebanyakan software dan drivernya tidak kompatibel.

Akhir Kata

Nah, itulah perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit yang wajib kamu ketahui. Dengan demikian kamu bisa menentukan basis Windows mana yang akan digunakan pada laptop atau komputer kamu sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat yang kamu miliki.

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya guys. Supaya mereka juga bisa menentukan basis Windows yang digunakan.

Wajib Baca Juga Artikel Menarik Ini:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top