Tech News

Prioritas YouTube 2019: Melihat Kebelakang dan Bergerak Maju

YouTube 2019

Pertumbuhan YouTube di tahun 2018 lalu memang sangat pesat ya guys. Bisa terlihat dari channel YouTube yang memiliki 1 Juta Subscriber hampir meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan jumlah kreator yang memiliki penghasilan dari YouTube 5 atau 6 digit meningkat 40%. Dan tentunya YouTube pun mulai bergerak melihat hal itu.

Banyak Kreator Baru, YouTube Hadirkan 3 Prioritas Utama Tahun Ini

Susan Wojcicki, CEO YouTube menjelaskan dalam video 3 prioritas utama YouTube untuk tahun 2019 ini antara lain:

1. Mendukung Suksesnya Para Kreator dan Artis

Peningkatan 1 Juta Subscriber

Peningkatan 1 Juta Subscriber

Di sisi kreator, YouTube mengembangkan lagi pengklasifikasi sehingga keputusan monetisasi yang tepat untuk tiap video dapat dilakukan.

YouTube pun juga meningkatkan keakuratan ikon monetisasi sebesar 40% dan juga memudahkan para kreator untuk meminta pertimbangan ulang apabila YouTube melakukan kesalahan.

YouTube juga sedang membangun cara-cara baru agar para kreator bisa menghasilkan uang diluar iklan.

“Kami juga membuat keanggotaan channel menjadi lebih mudah, dengan menurunkan batasan subscriber dari 100.000 menjadi 30.000”.

2. Meningkatkan Komunikasi dan Keterlibatan

Meningkatkan Komunikasi

Meningkatkan Komunikasi

Di tahun 2018 kemarin, YouTube telah melakukan beberapa hal agar dapat berkomunikasi dengan semua kreator.

YouTube sendiri memperkenalkan YouTube Studio, sebuah basis baru yang telah tersedia untuk para kreator dan akan terus menambahkan fitur-fitur baru.

Banyak dari kreator yang mengatakan bahwa lebih mudah memantau YouTube melalui media sosial, oleh karena hal itulah salah satu target YouTube tahun ini adalah akan lebih responsif melalui media sosial.

Pada tahun lalu, YouTube telah meningkatkan jumlah respon sebanyak 150% dan respon dari YouTube 50% lebih cepat.

Di tahun 2018, YouTube juga membuat lebih dari 480 acara bersama lebih dari 18.000 kreator, mulai dari Fanfests, Creator Summit, hingga workshop-workshop lainnya.

Baru-baru ini juga YouTube menambahkan fitur “Stories” untuk para kreator yang sudah memenuhi syarat yakni 10.000 subscriber dan membuka Community posts untuk semua kreator yang telah memiliki 1.000 subscriber.

BACA
Fitur Unggulan Tidak Bekerja, Peluncuran iPhone X Tercoreng!

3. Memenuhi Tanggung Jawab Kami (YouTube)

Memenuhi Tanggung Jawab

Memenuhi Tanggung Jawab

Memastikan bahwa YouTube memenuhi tanggung jawab terhadap user dan para kreator merupakan salah satu misi Susan Wojcicki sebagai CEO YouTube.

YouTube sendiri telah membuat banyak kemajuan untuk tahun 2018, namun masih banyak yang harus dilakukan.

Pertama, kami telah membuat banyak orang datang ke YouTube untuk mendapatkan berita.

Oleh sebab itu YouTube tidak hanya membuat perubahan untuk memastikan pengunjung mendapatkan pengalaman yang baik, tetapi juga memberikan prioritas dukungan untuk komunitas jurnalisme.

Salah satu hal penting yang sedang kami lakukan adalah Google News Initiative YouTube Innovation funding program, yang diumumkan musim panas lalu.

YouTube juga mengembangkan kanal Breaking News dan Top News ke 31 negara dan akan mengembangkannya lebih jauh lagi tahun ini.

Fokus lain adalah untuk dapat menyingkirkan konten-konten yang melanggar panduan komunitas YouTube dengan cepat dan efektif, seperti yang tertera dalam laporan YouTube.

Hal terkini yang YouTube lakukan adalah meng-update panduan YouTube untuk para kreator mengenai kebijakan YouTube terhadap thumbnail buatan sendiri, tautan eksternal, serta pranks dan tantangan.

Sebagai tambahan, channel Creator Insider YouTube telah mencakup mengenai bagaimana YouTube menangani kata-kata tidak senonoh. Dan tentunya kan lebih banyak lagi pembaruan mengenai hal ini di bulan-bulan kedepan.

Terakhir, Kami melihat momentum yang luar biasa mengenai edukasi dan pembelajaran di YouTube dan kami berinvestasi terhadap pertumbuhannya.

Tahun lalu, kami memperkenalkan The learning fund dan memberikan dana untuk 65 kreator yang kami pilih dari lebih dari 1.000 peserta.

Sebagai penutup, 2018 merupakan tahun perubahan, tantangan, dan juga kesempatan. Jadi tak ragu sedikitpun bahwa tahun ini kurang lebih juga akan sama.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top