Internet

20 Rumus Excel Beserta Contohnya, Cocok untuk Pemula!

Home / Internet / 20 Rumus Excel Beserta Contohnya, Cocok untuk Pemula!

Rumus Excel

Sebagai salah satu produk Office terbaik, Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang paling sering digunakan dalam dunia kerja.

Bahkan, saat ini banyak perusahaan yang mencantumkan syarat penguasaan program Excel untuk para pelamarnya, khususnya bagi para calon Akuntan, Data Analyst, dan juga Marketing.

Microsoft Excel sendiri digunakan untuk mengolah data mulai dari yang sederhana sampai yang rumit, mengelola teks, hingga membuat diagram ataupun grafik.

Mungkin bagi Kamu yang masih terlalu awam dengan penggunaan Microsoft Excel akan merasa kesulitan dalam menggunakannya karena memang ada banyak rumus yang dapat digunakan ke dalam Microsoft Excel ini.

Tapi Kamu tidak perlu khawatir, sebab pada kesempatan kali ini TipsPintar sudah merangkum 20 rumus Excel lengkap dengan contohnya yang bisa Kamu coba praktikkan di rumah. Jadi buat Kamu yang memang masih pemula, wajib banget simak ulasan ini sampai habis ya!

Pentingkah Mempelajari Rumus Excel?

Pentingkah Mempelajari Rumus Excel

Pentingkah Mempelajari Rumus Excel

Rumus Excel merupakan hal yang wajib untuk Kamu kuasai supaya bisa menjalankan aplikasi pengolah angka ini.

Sebagai contoh, setiap rumusan di dalam Excel itu selalu diawali dengan tanda (=). Rumus Excel sendiri dibagi menjadi dua, yaitu rumus Formula dan Rumus Function.

Perbedaan kedua rumus tersebut terletak pada sumber nya. Yaps, kalau Rumus Formula merupakan rumusan Excel yang diketik secara manual oleh para pengguna software. Sedangkan Rumus Function, itu merupakan template rumus yang memang sudah disediakan oleh Microsoft Excel.

Nah, di dalam dunia profesional. Kedua rumus tersebut seringkali digunakan. Rumus Formula biasanya digunakan pada data-data yang bersifat sederhana. Sedangkan Rumus Function biasanya digunakan untuk mengolah data dengan skala besar.

Jadi, kalau ditanya apakah mempelajari rumus Excel itu penting atau tidak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebab dengan rumus-rumus tersebutlah, Kamu dapat menyelesaikan segala bentuk projek yang sedang Kamu kerjakan di dalam software pengolah angka tersebut.

20 Rumus Excel yang Sering Digunakan

Agar Kamu bisa menggunakan Microsoft Excel ini dengan baik, Kamu dapat pelajari 20 rumus Excel di bawah ini ya!

1. SUM

Rumus SUM_Excel

Rumus SUM_Excel

SUM merupakan rumus Excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka pada sel-sel tertentu. Contohnya jika Kamu ingin menjumlahkan angka pada sel A1 sampai sel A10 maka rumus yang digunakan adalah:

  • =SUM(A1:A6)

2. MAX & MIN

Rumus MAX&MIN

Rumus MAX&MIN

MAX dan MIN merupakan sebuah rumus Excel yang digunakan untuk mencari angka tertinggi atau terendah di dalam deretan sel yang berisikan angka.

Contohnya jika Kamu ingin mencari nilai tertinggi dan terendah dari hasil penjualan bulan Desember2020 – Desember 2021, maka masukkan hasil penjualan data pada 1 sel deret ke bawah atau ke samping (misal sel A3 sampai sel A15). Lalu Kamu bisa menggunakan rumus berikut:

  • Terbesar: =MAX(A3:A15)
  • Terkecil: =MIN(A3:A15)

3. AVERAGE

Rumus AVERAGE_Excel

Rumus AVERAGE_Excel

Selanjutnya ada rumus AVERAGE. Nah, rumus ini berfungsi untuk menghitung rata-rata angka pada beberapa jumlah sel. Contohnya, Kamu ingin mencari rata-rata nilai mata kuliah yang ada pada sel A3 hingga A25, maka Kamu bisa menggunakan rumus ini:

  • =AVERAGE(A2:A20)

4. COUNT

Rumus COUNT_Excel

Rumus COUNT_Excel

Rumus COUNT pada Excel berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Contohnya adalah data pada sel A1 sampai sel M1 terdapat data angka dan data huruf. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka maka Kamu bisa menggunakan rumus ini:

  • =COUNT(A1:M1)

5. COUNTA

Rumus COUNTA_Excel

Rumus COUNTA_Excel

Hampir sama dengan COUNT, rumus Excel COUNTA digunakan bukan hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka, tetapi juga sel berisi apapun. Sehingga Kamu bisa menghitung jumlah sel yang tidak kosong.

Contohnya, Kamu memiliki data angka dan juga kata pada sel A1 sampai dengan sel J1. Di antara sel tersebut terdapat beberapa sel yang kosong. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi data, Kamu bisa menggunakan rumus Excel:

  • =COUNTA(A1:J1)

Baca juga: Cara Mengunci File Microsoft Word Agar Tidak Dicopas Sembarangan

6. TRIM

Rumus TRIM_Excel

Rumus TRIM_Excel

Selanjutnya ada rumus TRIM. Rumus Excel TRIM ini berguna untuk menghapus spasi yang berlebih pada kalimat yang ada di sel. Satu hal yang harus Kamu ketahui, rumus ini hanya bisa diaplikasikan pada satu sel saja. Contoh rumusnya adalah:

  • =TRIM(A7)

7. PROPER

Rumus PROPER_Excel

Rumus PROPER_Excel

PROPER ini berfungsi untuk mengubah huruf pertama pada teks menjadi huruf kapital, misalnya Anda menulis “tanah air indonesia” pada sel A2, maka gunakan rumus excel ini:

  • =PROPER(A2) untuk menghasilkan teks “Tanah Air Indonesia”.

8. COUNTIF

Rumus COUNTIF_Excel

Rumus COUNTIF_Excel

Rumus COUNTIF merupakan rumus Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memiliki kriteria sama untuk kebutuhan sortir data.

Misalkan Kamu sedang melakukan survei dan ingin tahu kecenderungan orang berbelanja (Online atau Offline), dari 100 responden, berapa orang yang lebih menyukai berbelanja secara offline. Jika data responden ada di kolom A2 sampai A100, maka rumusnya adalah:

  • =COUNTIF(A2;A100;”Offline”)

9. CEILING

Rumus NOT-Excel

Rumus NOT-Excel

Berikutnya ada rumus CEILING. Rumus ini digunakan untuk membulatkan angka pada kelipatan sepuluh ke angka atas terdekat. Misalkan Kamu mencantumkan data di A2 sebesar Rp 40.801,- jika menggunakan rumus ceiling, akan menentukan hasil pembulatan ke angka atas terdekat menjadi Rp 41.000,-dengan rumus berikut:

  • =CEILING(A2;10)

10. CONCATENATE

Rumus CONCETENATE_Excel

Rumus CONCETENATE_Excel

CONCATENATE merupakan rumus yang digunakan untuk menggabungkan data. Misalkan Kamu ingin menggabungkan data di kolom B1 dan B2, maka rumus yang digunakan adalah:

  • =CONCATENATE(C1;C2)

11. SQRT

Rumus SQRT_Excel

Rumus SQRT_Excel

SQRT merupakan rumus yang berfungsi untuk menghasilkan nilai dari akar dari bilangan. Misalnya Kamu ingin mencari tahu akar dari 25, maka Kamu bisa menggunakan rumus:

  • =SQRT(25)

12. POWER

Rumus POWER_Excel

Rumus POWER_Excel

Selanjutnya ada rumus POWER. Rumus ini digunakan untuk menghasilkan bilangan pangkat, misalnya Kamu sedang mencari tahu 6 pangkat 12, letakkan angka 6 misal pada kolom A1 dan angka 12 pada B2, maka Kamu bisa gunakan rumus ini:

  • =POWER(A1,B2)

Baca Juga: Cara Mengedit File PDF di HP dan Laptop

13. PRODUCT

Rumus PRODUCT_Excel

Rumus PRODUCT_Excel

PRODUCT merupakan sebuah rumus yang berguna untuk melakukan perkalian pada data yang ada di suatu range. Rumus Excel ini dapat ditulis seperti ini:

  • =PRODUCT(numb1_numb2)

Contohnya, jika Kamu ingin mengalikan data pada kolom C3 dan C6, maka rumusnya menjadi =PRODUCT(C3,C6).

14. IF

Rumus IF_Excel

Rumus IF_Excel

Rumus IF merupakan sebuah rumus Excel yang digunakan untuk memainkan logika tertentu.

Rumus ini sendiri memang cukup kompleks untuk digunakan. Biasanya rumus ini digunakan untuk menganalisis data benar/salah dan lulus/tidak lulus.

Contohnya jika Kamu ingin mendapatkan data mahasiswa yang lulus dan yang mengulang sesuai dengan nilai rata-rata yang ditentukan, maka Kamu bisa menggunakan rumus logika ini:

  • =IF(A2>70;”LULUS”;”MENGULANG”)

15. AND

Rumus Rumus AND_Excel

Rumus Rumus AND_Excel

Di Urutan selanjutnya, ada rumus AND. Rumus Excel AND digunakan untuk menentukan benar (TRUE) atau salah (FALSE) pada data yang ada di sel menggunakan rumus logika.

Contohnya saat Kamu ingin mencari tahu “apakah nilai B1 lebih dari 70 dan kurang dari 100?” maka Kamu bisa menggunakan rumus ini.

Jika data pada sel memenuhi kriteria maka akan muncul hasil dengan tulisan TRUE, begitu juga sebaliknya. Rumusnya adalah:

  • =AND(B1>70;B1<100)

16. OR

Rumus OR_Excel

Rumus OR_Excel

Tidak jauh beda dengan rumus AND, rumus OR juga berfungsi untuk menentukan salah atau benarnya data yang ada di sel. Bedanya, rumus AND ini harus memenuhi semua kriteria yang ada di rumus logika, sedangkan rumus OR boleh memenuhi salah satu kriteria rumus logika.

Sebagai contoh, jika Kamu mempunyai data angka, dan ingin mencari tahu  “apakah nilai A1 kurang dari 70 atau lebih dari 90?”.

Jika memenuhi salah satunya maka akan muncul hasil TRUE. Berikut rumus yang dapat Kamu gunakan:

  • =OR(A1<70;A1.90)

17. NOT

Rumus NOT-Excel

Rumus NOT-Excel

Rumus Excel NOT merupakan kebalikan dari rumus AND dan juga OR. Karena rumus ini nantinya akan memunculkan jawaban TRUE pada data yang tidak masuk kriteria.

Contohnya jika Kamu ingin mencari tahu “apakah nilai A1 tidak lebih dari 100?” jika angkanya adalah kurang dari 100 maka akan muncul hasil TRUE. Nah, berikut ini rumus yang dapat Kamu coba gunakan:

  • =NOT(A1>100)

18. VLOOKUP

Rumus VLOOKUP_Excel

Rumus VLOOKUP_Excel

Berikutnya ada VLOOKUP. Rumus ini memang cukup susah dan ribet dibandingkan dengan rumus Excel lainnya. Tapi, jika mengerti akan tujuan dan penggunaan rumus ini, maka pekerjaan Kamu akan jadi jauh lebih mudah dan ringkas dalam segi pengerjaannya.

Rumus VLOOKUP ini sendiri digunakan untuk mencari data secara vertikal atau tegak. Nah, Kamu bisa coba gunakan rumus berikut:

  • =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Keterangan:

  • Lookup_value: Isi sel atau nilai yang diketik.
  • Table_array: Sel/tabel yang digunakan untuk rujukan pencarian.
  • Col_Index_num: Kolom yang ditunjukkan untuk mengambil nilai.
  • Range_Lookup: Bisa dikosongkan, bisa juga diisi dengan “True” untuk tabel yang disusun berurutan dengan pencarian diartikan sebagai sama dengan atau lebih kecil. Bisa diisi dengan “False” untuk tabel yang tidak harus berurutan dan diartikan sebagai sama persis.

19. HLOOKUP

Rumus HLOOKUP

Rumus HLOOKUP

Tidak jauh berbeda dengan VLOOKUP, rumus Excel HLOOKUP ini digunakan untuk mencari data, bedanya rumus ini ditunjukkan untuk data-data horizontal atau mendatar. Dengan rumus yang bisa Kamu gunakan adalah sebagai berikut:

  • =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

20. CHOOSE

Rumus CHOOSE_Excel

Rumus CHOOSE_Excel

Terakhir, ada rumus CHOOSE. Rumus ini digunakan untuk memilih dan menampilkan suatu nilai pada satu list nilai. Rumus ini digunakan untuk memilih 1 nilai sampai 254 sesuai dengan nomor indeks nya.

Sebagai contoh, nilai 1 – 7 adalah nama hari dalam satu minggu, rumus ini akan menempatkan nama salah satu hari jika menggunakan nomor indeks 1 sampai dengan 7.

Untuk rumusnya kira-kira seperti ini:

  • =CHOOSE(index_num,value1,[value 2],…..)

Nah, itulah beberapa kumpulan rumus-rumus Excel mulai dari pengolahan data dasar hingga menggunakan logika. Dengan menguasai rumus Excel pastinya akan menjadi sebuah nilai plus bagi Kamu untuk berkarir.

Semoga informasi ini dapat menjadi manfaat ya bagi Kamu. Oh iya, jangan lupa untuk like, comment, dan share artikel ini ke teman-teman atau kerabat Kamu yang juga sedang mempelajari berbagai rumus di Excel ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top