Tips

Gak Pakai Antivirus? Ikuti 5 Tips Mengamankan PC/Laptop Ini!

Home / Windows / Tips / Gak Pakai Antivirus? Ikuti 5 Tips Mengamankan PC/Laptop Ini!

Tips Mengamankan Laptop

Memang tidak bisa dipungkiri kalau ada juga yang menyebarkan mitos penggunakan antivirus di laptop/PC itu merugikan.

Salah satu bisa menyebabkan laptop/PC menjadi lemot. Sehingga membuat beberapa orang enggan menggunakan antivirus di laptop/PC.

Walaupun antivirus yang direkomendasikan adalah antivirus terbaik di dunia. Nah, buat Kamu yang percaya dengan hal ini tenang aja!

Kita bakalan memberikan tips agar PC/laptop aman tanpa menggunakan antivirus.

Tips Agar PC/Laptop Aman Tanpa Antivirus

1. Jangan Sembarangan Download File dari Internet

Tips Mengamankan Laptop

Jangan Sembarangan Download File dari Internet

Internet merupakan sarang dari berbagai jenis virus komputer berbahaya yang ada di dunia. Oleh sebab itu, untuk mengindari PC terjangkit virus, sebaiknya pilih-pilih dalam men-download file di internet.

2. Lebih Selektif Menggunakan Flashdisk

Tips Mengamankan Laptop

Lebih Selektif Menggunakan Flashdisk

Gak cuma internet aja yang menjadi sarang virus komputer. Tapi flashdisk juga loh! Bahkan penyebaran terbesarnya berasal dari flashdisk.

Jadi, cobalah untuk meminimalisir menggunakan flashdisk ya. Karen untuk menghilangkan virus di flashdisk sangat susah bahkan hampir tidak bisa sama sekali.

3. Mengaktifkan Firewall

Tips Mengamankan Laptop

Mengaktifkan Firewall

Seperti yang kita ketahui, firewall merupakan salah satu bentuk perlindungan sistem operasi yang sudah default di PC. Jika Kamu tidak ingin menggunakan antivirus, Kamu tinggal mengaktifkan Window Defender untuk pengguna Windows.

4. Jangan Sembarangan Install Software

Tips Mengamankan Laptop

Jangan Sembarangan Install Software

Virus bukan hanya berasal dari file atau iklan saja. Tapi, bisa juga dalam bentuk software bajakan. Makanya kita disarankan menggunakan software resmi.

Karena, kalau sudah menggunakan software bajakan akan sangat sulit untuk uninstall software sampai ke akar-akarnya. Soalnya sudah terselip virus yang berbahaya.

5. Jangan Menggunakan WiFi Public

Tips Mengamankan Laptop

Jangan Menggunakan WiFi Public

Ngaku deh, pasti Kamu sering kan menggunakan public? Nah, Kamu udah tau belum kalau WiFi public itu berpeluang besar juga dalam penyebaran virus.

Apalagi kalau WiFi tersebut gratis, pasti ada resiko jika menggunakan WiFi public gratis seperti pembobolan data dan terselipnya virus yang berbahaya.

So, bagaimana sobat Pintar? Sekarang Kamu sudah tau kan tips agar laptop/PC aman jika tidak menggunakan antivirus. Oh iya, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Kamu ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top